Sabtu, 19 Juni 2021

6 Fakta Unik Edelweis, Si Bunga Abadi

6 Fakta Unik Edelweis, Si Bunga Abadi

 

Edelweis jawa atau Anaphalis Javanica merupakan salah satu bunga yang dilindungi. Jumlahnya yang semakin langka membuat si bunga abadi tidak boleh dipetik sembarangan. Di balik keunikannya, edelweis menyimpan beberapa fakta menarik, lo, Sobat Mamake!

 


 

1.      Edelweis untuk Obat

Tidak hanya cantik dipandang atau dijadikan obyek foto, edelweis ternyata bisa dimanfaatkan sebagai obat. Apabila Sobat Mamake mempunyai keluhan diare atau TBC, cobalah obat tradisional berbahan ekstrak edelweis yang mempunyai kandungan antioksidan cukup tinggi.

 

2.      Bunga Abadi

Julukan bunga abadi sudah melekat sejak lama pada edelweis. Tanaman ini tak mudah layu karena hormon etilen yang terkandung di dalamnya. Yups, adanya hormon tersebut berpengaruh pada kelopak yang tak mudah rontok. So, edelweis bisa bertahan hingga sepuluh tahunan, lo.

 

3.      Jenis Lain

Edelweis yang biasa kita kenal ialah edelweis jawa atau masyarakat menyebutnya sebagai bunga senduro. Rupanya ada jenis edelweis lain yang tumbuh di pegunungan Alpen Eropa, lo. Namanya adalah Leontopodium Alpinum. Bunga ini dijadikan sebagai bunga nasional negara Austria.

 

4.      Tanaman yang Kuat

Edelweis jawa akan mulai berbunga seusai musim hujan. Tanaman ini tergolong kuat sebab ia tidak mempunyai musuh alami yang berbahaya. Tanaman yang pertama kali ditemukan oleh naturalis jerman bernama Georg Carl Reinwardt pada 1819 ini pun mampu tumbuh di ketinggian lebih dari 2000 mdpl.

 

5.      Budidaya Edelweis

Edelweis yang tumbuh di kawasan taman nasional tak boleh dipetik. Karena itu, edelweis semakin banyak dibudidayakan misalnya, oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Nah, tanaman yang telah dibudidayakan ini bisa dibawa pulang wisatawan sebagai kenang-kenangan.

 

6.      Baik untuk Kecantikan

Saat ini Leontopodium Alpinum juga mulai dimanfaatkan untuk produk kecantikan. Ekstrak edelweis ini disinyalir dapat mencerahkan serta menjaga kesehatan kulit, melindungi dari sinar UV, hingga mencegah penuaan.  

 

Tidak sebatas enak dipandang atau menjadi buah tangan, bunga yang satu ini ternyata bermanfaat juga untuk kesehatan serta kecantikan. Sudah sepatutnya kita turut serta menjaganya dari kepunahan. Jangan memetik edelweis sembarangan, ya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.