Senin, 05 April 2021

7 Persiapan Sambut Bulan Ramadan


Hai, Sobat Mamake!

 

Beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan Ramadan. Tentu kita harus melakukan persiapan maksimal guna menyambut bulan istimewa ini agar dapat mengeruk pahala serta keberkahan sebanyak mungkin. So, apa saja yang harus dipersiapkan jelang bulan suci? 

Picture: Pixabay
 

1.      Persiapan Jiwa

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan jiwa atau hati. Yaps, Sobat, bertobatlah dan perbanyak istigfar. Renungkan perilaku buruk yang pernah kita lakukan di masa lalu supaya tidak terulang lagi mendatang. Berusahalah membersihkan hati dengan menjaga sikap juga tutur kata.

 

2.      Persiapan Fisik

Bulan Ramadan merupakan saat yang tepat untuk berbuat kebaikan serta mencari pahala sebanyak mungkin. Namun, hal ini tidak akan dapat kita lakukan jika kesehatan terganggu. Oleh sebab itu, pastikan Sobat berolahraga secara teratur setidaknya selama 20-45 menit sehari, mengurangi konsumsi junk food, fast food, hindari rokok, atau begadang. Mulailah kebiasaan baik tak lupa konsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

3.      Memperdalam Ilmu Agama

Pelajari hal-hal yang boleh atau dilarang dilakukan selama bulan suci. Ini akan membuat ibadah semakin maksimal, lo. Kita dapat membaca beragam buku yang berkaitan dengan Ramadan, mencari video kajian agama, juga beragam artikel tentang Ramadan. Pastikan pula kita mengetahui tata cara beribadah yang benar, ya.

 

4.      Mempersiapkan Harta

Bersedekah tidak hanya membuat hidup semakin berkah, tetapi juga harta kian berlimpah. So, siapkan harta untuk sedekah optimal selama Ramadan. Ingatlah bahwa segala amal kebaikan yang kita lakukan selama bulan suci akan dilipatgandakan pahalanya. Jangan ragu untuk beramal, jangan bimbang mengeluarkan harta.

 

5.      Memenuhi Kebutuhan Selama Ramadan

Buatlah daftar kebutuhan yang diperlukan selama Ramadan dan persiapkan sejak awal. Biasanya harga kebutuhan akan merangkak naik menjelang bulan penuh berkah, Sobat. Jadi, alangkah baiknya kita melakukan persiapan jauh-jauh hari. Penuhi kebutuhan pangan, keperluan ibadah, dan sebagainya, sehingga kelak kita bisa fokus beribadah.

 

6.      Berbuat Baik

Mengubah kebiasaan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ini memang benar, Sobat. Kita tidak bisa begitu saja membuang kebiasaan buruk yang sudah rutin dilakukan. Akan tetapi, cobalah untuk menguranginya menjelang bulan puasa. Pastikan kita mengisi hari-hari dengan lebih banyak berbuat kebaikan sehingga lambat laun akan menjadi kebiasaan dan terbawa selama Ramadan bahkan setelahnya.

 

7.      Membersihkan Lingkungan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Jelang Ramadan kita dianjurkan untuk membersihkan lingkungan, rumah, juga masjid. Lingkungan yang bersih tanpa kita sadari akan mempengaruhi produktivitas ibadah, lo.

 

Itulah beberapa persiapan sambut bulan Ramadan yang harus kita lakukan. Pastikan Sobat sudah mulai melaksanakannya supaya dapat beribahan maksimal.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.