Senin, 05 April 2021

4 Tren Konten TikTok Berbahaya

  

Halo, Sobat Mamake!

 

Tiktok merupakan salah satu aplikasi yang disukai berbagai kalangan saat ini. Beragam konten menarik, unik, hingga challenge berbahaya bisa kita lihat di sana. Sayangnya, saat ini Tiktok hanya memiliki dua pengaturan yaitu private dan public. Tidak seperti Facebook yang ada pengaturan friends only sehingga si pengunggah lebih aman membagikan kontennya apabila dirasa tidak cocok untuk orang-orang di luar pertemanannya misalnya, anak-anak maupun remaja. Sebagai orang tua kita harus ekstra cermat melihat aktivitas anak ketika bermain Tiktok. Konten apa saja yang kerap dilihat atau challenge apa yang menarik perhatiannya? Ini dia beberapa konten Tiktok berbahaya yang wajib diketahui orang tua.

 


 

 

1.      Burning Pile Challenge

Tantangan yang mengharuskan pengguna Tiktok melakukan transisi dari pakaian kasual ke tampilan yang lebih gelap atau riasan seram sembari memegang pemantik api. Salah satu bintang Tiktok, Madi Monroe pernah menjajal challenge ini hingga rambutnya terbakar. Jangan sampai si kecil mencoba tantangan ini, ya, Sobat. Sangat berbahaya!

 

2.      Penny Challenge

Selanjutnya ada penny challenge yang mengharuskan pengguna menancapkan charger ke stop kontak yang di selanya sudah diselipkan uang koin. Tindakan ini dapat menimbulkan aliran listrik hingga percikan api. Dampaknya jika pengguna memegang koin maka akan tersetrum atau yang lebih parah bisa terjadi kebakaran akiban konsleting listrik yang ditimbulkan.

 

3.      Throw It in The Air Challenge

Tantangan lempar barang tidak kalah berbahaya dibandingkan dua challenge sebelumnya. Beberapa orang akan membentuk lingkaran dan berdiri menghadap kamera yang terdapat di bawah. Kemudian lempar beragam barang ke atas dan pengguna yang membentuk lingkaran tidak boleh menghindar ketika benda-benda jatuh menimpa mereka. Challenge ini tidak berbahaya jika kita bijak memilih benda-benda yang dilempar. Akan tetapi, banyak pengguna yang suka menggunakan benda-benda berbahaya seperti pisau, kaleng berisi minuman, boks plastik, hingga tangga.

 

4.      Silhoutte Challenge

Berhati-hatilah jika Sobat memilik remaja perempuan. Mungkin saja ia tertarik melakukan tantangan yang satu ini. Yaps, namanya silhouette challenge. Tantangan yang mengharuskan perempuan melakukan transisi dari memakai busana kasual kemudian berdiri di ambang pintu. Selanjutnya dalam video Tiktok akan tampak siluet wanita tanpa busana atau hanya menggunakan dalaman. Mengapa challenge yang satu ini tergolong berbahaya terutama untuk kaum wanita? Hal ini disebabkan beberapa orang telah menemukan cara edit video tantangan siluet sehingga tubuh asli wanita tanpa siluet akan terlihat. Pihak yang tak bertanggung jawab tersebut lalu mengedit dan mempostingnya tanpa izin pemilik video atau gambar.

 

Konten Tiktok memang tidak semuanya berbahaya. Banyak juga konten unik dan inspiratif, Sobat. Karena itu, kita harus lebih jeli melihat aktivitas anak dalam bermain Tiktok. Dukunglah apabila konten yang dilihat maupun dibuatnya positif atau inspiratif dan peringatkan ia ketika apa yang dibuat maupun dilihat tergolong konten negatif.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.