Jumat, 19 Maret 2021

Review Buku Selaksa Rasa Nusantara (Masakan Favorit Keluarga Indonesia)

 


 


Judul Buku: Selaksa Rasa Nusantara (Masakan favorit Keluarga Indonesia)

Penulis: Erna S.M., dkk

Penerbit: Makmood Publishing

Tahun terbit: November 2020

Ukuran buku: 14 cm×20 cm

Jumlah halaman: xiv+273 halaman

ISBN: 978-623-6596-20-3

 

Indonesia adalah negara yang kaya akan ragam budaya. Tidak hanya tempat wisata yang memikat, adat budaya beserta kuliner khasnya yang menarik juga semua pasti sepakat. Dari Sabang sampai Merauke, jajaran kuliner khas nan nikmat sungguh menambah khazanah budaya kita. Kalau belum terlalu mengenal aneka masakan khas Indonesia yang beragam itu, Anda sebaiknya tidak melewatkan buku yang satu ini. 

 

 

 

Ditulis oleh 23 penulis perempuan, buku bersampul pink ini penuh dengan bermacam resep andalan yang bisa dicoba di rumah bersama keluarga. Keunggulan buku ini selain gambarnya berwarna, resep yang disajikan dilengkapi narasi yang membuat pembaca makin penasaran ingin mencoba memasak, atau sekadar mencicipi masakan tersebut. Seperti ditulis oleh Wien Purwandini (hal. 32), yang menulis dengan judul: MANDAI, KULINER UNIK BERBAHAN BAKU KULIT CEMPEDAK.

 

Dari narasi yang tertulis disebutkan bahwa mandai ini unik karena bahan baku utamanya adalah kulit cempedak yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi lauk yang lezatnya luar biasa. Bila mengerti cara mengolahnya, kulit buah yang harum dan legit itu bisa dijadikan lauk yang rasanya eksotik.

Lain lagi dengan KULINER PALEMBANG: GULAI MALBI, yang ditulis oleh Ita Ismail (hal. 53). Menurut penulis ini, Malbi adalah salah satu di antara olahan daging sapi yang dimasak berjam-jam hingga lunak khas Palembang yang disajikan umumnya saat Ramadan dan Idulftri. Gulai malbi mirip dengan semur, tetapi lebih kental dan kaya rempah. Uniknya, malbi bisa disimpan dalam waktu yang lama dengan cara dibekukan dan bertahan sampai tiga bulan.

 

RENDANG KHAS MINANG, tulisan Elvida Busma, juga tak kalah unik. Menurut penulis ini, hasil survei CNN tanggal 12 Juli 2017 memutuskan rendang menjadi masakan terenak. Wow ... luar biasa! Istilah rendang berasal dari kata marandang yang mempunyai arti memasak secara lambat, di mana proses memasak yang cukup lama sehingga menghasilkan tekstur daging yang kering dengan arom rempah yang kuat dan cita rasa yang tinggi. Jadi, sebenarnya rendang adalah suatu teknik memasak ( hal. 185-186).

 

Resep masakan beserta cara membuatnya yang mudah diikuti menjadi keunggulan buku ini. Anda akan mendapatkan beragam pengalaman memasak masakan daerah sepanjang 273 halaman yang bisa jadi tak terduga, baik dari bahannya maupun cara membuatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.