Sabtu, 28 November 2020

Mengenal 5 Media Tanam Hidroponik

Halo, Sobat Mamake!

Bertanam dengan cara hidroponik cocok dilakukan oleh orang-orang yang memiliki lahan terbatas. Hidroponik merupakan budi daya tanaman tanpa memakai tanah sebagai media tanam dan lebih mengutamakan kebutuhan nutrisi bagi tanaman. Sobat Mamake berminat mencoba hidroponik? Kenali dulu beberapa media tanam hidroponik supaya dapat menentukan yang pas untuk tanaman Sobat.

1.      Pasir

Pasir mudah ditemukan di mana saja. Media tanam yang satu ini mempunyai cukup banyak pori-pori sehingga gampang menyerap air. Jika Sobat ingin menyemai benih atau menanam hasil stek sangat tepat memilih pasir sebagai media tanam.

 


 

 

2.      Serbuk Serabut Kelapa atau Cocopeat

Daya serap tinggi serta kemampuan menyimpan air yang mencapai delapan kali lipat dari volume dasarnya merupakan beberapa kelebihan serbuk serabut kelapa. Sayangnya, sistem penyaluran air cocopeat tidak terlalu baik. Jadi, untuk hasil lebih optimal Sobat harus mencampurkannya dengan media tanam lain seperti sekam bakar.  

 

3.      Kerikil

Tidak semua tanaman cocok menggunakan media tanam yang satu ini. Sobat dapat memilih media tanam kerikil untuk tanaman yang tidak memerlukan banyak air. Kekurangan kerikil ialah kemampuannya dalam mengikat air yang tidak sebaik media tanam hidroponik lainnya.

 

Kerikil memiliki pori-pori besar dan banyak sehingga mudah basah, tetapi juga gampang kering. Jadi, penyiraman harus sering dilakukan. Masa kini sudah tersedia kerikil sintetis yang khusus dipakai sebagai media tanam hidroponik. Tak seperti kerikil pada umumnya, media tanam sintetis tersebut mempunyai sistem drainase serta penyerapan yang baik. Dengan begitu, kelembapan tanaman akan terjaga.

 

4.      Spons

Selain sebagai alat pencuci piring, spons juga dapat dipakai untuk media tanam hidroponik, lo. Kendati cukup ringan, tetapi apabila sudah diberi air berat spons akan bertambah. Seperti kita ketahui bahwa spons memiliki kemampuan menyerap air sangat baik. Satu hal yang penting diperhatikan sebelum menggunakan spons sebagai media tanam adalah pastikan tanaman yang dipilih cepat tumbuh dan panen sebab sifat spons mudah hancur serta tidak mampu bertahan dalam jangka waktu lama.

 

5.      Arang Sekam

Arang sekam mempunyai sistem drainase yang baik juga mengandung unsur-unsur penting yang dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman. Di pedesaan, Sobat bisa menemukan arang sekam dengan mudah dan cuma-cuma. Pembakaran membuat arang sekam steril serta bebas hama. Jadi, kalau Sobat ingin menanam buah atau sayuran yang rentan terkena hama maupun jamur, sangat direkomendasikan menggunakan arang sekam.

 

Bertanam dengan cara hidroponik sangat mudah untuk dipelajari dan dilakukan. Sesuaikan media tanam dengan jenis tanamannya. Dengan demikian, pertumbuhan tanaman akan maksimal. Selamat memilih media tanam hidroponik yang tepat, ya, Sobat!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.