Jumat, 02 Oktober 2020

Menjadi Emak Cekatan, Ikuti 4 Triknya!

Hai, Sobat Mamake!

Menjadi ibu rumah tangga seutuhnya atau merangkap menjadi pegawai, pengusaha, pebisnis, itu adalah pilihan. Apalagi jika Sobat mempunyai anak yang masih bayi atau balita, sementara pekerjaan di luar rumah juga membutuhkan pantauan Sobat, tentu menjadikan Sobat Mamake ekstra bekerja. Ditambah rutinitas pekerjaan ibu rumah tangga yang terus berputar, membuat Sobat Mamake harus pintar membagi waktu.

Agar semua berjalan lancar, anak dan suami tetap mendapatkan perhatian, kerjaan rumah juga beres, Sobat Mamake bisa membuat journal atau mind mapping. Mind mapping atau peta pemikiran ini dibuat sesuai kebutuhan Sobat. Yuk, kita simak triknya!

 


 

1.      Membuat prioritas

Anak-anak dan suami menjadi prioritas utama dalam pemetaan Sobat Mamake. Menyiapkan segala kebutuhan mereka di pagi hari menjadi pekerjaan pertama. Misalnya, menyiapkan sarapan bergizi dan menyiapkan kebutuhan suami yang berangkat kerja dan anak-anak yang berangkat sekolah.  

2.      Me-list pekerjaan rumah

Pekerjaan rumah yang berputar, bisa Sobat Mamake pilih untuk mana yang lebih dulu untuk dikerjakan, atau pekerjaan mana yang bisa Sobat kerjakan secara berkala. Kerjakan yang paling mudah dahulu dan paling cepat selesainya. Seperti menyetrika, pekerjaan ini bisa Sobat Mamake kerjakan satu atau dua kali dalam sepekan.  Trik ini bisa menjadikan Sobat bekerja dengan efektif dan efisien, lho.

3.      Membuat Agenda Outing

Membuat agenda disini adalah membuat agenda keluar atau outing bersama keluarga. Bisa olahraga, ke toko buku, belanja bulanan atau makan di luar. Outing disini sebagai sarana Sobat untuk mengendalikan emosi, refreshing dan men-charge kembali pikiran karena rutinitas yang menjemukan.

4.      Menggunakan jasa ART

Pada poin ini adalah poin alternatif. Jika pekerjaan rumah terlalu banyak dan Sobat Mamake mulai kewalahan, Sobat bisa memakai jasa asisten rumah tangga untuk membantu. Adanya asisten tersebut tidak mengurangi peran Sobat sebagai ibu yang cekatan. Sobat Mamake bisa berpikir lebih jernih karena ada yang membantu dan bisa lebih produktif.

Sobat Mamake, Allah menciptakan wanita dengan kelebihan otak dengan kecerdasan yang multitasking. Wanita cenderung bisa melakukan pekerjaan lebih dari satu sekaligus. Akan tetapi, Sobat Mamake juga perlu mengetahui kapasitas diri agar tidak terlalu kelelahan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, karena suami dan anak-anak tercinta membutuhkan Sobat Mamake. 

Be a great mother, Sob!

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.