Kamis, 16 September 2021

5 Langkah yang Harus Dilakukan Ketika Tetangga Isolasi Mandiri

Apa yang harus dilakukan ketika ada tetangga isolasi mandiri? Pertanyaan inilah yang terlintas saat mendapati tetangga maupun orang terdekat terjangkit virus corona. Hingga kini pandemi belum berakhir. Vaksinasi pun terus digencarkan demi menekan penularan Covid-19. Kita masih belum bisa bebas dan hidup normal separti sedia kala. Ini dia beberapa langkah yang dapat diambil jika mendapati tetangga tengah isoman.

 


 

 

1.      Tidak Panik

Kepanikan membuat kita tidak dapat berpikir jernih. Sistem imunitas tubuh pun kacau dibuatnya. Kekebalan yang menurun berdampak pada kondisi tubuh mudah ambruk akibat serangan virus. Memang, sih, di awal mendengar berita kurang baik ini kita pasti merasa cemas. Namun, jangan berlebihan, ya. Usahakan segera tenang kembali dan berusaha berpikir positif.

 

2.      Menerapkan Protokol Kesehatan

Selanjutnya kita harus menerapkan protokol kesehatan lebih ketat. Gunakan masker dan rajinlah mencuci tangan. Prokes ketat akan sangat membantu menekan penularan virus.

 

3.      Membantu Semaksimal Mungkin

Hindari memberikan stigma negatif pada orang-orang yang terpapar Covid-19. Tentunya tidak ada yang ingin sakit, ya. Alih-alih menggerutu, mengeluh, atau menyalahkan orang lain, lebih baik bantu mereka semaksimal mungkin. Penuhi kebutuhan mereka dengan cara meletakkan di depan pintu.

 

4.      Menjaga Jarak

Jangan berkerumun apalagi menyelenggarakan acara yang memicu keramaian. Jaga jarak, pastikan kita keluar hanya ketika ada keperluan penting saja. Untuk yang mempunyai anak kecil atau balita biasanya akan lebih sulit. Kendati demikian, kita bisa menyiasati supaya buah hati betah di rumah dengan menyediakan sesuatu yang menarik perhatiannya. Mainan baru, rubik, atau benda lain yang disukai. Memberikan ponsel boleh saja, tetapi harus tetap dibatasi.

 

5.      Melaporkan ke Satgas Covid-19

Meski sebagian besar taat untuk tidak keluar rumah selama masa isolasi, ternyata masih ada juga yang tak patuh. Kelompok ini cenderung abai dan tak peduli mereka bisa menularkan virus pada yang lain. Jika mendapati ada orang demikian di lingkungan kita, laporkan segera ke Satgas Covid atau pihak RT/RW. Sehingga dapat ditindaklanjuti segera.

 

Isolasi mandiri dilakukan oleh mereka yang terpapar virus dengan gejala ringan. Kita tak perlu memberi cap negatif, cukup bantu dengan doa, dukungan, dan tindakan. So, setelah mereka sehat jangan dihindari, ya. Bersikaplah seperti biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.