Sabtu, 13 Maret 2021

Review Buku Ensiklopedia Serangga dan Hewan Dalam Tanah

 

Review Buku Ensiklopedia Serangga dan Hewan Dalam Tanah

Judul Buku: Ensiklopedia Serangga dan Hewan Dalam Tanah

Penulis: Ratna Hadi, dkk

Penerbit: Makmood Publishing

Tahun terbit: Januari 2021

Ukuran buku: 14 cm×20 cm

Jumlah halaman: 112 halaman

ISBN: 978-623-6596-27-2

 

Tak ada yang membantah bahwa buku adalah penanda kemajuan peradaban manusia. Buku ibarat jendela dunia. Membaca buku seperti membuka jendela yang akan tampak bermacam ilmu pengetahuan. Membaca sejatinya adalah mengalirkan beragam ilmu pengetahuan ke dalam otak. Makin banyak membaca, kita akan makin banyak menyerap ilmu. Ensiklopedia adalah buku yang berisi berbagai bidang ilmu pengetahuan dan informasi. Membaca ensiklopedia bermanfaat untuk menambah wawasan, mengetahui segala sesuatu dengan lebih rinci, juga mengetahui asal usul sesuatu. 

 


 

 

Ensiklopedia Serangga dan Hewan dalam Tanah adalah buku yang berisi informasi tentang bermacam serangga dan hewan dalam tanah yang memiliki banyak keistimewaan. Sepuluh penulis perempuan mengemasnya dalam sebuah cerita dengan bahasa yang mudah dipahami anak. Banyak kejutan kecil yang tak terduga saat membaca buku ini. Tidak hanya karena gambar yang memikat, tetapi juga informasi baru yang mungkin baru diketahui anak-anak.

 

Seperti informasi tentang rubah merah, predator cerdik yang mirip kucing. Hewan berbulu merah di punggung dan kepala, tetapi berbulu putih di perut ini secara fisik mirip anjing dan serigala. Dengan moncong panjang dan sempit, juga berbulu ekor lebat, tubuhnya lebih kecil dibandingkan serigala. Uniknya, sekalipun berumur pendek, hewan ini tidak termasuk hewan yang dilindungi (hal. 12)

 

Belalang sembah sang predator perkasa, mempunyai kebiasaan sering mengatupkan kedua kaki depannya seperti orang menyembah atau berdoa. Itulah mengapa hewan ini disebut belalang sembah. Mulutnya yang besar, dapat memangsa hewan yang berukuran besar. Serangga ini dapat memangsa ular kecil dan burung (hal. 30-31).

 

Hewan unik lain adalah semut, si imut yang berjiwa sosial tinggi. Dalam ensiklopedia ini, disebutkan bahwa semut memiliki 12.000 sampai 20.000 jenis. Kemampuan adaptasinya sangat baik sehingga dapat ditemukan di berbagai habitat. Uniknya, hewan kecil memakan semua yang ada di alam, terutama protein dan lemak (hal. 56-57).

 

Tak kalah unik dengan hewan lain dalam buku ini adalah capung. Predator paling ganas di muka bumi ini bisa menangkap mangsanya secepat kilat. Apabila diamati secara saksama, capung memiliki banyak mata yang disebut mata majemuk. Itulah sebabnya, capung dapat langsung terbang saat ada gangguan atau musuh yang mendekatinya (hal. 79).

 

Banyak kejutan menarik yang membuat pembaca tidak menduga saat menyusuri ensiklopedia setebal 112 halaman ini. Dengan hard cover yang elegan, ditambah lembar aktivitas yang bervariasi di akhir setiap babnya, buku ini cocok untuk dihadiahkan kepada buah hati tercinta agar wawasannya lebih luas mengenai serangga dan hewan dalam tanah.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.