Minggu, 03 Januari 2021

3 Cara Menabung Unik bagi Emak Produktif

Hai Sobat Mamake!

Seorang   perawi hadist meriwayatkan, “Simpanlah sebagian  harta kamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu.” (HR.Bukhari).

Betapa pentingnya menabung agar kita bisa selamat di kemudian hari. Sobat Mamake, menabung bagi seorang ibu rumah tangga merupakan hal yang penting. Mempersiapkan bekal finansial untuk pendidikan  anak-anak,  dana darurat  untuk kesehatan dan biaya tidak terduga yang lain. Anggaran dana untuk jalan-jalan bersama keluarga juga perlu disiapkan, bukan?

 

Menjadi wanita karir atau menjadi ibu rumah tangga yang produktif, berarti Sobat Mamake memiliki usaha dan penghasilan sendiri  di luar dari penghasilan  suami. Alangkah baiknya jika Sobat Mamake pandai dalam mengatur keuangan.  

Banyaknya kebutuhan rumah tangga terkadang membuat kita kesulitan dalam menabung, ya, Sob. Terlebih lagi godaan terhadap barang-barang diskon yang sebenarnya di luar dari kebutuhan. Bagaimana menyiasati agar penghasilan Sobat Mamake tetap aman?  Berikut ada beberapa cara unik dan sederhana yang bisa Sobat coba :

1.      Membuat tabungan sesuai tanggal

Jika tanggal hari ini adalah tanggal 12, Sobat Mamake menabung Rp. 12.000,-. Esok hari tanggal 13 berarti  menabung  Rp. 13.000,-. Begitu seterusnya sampai di akhir bulan, lalu kembali ke awal bulan tanggal 1, Sobat Mamake menabung  Rp. 1.000’-

 

2.      Menabung dengan nominal tertentu

Menabung dengan metode ini adalah Sobat Mamake menabung dengan nominal tertentu yang Sobat pilih. Contoh, setiap kali Sobat  menemukan pecahan uang Rp. 20.000,-. Sobat Mamake bisa menyimpan uang itu untuk dijadikan tabungan.  Tabungan Sobat akan dipenuhi pecahan uang tersebut. 

 

3.      Menyisihkan 10% dari setiap penghasilan

Memiliki penghasilan harian, mingguan, atau bulanan, Sobat Mamake bisa menyisihkan setiap 10% dari pemasukan tersebut. Tidak masalah jika sobat Mamake memiliki pendapatan yang minim, tetap sisihkan 10% karena akan terlihat manfaatnya jika Sobat Mamake tertib menabung. Seperti kata pepatah, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit.

 

Sobat Mamake,  kunci keberhasilan menabung  dari metode-metode di atas adalah disiplin dan tertib.  Sobat bisa memilih metode satu, dua, atau tiga sesuai kapasitas yang Sobat Mamake miliki. Menahan keinginan sementara untuk kebutuhan yang lebih penting pasti akan melatih Sobat untuk menjadi ibu rumah tangga yang produktif dan selektif dalam menggunakan uang. Menyiapkan masa depan yang lebih baik untuk keluarga harus disiapkan sedini mungkin. Hemat berarti selektif.

 

Happy saving, Sob!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.