Rabu, 14 Oktober 2020

5 Hal yang Penting Diperhatikan Para Freelancer

Hai, Sobat Mamake!


Bisa bekerja dari rumah adalah impian banyak orang, termasuk ibu rumah tangga. Tak dapat dimungkiri bahwa kegiatan yang monoton kerap membuat ibu jenuh. Terlebih jika sebelumnya sang ibu merupakan wanita karir.

Terbiasa berinteraksi dengan bermacam orang, merasakan hiruk pikuk kantor, tentu berbanding terbalik dengan suasana rumah. Sobat Mamake tidak akan sesibuk ketika bekerja. Ruang gerak pun terbatas. Bagi Sobat yang ingin tetap bekerja dari rumah setelah menikah, bisa menjajal profesi freelancer, lo. Nah, sebelum terjun menjadi pekerja lepas, perhatikan beberapa hal penting di bawah ini!

 

Freelancer

 

 

1.     Menyiapkan Portofolio

Mempersiapkan portofolio akan membantu Sobat dalam mendapatkan klien. Contohnya apabila Sobat memiliki keahlian menulis artikel. Sobat Mamake bisa menambah portofolio dengan cara menjadi kontributor di berbagai media online, mengirim naskah ke media cetak, mengikuti lomba menulis artikel, atau rutin mengisi blog.

Prestasi dan sampel artikel bisa Sobat cantumkan juga dalam lembar portofolio yang akan diajukan ke klien. Semakin tinggi jam terbang, maka kepercayaan klien untuk memilih bekerja sama dengan kita pun akan meningkat.

 

2.     Ketahui Keahlian

Freelancer merupakan profesi yang cukup diminati belakangan ini. Nah, untuk mendapatkan lebih banyak peluang kerja, Sobat harus tahu apa saja keahlian yang dimiliki. Misalnya, menulis, editing naskah, desain, layouting, copywriting, dan sebagainya. Makin banyak keterampilan yang dipunyai, semakin bagus dan terbuka peluang mendapatkan proyek.


3.      Mempromosikan Diri

Sudah punya segudang prestasi serta beragam keterampilan, kini saatnya unjuk gigi. Promosikan diri Sobat melalui berbagai media sosial. Namun, pastikan dulu Sobat Mamake ingin dikenal sebagai apa.

Kalau mau dikenal khalayak sebagai penulis artikel, Sobat harus lebih banyak memposting hal-hal yang berkaitan dengan artikel. Misalnya trik menulis artikel, sesekali selingi dengan prestasi atau bagi link artikel yang pernah Sobat tulis di media maupun blog. Cara ini akan membuat orang semakin mengenal kita sebagai penulis artikel.

 

4.      Mengenali Klien

Sobat harus tahu siapa saja target pasar atau klien yang hendak disasar. Sebutlah Sobat ingin menjadi penulis biografi. Sebelum memulai, tentunya Sobat harus punya daftar narasumber yang akan digali kisah inspiratifnya untuk kemudian dituangkan dalam sebuah buku.

Jika Sobat sudah tahu siapa klien atau calon pengguna jasa Sobat, perluas jaringan dengan masuk ke berbagai komunitas atau kelompok. Karena umumnya sosok yang ditulis biografinya adalah tokoh-tokoh berpengaruh, seperti, pebisnis, seniman, dan sebagainya. Maka, jangan ragu untuk masuk ke lingkaran atau komunitas para pebisnis maupun seniman. Dengan demikian, Sobat pun lebih mudah memperoleh klien.

 

5.      Mengatur Keuangan

Freelancer tak selalu panen proyek. Terkadang juga tidak ada pekerjaan sama sekali. Nah, kemampuan mengatur keuangan dengan baik sangat dibutuhkan para freelancer. Kita tidak tahu sampai kapan pekerjaan tetap ada atau bahkan menurun drastis. Dengan pengaturan keuangan yang tepat, ketika proyek berkurang, Sobat tidak akan kebingungan karena kehabisan uang.

 

Demikian hal-hal penting yang wajib diperhatikan para freelancer. Menjadi pekerja lepas memang sangat menyenangkan sebab bisa dilakukan dari mana dan kapan saja, sehingga cocok untuk ibu rumah tangga. Sobat hanya perlu mengatur waktu agar urusan rumah dan pekerjaan dapat berjalan seimbang.  

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.