Sabtu, 13 Maret 2021

Review Buku Ensiklopedia Tumbuhan dan Hewan Dalam Al-Qur’an

 

Review Buku Ensiklopedia Tumbuhan dan Hewan Dalam Al-Qur’an

Judul Buku: Ensiklopedia Tumbuhan dan Hewan Dalam Al-Qur'an

Penulis: Yopi Sartika, dkk

Penerbit: Makmood Publishing

Tahun terbit: Januari 2021

Ukuran buku: 14 cm×20  cm

Jumlah halaman: 110 halaman

ISBN: 978-623-6596-28-9

 

Allah menciptakan segala sesuatu di dunia ini tidak untuk sebuah kesia-siaan. Di dalamnya terkandung berjuta manfaat yang kadang tidak kita ketahui. Ada beberapa tumbuhan dan hewan istimewa di muka bumi ini yang namanya diabadikan dalam Al-Qur'an. Buku berwarna biru muda berisi 110 halaman ini menceritakan keistimewaan tujuh tumbuhan dan lima hewan yang ada dalam Al-Qur'an. 

 


 

 

Setiap bab dalam buku ini menyajikan kejutan manis yang tak terduga. Kendati sudah mengenal dengan baik tumbuhan dan hewan yang diceritakan, tiga belas penulis dalam buku ini menyajikan keistimewaan dan kelebihan masing-masing tumbuhan dan hewan itu dengan cara yang berbeda. Diawali dengan ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan tumbuhan atau hewan yang dimaksud, dilengkapi dengan hadis-hadis pilihan, dan diakhiri dengan lembar aktivitas di setiap akhir bab yang membuat buku ensiklopedia ini menjadi spesial.

 

Hebatnya, penulis piawai memilih judul setiap babnya yang membuat pembaca, khususnya anak-anak, penasaran membaca isinya sampai tuntas. Seperti judul: Pisang, Buah Khas yang Ada di Surga. Dalam buku ini dituliskan, bahwa pisang adalah buah yang dipilih olehorang-orang yang ada di surga. Mereka boleh mengambil buah ini sepuasnya (hal. 2).

Ada juga judul lain yang memancing rasa ingin tahu anak dari judulnya, yaitu: Anggur, Buah yang Namanya Disebut 11 Kali Dalam Al-Qur’an dan Kurma, Primadona di Bulan Suci Ramadhan, juga Keistimewaan Burung Hud-Hud Dalam Al-Qur’an. Pemilihan judul yang menarik dalam cerita anak menjadi hal penting untuk diperhatikan karena menjadi daya tarik awal sebelum anak tertarik membaca isinya. 13 Penulis dalam buku ini berhasil memikat anak dengan judul unik yang mengundang penasaran.

 

Selain tumbuhan, ensiklopedia ini juga menceritakan hewan yang disebut dalam Al-Qur’an karena keistimewaannya. Salah satunya adalah unta. Hewan bertubuh besar ini dalah hewan istimewa. Namanya tercantum dalam 16 ayat dalam Al-Qur’an dan masing-masing ayat tersebar dalam 12 surat (hal. 77). Unta memiliki punuk yang  berfungsi menyimpan lemak. Bnayak yang mengira punuknya itu menyimpan air, tetapi sebenarnya tidak. Punuk unta berisi lemak khusus yang bisa berubah menjadi air dengan bantuan oksigen. Itulah sebabnya, unta mampu bertahan, walau tidak makan berhari-hari (hal. 80).

 

Masih ada informasi lain yang sangat baik dibaca anak-anak untuk meluaskan pengalamannya dan menambah pemahamannya tentang makhluk Allah yang diabadikan dalam Al-Qur’an. Membaca ensiklopedia ini, anak-anak tidak saja bertambah wawasannya, tetapi bertambah juga keimanannya.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.