Jumat, 05 Februari 2021

4 Manfaat Bawang Putih Bagi Seluruh Keluarga

Halo, Sobat Mamake!

Memasak adalah salah satu tugas utama bagi seorang ibu. Menyiapkan makanan untuk keluarga tercinta terlebih hasil olahan tangan sendiri pastilah menjadi kepuasan tersendiri bagi Sobat Mamake, bukan. Tidak jarang bumbu yang diolah juga hasil dari kreasi Sobat Mamake sendiri atau resep rahasia keluarga turun temurun. Bicara soal bumbu masakan, tidak lengkap rasanya jika tidak menggunakan bawang merah dan bawang putih. Dua umbi ini bisa juga digolongkan sebagai sayuran yang daun dan batangnya bisa digunakan untuk masakan. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas sedikit tentang bawang putih ya, Sob.

Bawang putih selain menjadi bumbu dan sayuran untuk masakan, ternyata memiliki beberapa khasiat yang bermanfaat bagi seluruh keluarga lho, Sob. Pada bawang putih terdapat senyawa yaitu allicin dan nitrit oksida yang berfungsi sebagai antibakteri, antimikroba, dan antiflamasi. Senyawa ini hanya dapat ditemukan pada bawang ptih yang mentah atau yang dikeringkan, bukan dimasak. 


 Apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya:

 

1.      Menurunkan tekanan darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi banyak dialami pria, namun tidak jarang dialami oleh wanita, terlebih bagi sebagian ibu rumah tangga. Pekerjaan rumah tangga yang tidak kunjung berhenti, menghadapi anak-anak yang kadang sulit diatur, kurang tidur dan istirahat, semua hal tadi dapat memicu tekanan darah menjadi naik. Jika sudah demikian, istirahat adalah hal yang harus dilakukan dan asupan yang dijaga agar tekanan darah menjadi normal. Selain meminum obat penurun darah tinggi, mengkonsumsi bawang putih juga dapat membantu.

 

Senyawa allicin berguna untuk merelaksasi otot pembuluh darah agar aliran darah menjadi lancar dan juga sebagai antioksidan. Sobat dapat membuat ramuan obat darah tinggi dengan mengiris tiga siung bawang putih, lalu diseduh dengan segelas air hangat dan langsung diminum. Lakukan hal ini dua kali sehari, pagi dan sore hari.

 

2.      Mengurangi nyeri pada gigi berlubang

Makanan dan minuman yang terlalu manis dapat membuat kondisi mulut dan gigi menjadi terlalu asam. Jika tidak rutin membersihkan gigi dapat membuat gigi berlubang.  Anak-anak  rentan mengalami gigi berlubang  karena belum terbiasa untuk menggosok gigi sebelum tidur dan sering mengkonsumsi jajanan manis. Kandungan allicin pada bawang putih memiliki sifat antibakteri dan antimikroba  yang mampu membunuh kuman dan mengurangi rasa sakit pada gigi berlubang.

 

Sobat dapat menghaluskan bawang putih dengan garam dapur, lalu diletakkan di area gigi yang berlubang. Garam dapur di sini berfungsi sebagai disinfektan alami.

 

3.      Meredakan radang pada jerawat

Tumbuh  jerawat pada masa PMS? Tentunya menyebalkan, ya. Jangan khawatir, Sobat Mamake. Obat jerawat alami ada di dapur. Sobat Mamake bisa menggunakan bawang putih untuk meredakan jerawat yang meradang. Iris bawang putih, lalu oleskan pada jerawat yang meradang sambil dengan gerakan memutar yang lembut.

 

Ternyata banyak kegunaan bawang putih selain untuk bumbu masakan ya, Sobat Mamake.  Jurus jitu di atas dapat Sobat terapkan kepada suami dan anak-anak jika diperlukan, ya.  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.