Selasa, 09 Maret 2021

7 Cara Sederhana Mencintai Diri Sendiri

  

Hai, Sobat Mamake!

 

Menumbuhkan rasa cinta pada diri sendiri terasa lebih sulit dibandingkan mencintai orang lain. Sobat pernah mengalaminya? Senantiasa merasa kurang, gagal, dan tidak bahagia merupakan beberapa ciri kita belum mencintai diri sendiri. Apabila dibiarkan perasaan ini lambat laun akan berubah menjadi sikap kufur nikmat. So, apa yang harus dilakukan agar dapat mencintai diri sendiri?

 

1.      Hindari Membandingkan

Rumput tetangga selalu tampak lebih hijau dari milik sendiri. Membandingkan diri kita dengan orang lain tak jarang menumbuhkan rasa kurang percaya diri. Padahal sejatinya setiap orang diciptakan lengkap dengan kelebihan serta kekurangan. Kita tidak pernah  tahu kekurangan seseorang. Satu langkah pasti dan wajib kita lakukan supaya bisa self love adalah dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Fokus pada kelebihan dan rangkul segala kekurangan sebagai satu paket lengkap dalam diri kita.

 

2.      Jujur Kepada Diri Sendiri

Dengarkan apa kata hati kita. Hargailah perasaan diri sendiri dengan selalu bersikap jujur. Tidak perlu melakukan hal yang tak ingin kita lakukan hanya demi mengikuti tren atau takut dikucilkan dalam pergaulan. Pastikan tahu apa yang kita mau. Tekuni hal yang disukai.

 

3.      Memperluas Lingkup Pertemanan

Teman ialah cerminan diri. Baik atau buruk diri kita tergantung seperti apa lingkup pergaulan. Yaps, Sobat. Memperluas pergaulan membuat wawasan serta pengalaman kita meningkat. Kendati wajib menambah teman, tetapi kita juga harus memilih dengan selektif, ya. Hindari bergaul di lingkungan negatif, berinteraksi dengan orang yang justru meracuni pikiran Sobat dengan hal-hal buruk.

 

4.      Mencintai Tubuh

Mencintai tubuh bisa dilakukan dengan cara berolahraga teratur, memperhatikan makanan serta minuman, mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, memastikan hati bahagia, terhindar dari stres, bebas melakukan apa yang disukai, dan tentu saja merawat tubuh sebaik-baiknya. Sobat sudah melakukannya?

 

5.      Tidak Memikirkan Omongan Orang

Tidak bisa dimungkiri sebagian orang tergolong super sensitif tatkala mendengar ucapan orang yang buruk tentang dirinya. Selalu merasa baper justru akan menghambat kebahagiaan kita, lo. Stop mendengarkan atau memikirkan omongan negatif orang lain. Anggap saja angin lalu dan teruslah melangkah dengan santai sesuai kata hati kita.

 

6.      Berani Menolak

Sobat termasuk pribadi yang sulit menolak permohonan orang lain? Sebaiknya hindari selalu melakukan apa yang orang minta. Jika kita merasa tidak bisa mengerjakan hal tersebut dengan baik, tolaklah secara halus dan katakan alasannya. Jangan sampai kita mengorbankan diri sendiri karena melakukan hal yang tak disukai. Ketahui batas kemampuan diri dan jangan bertindak melampauinya.

 

7.      Bersyukur

Syukuri segala hal baik maupun buruk yang terjadi sepanjang kehidupan. Ingat bahwa pengalaman mengajarkan kita berbagai hal. Ia adalah bekal terbaik agar kita tak salah langkah dalam mengambil keputusan di masa depan.

 

Itulah beberapa cara sederhana mencintai diri sendiri. Kebahagiaan akan tercipta ketika kita mampu menerima kelebihan sekaligus kekurangan diri. Jangan pernah merasa gagal dalam menjalani hidup. Karena masing-masing orang punya jalan hidup yang unik. Jadi, yuk, mulai mencintai diri sendiri supaya kita hidup lebih bahagia!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.