Minggu, 25 Oktober 2020

Kiat Membangun Usaha Kuliner Saat Pandemi Ala Chef Arnold

 

Halo, Sobat Mamake!

Pemutusan hubungan kerja banyak terjadi di masa pandemi. Sobat Mamake termasuk salah satu orang yang mengalaminya? Jangan putus asa, Sobat. Tetaplah bersemangat dan yakin ada pintu rezeki lain untuk kita.

Berbisnis merupakan pilihan menarik yang dapat Sobat jadikan sebagai sumber pundi-pundi rupiah. Pilihan bisnis yang bisa Sobat jajal salah satunya yaitu usaha kuliner. Kalau bicara soal perut dan makanan rasanya tidak akan ada habisnya. Inovasi luar biasa dalam dunia kuliner terus berkembang setiap harinya. Yuk, ketahui beberapa kiat membangun usaha kuliner saat pandemi ala Chef Arnold, sebelum Sobat terjun ke dunia bisnis makanan maupun minuman!

 

 

  • Jangan Ragu Memulai

Keraguan merupakan “penyakit’ yang kerap dialami calon pebisnis. Takut produknya tidak laku, ragu kepada rasa produk padahal sudah melakukan riset berbulan-bulan. Sobat, kalau ragu terus kapan kita maju? Kita tidak akan pernah tahu hasilnya sampai mencoba sendiri.

Nah, tugas calon pebisnis hanya melakukan riset dan menganalisa. Data yang diperoleh pun bukan jaminan laris tidaknya produk kita. Intinya pasar terkadang tidak terduga. Makanan maupun minuman yang kita prediksi sulit melesat, bisa saja malah booming. Oleh sebab itu, jangan ragu memulai usaha kuliner. Siapkan saja produk Sobat sebaik mungkin dan bulatkan tekad serta keberanian untuk memulai.

 

  • Promosi Tanpa Malu

Promosi penting dilakukan secara konsisten. Beragam media sosial pun dapat Sobat manfaatkan untuk mengedukasi pembeli dan memperkenalkan produk. Satu dua kali mungkin belum ada yang melirik, tetapi bagaimana jika kita melakukannya berulang kali? Lama kelamaan rasa penasaran orang akan terusik dan bukan tidak mungkin bakal memesan dagangan kita. Asyik sekali, kan? Sampaikan sedetail mungkin produk Sobat. Mulailah promosi dari lingkup terdekat misalnya, tetangga, teman-teman, atau saudara. E-commerce juga bisa kita gaet sebagai partner, sehingga konsumen semakin mudah menemukan produk Sobat.

 

  • Patuhi Protokol Kesehatan

Di masa pandemi penting bagi kita senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan. Patuhilah protokol kesehatan termasuk ketika menjalankan usaha. Pastikan Sobat beserta karyawan menggunakan sarung tangan, face shield, masker, dan rajinlah mencuci tangan.

Gunakan kemasan yang tak hanya menarik, tetapi juga higienis misalnya, vacuum pack. Bukan hanya dipersiapan saja, ketika masuk proses produksi hingga pengiriman pun protokol kesehatan harus tetap dipatuhi, ya. Tak ada salahnya mengingatkan kompetitor untuk melakukan hal yang sama demi kebaikan bersama.

 

  • Lakukan dari Rumah

Usaha kuliner bisa dilakukan dari rumah dengan menerapkan sistem pre order. So, tidak harus mengeluarkan uang ekstra untuk sewa toko apabila bujet terbatas. Siapkan personel khusus untuk mengantar pesanan atau delivery order, ya. Seperti kita ketahui bahwa di masa pandemi, orang-orang lebih nyaman melakukan segalanya dari rumah termasuk memesan makanan.

 

Tepis keraguan dan ketakutan saat hendak membuka usaha. Sobat dapat mencoba kiat membangun usaha kuliner saat pandemi ala Chef Arnold ini, ya. Semoga bermanfaat dan salam semangat menjemput rezeki, Sobat Mamake!  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.