Sabtu, 18 September 2021

Mengetahui Jenis Lemak Baik Bagi Otak Anak

Hai, Sobat Mamake!

Mendengar kata lemak, kadang yang terlintas dalam pikiran adalah kegemukan dan obesitas. Lemak jika dalam porsi yang cukup akan menjadi bermanfaat bagi tubuh. Namun, jika berlebih memang akan berakibat buruk.

Lemak tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh. Lemak juga berperan penting bagi otak manusia, lo, Sobat. Dalam perkembangan anak, lemak dibutuhkan untuk masa tumbuh kembang dan perkembangan otak. Lemak digunakan sebagai nutrisi neuron agar dapat bekerja lebih optimal. 


 

Apa itu Neuron?

Neuron adalah sel otak (sel-sel saraf) yang tidak terhitung jumlahnya. Neuron memiliki dua cabang. Satu cabang berfungsi untuk mengirim pesan yang disebut akson, satu cabangnya lagi berfungsi untuk menerima pesan yang disebut dendrit.

Lemak sebagai Nutrisi Neuron

Begitu pentingnya fungsi neuron pada otak manusia, oleh sebab itu asupan pada anak perlu kita perhatikan ya, Sobat. Lemak baik yang dibutuhkan oleh neuron, relatif mudah kita temukan sehari-hari. Beberapa jenis lemak yang dapat meningkatkan kekuatan otak (brain power) adalah:

1.    DHA

DHA merupakan jenis lemak esensial omega-3. DHA banyak ditemukan pada makanan laut (seafood) atau melalui suplemen tambahan yang biasanya diekstraksi dari minyak ikan hiu (shark oil).

 

2.    EPA

EPA merupakan lemak otak yang mengandung omega-3 dengan potensi tinggi yang didapatkan banyak pada ikan atau dengan makan kapsul minyak ikan.

 

3.    Asam Linolenat

Asam Linolenat merupakan jenis asam lemak omega-3  rantai pendek yang di dalam tubuh manusia akan diubah menjadi omega-3 rantai panjang yang sangat dibutuhkan oleh otak anak. Asam ini bisa didapatkan pada sayuran hijau, biji-bijian dan tumbuhan berserat lainnya.

 

4.    Lemak tidak jenuh

Lemak tidak jenuh (monunsaturated fatty acids) yang terdapat dalam minyak zaitun. Di dalamnya terkandung suatu antioksidan yang tidak dapat meningkatkan dan menyebabkan hambatan-hambatan vascular serta lama ditemukan untuk meningkatkan memori.

 

Nah, Sobat Mamake, ternyata otak juga membutuhkan lemak untuk berkembang dengan optimal, ya. Tidak hanya pada anak-anak, setiap manusia perlu menjaga kesehatan otaknya agar dapat Menyerap dan mengolah informasi dengan baik, sehingga dapat berpikir jernih.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.