Selasa, 01 Juni 2021

7 Tips Belanja Hemat Ibu Rumah Tangga Agar Terbebas dari Utang

 

7 Tips Belanja Hemat Ibu Rumah Tangga Agar Terbebas dari Utang

 

Hai, Sobat Mamake!  

 

Tak hanya pandai berbenah atau mengurus keperluan anggota keluarga, ibu rumah tangga juga harus bisa mengatur keuangan sehingga tidak besar pasak daripada tiang. Salah dalam memanajemen keuangan menyebabkan terjadinya pemborosan dan kebocoran. Akibatnya kita pun jadi berutang untuk dapat menutupi kebutuhan hidup. Yuk, terapkan tips belanja bagi ibu rumah tangga di bawah ini agar terbebas dari utang.

 


 

1.      Membuat Catatan Belanja

Sebelum berbelanja kita dianjurkan untuk membuat catatan belanja terlebih dahulu agar tidak kalap saat berada di pasar atau supermarket. Setidaknya kita tahu keperluan yang harus dibeli dan mana yang tidak dibutuhkan.

 

2.      Membawa Uang Secukupnya

Bawalah uang secukupnya supaya tidak tergiur untuk membeli barang-barang tak penting. Membawa banyak uang justru membuat kita lupa atau merasa sah-sah saja berbelanja sesuka hati.

 

3.      Berbelanja Sekaligus

Jika memungkinkan berbelanjalah untuk keperluan satu bulan sehingga bisa lebih hemat. Kita pun tidak lelah karena bolak-balik toko.

 

4.      Memilih Kemasan Besar

Berbelanja barang dalam kemasan kecil justru harganya lebih mahal dari kemasan yang besar, lo. Oleh sebab itu, disarankan untuk memilih produk kemasan besar. Di samping lebih hemat, kita pun telah sedikit berkontribusi dalam mengurangi limbah kemasan.

 

5.      Jangan Sungkan Menawar

Barang-barang yang dijual khususnya di pasar tradisional tentu sudah dinaikkan harganya. So, tawarlah barang yang hendak kita beli. Tentu menawar dengan wajar, ya.

 

6.      Mencatat Pengeluaran

Jangan buang struk belanja. Pastikan kita melihat jumlah pengeluaran sehingga saat gajian dapat langsung menyisihkan uang untuk berbelanja bulanan. Nah, kalau belinya di pasar, biasanya tidak ada struk. Kita harus jeli serta berusaha mengingat kemudian langsung catat, deh. Dengan demikian kita tetap mengetahui berapa uang yang telah dikeluarkan.

 

7.      Membandingkan Harga

Kita harus cermat membandingkan harga barang di masing-masing toko. Tandai barang apa saja yang murah di toko A dan toko B. Ini akan mempermudah kita mendapatkan barang dengan harga miring.

 

Berbelanja bulanan memang tidak bisa sembarangan, terutama bila pendapatan tak terlalu besar. Cermat dan teliti dalam mengatur keuangan sehingga akan cukup hingga akhir bulan. Selamat berbelanja, Sobat Mamake!

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.