Sabtu, 19 Juni 2021

5 Kiat Tepat Merawat Lansia

 

5 Kiat Tepat Merawat Lansia

 

Halo, Sobat Mamake!

 

Merawat lansia tidak semudah yang dibayangkan. Perlu ketelatenan, ilmu, serta kesebaran ekstra sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi lansia. Penting diketahui bahwa terkadang ada orang tua yang merasa disepelekan, depresi, atau tidak enak menjadi beban bagi kita. Nah, untuk Sobat Mamake yang harus merawat lansia, perhatikan kiat-kiat di bawah ini!

 


 

 

1.      Memantau Kegiatan Lansia

Sebetulnya yang dibutuhkan orang tua bukan sebatas uang, tetapi juga kehadiran kita di dekat mereka. Dukungan serta perhatian sangat diperlukan demi kesehatan mental lansia. Pantaulah kegiatan mereka setiap hari, jika perlu membaurlah dan lakukan aktivitas bersama mereka. Contohnya, jika orang tua kita suka berkebun, kita dapat membantunya. Akan tetapi, kalau Sobat Mamake tidak tinggal serumah dengan mereka pastikan meluangkan waktu untuk berkunjung atau menelepon sekadar menanyakan kabar. Perhatian kecil ini sangat berharga bagi mereka.

 

2.      Memperhatikan Asupan

Perhatikan pula asupan yang dikonsumsi lansia terutama mereka yang memiliki penyakit seperti diabetes. Kondisi ini tentu membuat orang tua kita tidak dapat menyantap sembarang makanan. So, kitalah yang harus memastikan makanan serta minumannya bergizi. Tak jarang lansia juga melewatkan jam makan. Karena itu, kita harus senantiasa mengingatkan untuk segera makan.

 

3.      Membuat Jadwal

Apabila Sobat Mamake merawat lansia, tapi tidak tinggal satu atap pastikan Sobat membuat jadwal secara cermat. Tulislah kapan waktunya cek ke dokter, terapi, minum obat, dan ingatkan melalui telepon jika tak bisa datang. Sesekali tanyakan apa yang diinginkan orang tua kita. Mungkin beliau ingin makan atau minum sesuatu. Selagi itu aman dan tidak termasuk pantangan boleh saja diberikan.

 

4.      Ciptakan Kenyamanan

Cara menciptakan kenyamanan untuk lansia adalah memastikan diri kita selalu hadir tak hanya secara fisik, tapi juga emosional. Perhatikan juga kebersihan rumah, terutama kamar mandi yang kadang licin. Siapkan transportasi untuk saat mendesak. Terutama bila lansia mempunyai penyakit kronis seperti jantung, stroke, atau diabetes, yang butuh penanganan cepat.

 

5.      Perhatikan Diri Sendiri

Selain menjaga lansia, kita juga harus memastikan kesehatan diri sendiri. Jangan sampai sakit akibat kelelahan.

 

Merawat lansia adalah ladang ibadah bagi kita. Jadi, tetaplah ikhlas dalam menjaga orang tua. Semoga bermanfaat, ya!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.