Jumat, 25 September 2020

7 Kiat Meningkatkan Kemampuan Menulis

Hai, Sobat Mamake!

Semua orang bisa menulis. Pernyataan ini benar adanya. Sama halnya dengan memasak atau berkebun, sejatinya menulis bukan sekadar bakat. Kita bisa mempelajari serta mengasah keterampilan yang satu ini asal ada niat juga kemauan.

Akan tetapi, banyak penulis terutama yang mengaku masih pemula, merasa sulit menuangkan ide atau gagasan ke dalam bentuk tulisan. Ada yang mencari kalimat pembuka saja berjam-jam. Bolak-balik ubah naskah yang sudah digarap setengah jalan dengan alasan kurang menarik. Bahkan ada juga yang kerap mengalami writer’s block di tengah proses penulisan. Nah, apakah Sobat merasa kesulitan saat memulai atau ingin meningkatkan kemampuan menulis? Yuk, coba beberapa kiat di bawah ini!

 


 

 

1.      Tentukan Waktu yang Tepat

Setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda-beda. Hal ini membuat seseorang tidak dapat menggunakan standar orang lain untuk diterapkan dalam kehidupannya. Nah, dalam hal menulis, Sobat harus benar-benar mengamati kapan waktu paling produktif Sobat sehingga bisa menghasilkan tulisan utuh. Menulis di waktu yang kurang tepat, misalnya, saat orang-orang di rumah sudah terjaga, ketika anak aktif, atau bad mood, justru akan menghasilkan tulisan yang berantakan.

 

2.      Konsisten Berlatih Menulis

Apakah latihan menulis harus setiap hari? Ini tergantung masing-masing orang, ya, Sobat. Terkadang kita menemui seseorang yang mudah bosan. Bila Sobat Mamake termasuk tipe seperti ini, hindari menulis setiap hari. Buat jadwal latihan menulis dua hari sekali atau tiga hari sekali plus jamnya. Poin pentingnya adalah konsisten. Asal terus diasah, keterampilan yang dibutuhkan hampir di semua bidang ini pun akan kian berkembang.

 

3.      Mengikuti Kelas Menulis Online

Ikut kelas menulis? Ah, buang-buang uang saja! Jujur, adakah di antara Sobat yang pernah berpikir demikian? Sejatinya tidak ada hal yang sia-sia, lo. Sebab segala keputusan yang diambil seseorang tentu sudah dipikirkan matang-matang dan disesuaikan dengan kebutuhan. Termasuk saat Sobat memutuskan ikut kelas menulis online baik berbayar maupun gratis. Pastinya sebelum ikut, kita sudah mengukur kemampuan serta waktunya. Apakah kita mampu mengerjakan tugas? Dapatkah membagi waktu antara belajar di kelas dengan kesibukan lainnya?

 

4.      Perbanyak Membaca

Membaca dan menulis merupakan dua kegiatan yang saling mengisi. Seorang penulis yang baik umumnya juga pembaca yang cermat. Membaca bukan sebatas membuka buku atau melihat-lihat ebook saja. Kegiatan yang bagi sebagian orang menyenangkan ini justru mampu meningkatkan kemampuan menulis. Yaps, membaca membuat Sobat lebih kaya kosa kata juga pengetahuan. Dengan demikian, Sobat tidak akan kehabisan ide juga bahan tulisan.

 

5.      Berkomunitas

Mencari komunitas penulis juga penting dilakukan guna meningkatkan kemampuan. Dengan aktif di berbagai komunitas, Sobat akan bertemu lebih banyak orang. Kita pun bisa mempromosikan buku atau karya kita, lo. Di samping itu komunitas menulis mampu mengawal kita agar senantiasa aktif berkarya. Malu, kan, kalau sudah jadi member terus malas bergerak? Enggak enak juga melihat teman-teman satu komunitas semangat berkarya sementara kita jalan di tempat.

 

6.      Minta Saran dan Kritik

Saran serta kritik yang membangun sangat berarti bagi seorang penulis. Namun, tak dapat dimungkiri bahwa terkadang ada pihak yang melontarkan sindiran maupun hujatan terhadap karya seseorang. Jika hal ini terjadi pada Sobat, tutuplah telinga untuk hal-hal negatif. Ambil yang positif dan bermanfaat saja. Sebagai manusia kita harus sadar bahwa kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Di antara sekian banyak yang suka, pasti ada segelintir yang tak suka.

 

7.      Teknik Free Writing

Buntu dan merasa tidak tahu mau menulis apa? Free writing wajib Sobat coba. Teknik menulis bebas yang memungkinkan kita menuliskan apa saja yang terlintas, tanpa harus memikirkan typo, tanda baca, EBI, dan segala teknik menulis. Dengan melakukan free writing, ide-ide akan bermunculan dan pastinya kebuntuan bakal teratasi.

 

Meningkatkan kemampuan menulis sebenarnya bisa dilakukan dengan cara-cara sederhana. Kita cukup menumbuhkan niat serta semangat. Semoga dengan melakukan kiat-kiat di atas kemampuan menulis Sobat semakin berkembang, ya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.