Jumat, 16 Oktober 2020

Segudang Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Hai, Sobat Mamake!

Sejak pandemi banyak orang mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Bukan hanya menambah konsumsi buah serta sayur, olahraga pun masuk daftar agenda rutin. Salah satu jenis olahraga yang tengah digandrungi berbagai kalangan ialah bersepeda.

Yaps, bersepeda tergolong olahraga ringan yang menyenangkan. Dengan rajin melakukan gowes, Sobat bisa memetik segudang manfaatnya bagi kesehatan, lo. Apa saja, ya, manfaat bersepeda untuk kesehatan? Lebih lengkapnya scroll up, ya!


 

1.      Memperkuat Otot

Gerakan mengayuh dapat memperkuat serta membentuk otot khususnya bagian paha dan betis. Selain itu olahraga ramah lingkungan ini pun cocok bagi Sobat yang kerap mengalami nyeri lutut. Seperti kita ketahui bahwa bersepeda termasuk olahraga yang tak memberi tekanan besar pada bagian tubuh tertentu, termasuk lutut.

 

2.      Meningkatkan Kesehatan Mental

Hormon adrenalin dan endorfin diproduksi tubuh ketika berolahraga. Nah, hormon endorfin bisa menciptakan perasaan nyaman, meningkatkan mood, sehingga terhindar dari stres. Jadi, Sobat akan lebih tenang dan senantiasa positif. Terlebih sewaktu bersepeda dengan teman-teman atau orang terdekat, pasti makin senang dan bersemangat, ya.

 

3.      Tidur Semakin Nyenyak

Sulit tidur malam? Sobat dapat menjajal bersepeda secara rutin. Terbukti menggowes mampu membuat tidur semakin lelap serta meningkatkan metabolisme tubuh. Istirahat cukup juga berpengaruh pada produktivitas dan kebugaran tubuh esok harinya.

 

4.      Menurunkan Berat Badan

Untuk yang satu ini sebetulnya bukan hanya berlaku pada olahraga sepeda saja, tetapi juga semua jenis aktivitas fisik. Berolahraga artinya kita membakar kalori dalam tubuh. Hal yang penting dipahami adalah pastikan kalori yang keluar lebih banyak dari kalori yang masuk. 



 5.      Terhindar dari Penyakit Kronis

Bersepeda membuat Sobat terhindar dari berbagai penyakit kronis seperti jantung, diabetes, hingga kanker. Meningkatnya aliran darah ke otak juga berpengaruh terhadap nutrisi maupun kadar oksigen yang diterima otak kita. Tak sampai di situ saja, bersepeda bisa memperbaiki kinerja paru-paru hingga memperlancar peredaran darah. Lakukan aktivitas fisik ringan ini setidaknya 45 menit setiap hari untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

 

Demikian segudang manfaat bersepeda. Sobat dapat menjadikannya alternatif olahraga ringan selain jogging, jalan santai, atau berenang. Siap lebih sehat dengan bersepeda? Pastikan Sobat melengkapi diri dengan peralatan pelindung juga seperti, helm, kacamata, bike gloves, dan sebagainya supaya lebih safety. Salam sehat dan semangat gowes!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.