Jumat, 03 September 2021

Mengenal 3 Tipe Tubuh Manusia, Apa Saja Itu?

 

Mengenal 3 Tipe Tubuh Manusia, Apa Saja Itu?

Halo, Sobat Mamake!

Sobat Mamake, belum lama muncul istilah baru di zaman millennial ini, yaitu body shaming. Apa, sih, body shaming itu? Menurut Wikipeda, body shaming berarti celaan fisik. Secara sederhana body shaming dapat diartikan sebagai perilaku mengomentari dan mengkritik fisik seseorang secara negatif.  Body shaming termasuk dalam bullying  atau intimidasi terhadap seseorang. Perkataan dan tingkah laku yang dapat menyakiti seseorang. 


 

Body shaming terkait soal fisik atau bentuk tubuh seseorang. Sobat, tindakan ini tidak perlu terjadi jika saja orang-orang yang melakukan ini mengetahui tentang tipe tubuh seseorang. 

 

Padahal, tipe tubuh setiap orang itu berbeda-beda, lo, Sob. Ada yang kurus, gemuk, atau yang berperawakan sedang. Semua itu karena beberapa faktor yang dapat dibuktikan secara ilmiah, Lebih lanjut di lansir dari www.daya.id. Ada 3 tipe tubuh manusia. Apa saja itu? Yuk, kita simak ulasannya.

1.      Ectomorph

Seseorang dengan tipe tubuh ectomorph biasanya memiliki ciri-ciri tubuh yang kurus, sedikit lemak, dan sedikit otot. Tubuh dengan tipe ini memiliki tingkat metabolisme yang tinggi. Proses pengolahan asupan yang masuk ke dalam tubuh diolah dengan cepat dan berubah menjadi energi. Jadi, walaupun memiliki kebiasaan makan dalam jumlah besar, pemilik tubuh ectomorph cenderung akan tetap kurus.

 

2.      Mesomorph

Tipe tubuh ini merupakan dambaan bagi setiap orang. Karena pemilik tubuh dengan tipe mesomorph punya ciri-ciri tubuh yang padat, kuat, berotot dan pinggang ramping. Komposisi seimbang ini mengikuti metabolisme tubuhnya juga yang seimbang.

 

3.      Endomorph

Tipe tubuh ini yang biasanya ditakuti banyak wanita. Sebab, seseorang dengan tipe tubuh endomorph memiliki ciri-ciri tubuh yang memiliki banyak lemak, banyak otot, pinggang yang lebar dan paha yang besar, sehingga cenderung menjadi gemuk. Hal ini terjadi karena metabolisme tubuhnya yang rendah dan lambat dalam mengolah kalori yang ada dalam makanan.

 

Sobat Mamake, pembagian jenis tipe tubuh diatas, berdasarkan  rangka tulang manusia dan komposisi tubuh masing-masing. Pembagian ini juga digunakan oleh ahli gizi untuk menentukan program diet seseorang.

 

Nah, Sobat Mamake. Sudah tahu, kan, kenapa ada orang yang kurus, gemuk, atau sedang-sedang saja. Selain karena pengaruh metabolisme tubuh seseorang yang berbeda-beda. Faktor genetik juga sering disebutkan terhadap bentuk tubuh seseorang. Misal, orang tua kurus atau gemuk, maka anaknya juga akan mengikuti.

 

Sobat Mamake, apapun bentuk tubuh Sobat, bersyukur kepada Allah adalah suatu keharusan. Kurus, gemuk, sedang-sedang saja, yang penting sehat, ya, Sobat.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.