Kamis, 28 Januari 2021

5 Sambal Nusantara Paling Populer dan Nendang

Halo, Sobat Mamake!

Indonesia memiliki beragam sambal legendaris. Yaps, siapa yang tak kenal dengan sambal terasi, dabu-dabu, atau matah? Sebagian besar orang Indonesia juga penggemar pedas. Nah, kali ini kita intip, yuk, beberapa sambal nusantara paling nendang dan bikin keringat bercucuran.


 

 

1.      Sambal Terasi

Sobat Mamake tentu tidak asing dengan sambal yang satu ini. Selain rasanya mantap, sambal terasi juga punya aroma khas yang sukses membuat nafsu makan bertambah. Sambal ini termasuk yang paling banyak dijumpai ketika kita bertandang ke warung makan atau restoran. Berikut resep sambal terasi enak dan simpel dari endeus.tv yang dapat Sobat praktikkan.

 

Bahan:

150 gram cabai rawit

100 gram cabai merah

5 siung bawang putih

15 butir bawang merah

100 gram tomat

100 ml minyak goreng

1 sdt garam

2 sdt gula merah, sisir halus

2 sdm terasi bakar.

 

Cara membuatnya pun cukup mudah, kita tinggal menggoreng cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, kemudian tiriskan. Selanjutnya ulek dan tambahkan gula serta garam. Terakhir masukkan terasinya. Tara! Sambal terasi mantap siap disantap bersama nasi dan lauk pauk.

 

2.      Sambal Matah

Sambal khas Bali ini juga punya citarasa tak kalah sedap dengan sambal lainya. Sesuai namanya, sambal matah memang terbuat dari bahan-bahan mentah. Kita hanya perlu menyiapkan beberapa bahan seperti serai, bawang merah, serta daun jeruk purut. Yuk, catat resep simpel dari cookpad.com (28/09/2018), kreasi Xander's Kitchen!

 

Bahan:

8 butir bawang merah

2 batang serai, diambil bagian dalam yang berwarna putih

15 buah cabai rawit merah

1 sdm air jeruk nipis

3 sdm minyak goreng

Daun jeruk purut secukupnya

Gula dan garam secukupnya.

 

Cara membuatnya gampang banget, lo. Cuci bersih bawang merah, daun jeruk purut, cabai, serta serai. Selanjutnya iris kasar semua bahan. Tambahkan gula, garam, dan air jeruk nipis. Aduk rata sembari ditekan-tekan. Selanjutnya siram minyak yang sudah dipanaskan lebih dahulu kemudian aduk kembali. Sambal ini paling cocok dinikmati bersama ayam atau ikan bakar.

 

3.      Sambal Ijo

Nasi padang terasa kurang lengkap tanpa sambal ijo. Orang padang biasa menyebutnya lado mudo. Yes, meski rasanya tidak terlalu pedas, tetapi sambal yang satu ini cukup populer dan digandrungi berbagai kalangan terutama para penikmat nasi padang.

 

Lalu bagaimana, sih, cara membuatnya? Simak resep mudah dari kompas.com (24/08/2020) berikut ini.

 

Bahan:

10 buah cabai hijau besar

10 buah rawit hijau

10 butir bawang merah

2 siung bawang putih

5 buah cabai hijau keriting

2 buah tomat hijau

½ buah jeruk lemon cui, ambil airnya

¾ sdt garam

2 sdm minyak untuk menumis.

 

Cara membuatnya, pertama kukus atau rebus semua bahan sampai lunak dan tumbuk kasar. Panaskan minyak lalu tumis bahan yang telah ditumbuk tadi hingga matang. Terakhir tambahkan perasan air jeruk, aduk merata. Nah, sambal ijo khas Padang siap disajikan!

 

4.      Sambal Andaliman

Dari Padang kita menuju ke Sumatera Utara. Ada sambal andaliman yang khas dan tentunya sayang dilewatkan para pencinta pedas, nih. Sambal khas Batak ini punya rasa pedas yang berbeda dan nendang banget, lo, Sobat. Seperti kita ketahui andaliman juga dikenal dengan nama merica batak. Bentuknya bulat kecil dan beraroma lembut. Bikin sambal andaliman juga tidak sulit, kok. Ini dia resep yang dilansir kompas.com (22/07/2020).

 

Bahan:

100 gram biji andaliman

50 gram bawang putih

60 gram bawang merah

100 gram rawit hijau

30 gram gula pasir

10 gram garam.

 

Langkah pertama Sobat Mamake harus menggoreng cabai rawit, bawang putih, serta bawang merah sampai harum. Setelah itu haluskan bahan dan jangan lupa tambahkan biji andaliman, gula, serta garam. Sambal andaliman cocok sebagai teman ikan goreng atau bakar. So yummy!

 

5.      Sambal Dabu-dabu

Sambal khas Manado ini termasuk salah satu cocolan favorit yang umumnya disajikan bersama dengan aneka seafood. Sambal dabu-dabu bukan hanya dapat meningkatkan nafsu makan, melainkan juga mampu mengusir bau amis pada beragam hidangan laut. Chef Billy Kalangi yang berasal dari Manado menjelaskan bahwa sambal dabu-dabu terbuat dari cabai rawit, bawang merah, serta tomat. Inilah resep sambal dabu-dabu ala Chef Billy.

 

Bahan:

10 buah rawit merah

5 buah rawit hijau

1 tomat merah

5 tomat hijau

5 siung bawang merah

 ½ jeruk nipis

Garam dan gula secukupnya.

 

Iris tipis semua bahan, kecuali tomat merah dapat dipotong dadu. Masukkan air perasan jeruk nipis ke irisan bawang merah, diamkan sejenak. Selanjutnya campurkan semua bahan, beri gula serta garam secukupnya, aduk merata. Jika ingin tetap segar, Sobat bisa menyimpan sambal dabu-dabu di kulkas.

 

Berbicara tentang sambal nusantara yang populer dan nendang memang tidak akan ada habisnya. Bosan dengan sambal terasi, bisa coba membuat sambal matah. Ganti sambal tiap hari pun bisa, kok. Selamat mencoba membuat beragam sambal khas Indonesia yang super mantap, Sobat Mamake!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.