Jumat, 03 September 2021

Tips Memberikan Tanggung Jawab Pada Anak

 

Tips Memberikan Tanggung Jawab Pada Anak

Halo, Sobat Mamake!

Melatih anak untuk disiplin menjadi tugas yang tidak mudah bagi orang tua. Mengubah kebiasaan lama ke kebiasaan baru yang leih baik demi kemandiriaan anak menjadi ajang pelatihan bagi anak di rumah. Hal ini penting agar dikemudainhari anak menjadi mandiri dan mempunyai privasi untuk dirinya sendiri. Ada tiga tahap pembagian usia dalam mendidik anak. Tahap pertama, usia 1-7 tahun. Masa dimana anak anak diperlakukan sebagai raja, juga masa dimana menyerap informasi dari lingkungan.

 


 

Tahap kedua, usia anak pada saat ini mulai diberi tanggung jawab. Mulai dari hal hal kecil mengena keperluan dirinya sendiri. Atau mulai menjalani tugas tugas yang diberikan orang tua di rumah.

 

Tahap ketiga usia 14-tahun. Usia remaja dan memasuki tahap dewasa awal. Usia ini ada baiknya orangtua bisa memposisikan dirinya sebagai teman. Karena pengaruh psikologi dan lingkungan  yang membentuk kepribadian seorang anak.

Dalam tahap ke Dua. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk melatih disiplin anak.

1.      Merapikan tempat tidur

Diusia 7btahun ke atas. Ada baiknya anak2 mulaintidur terpisah dari orang tua dan tidur sendiri dan mempunyai kamar sendiri. Dengan memiliki kamar sendiri. Anak mulai melatih diri untuk membereskan tempat tidur dan kamarnya sendiri.

2.      Mendapatkan tugas rutin di rumah

Mulai memberi tugas seperti menyapu halaman, membuang sampah, atau menyuapi menjaga adik dapat melatih tanggung jawab serta jiwa kepemimpinan dari anak.

3.      Mandi dan makan sendiri

Jika anak biasa dimandikan dan disikapi. Sekarang mintalah pada anak agar dapat mandi dan makan sendiri. Berikan pengertian kepadanya bahwa diusirnya yang sekarang, sudah harus mulai belajar sendiri.

4.      Memberinya hewan piaraan

Dalam point ini tidak semua orang setuju dengan memelihara hewan di rumah. Selain harus bersih, hewan piaraan juga harus sehat, agar tidak berpengaruh terhadap kesehatan seluruh anggota keluarga. Hamster, kucing, kelinci adalah hewan piaraan yang biasanya mulai diberikan kepada anak untuk melatih tanggung jawabnya. Perawatannya pun relatif lebih mudah. Memberi makan dan membersihkan kandang.

Sobat, letih anak diusia mandiri sedih mungkin membuat kepribadian anak lebih matang dan siap untuk bergaul lebih luas, menerima pelajaran baru dan siap untuk mengenal orangtua.

 

Sobat, jangan sungkan untuk meminta pendapat mengenai suatu hal terutama apa apa yang terjadi di rumah. Dengan begitu anak merasa dirinya penting dan melatih berpikir untuk mengambil keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.