Selasa, 29 September 2020

7 Jenis Tanaman Hias Gantung yang Cocok untuk Lahan Terbatas

Memperindah rumah dengan beragam tanaman hias gantung menjadi salah satu aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan selama pandemi. Selain unik dan mempunyai bentuk beragam, tanaman sejenis ini pun sangat pas untuk Sobat Mamake yang tidak punya lahan luas. Yaps, cukup digantung sudah bisa membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman. Lantas apa saja jenis tanaman hias gantung yang cocok bagi lahan terbatas?

 


1.      Geranium

Tentunya Sobat sudah pernah mendengar nama tanaman cantik ini. Geranium mempunyai warna bunga merah, merah muda, putih, serta ungu dan dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk. Apabila Sobat memilih geranium sebagai salah satu tanaman penghias rumah, hindari terpapar sinar matahari terlalu lama, ya. Geranium akan tumbuh dengan baik di tempat yang sejuk. Jangan lupa untuk menyiram juga memberi pupuk secara teratur.

 

2.      Anggrek

Tanaman indah ini bisa diperoleh dengan mudah di lapak-lapak penjual tanaman hias. Terdapat bermacam jenis bunga anggrek yang bisa Sobat pilih antara lain, anggrek bulan dengan kelopak berwarna putih, anggrek sendok yang umumnya mempunyai warna kuning terang, atau anggrek hitam yang menawan.

 

Cara merawat anggrek supaya pertumbuhannya optimal pun cukup mudah. Selain melakukan penyiraman dan pemupukan secara teratur, Sobat juga harus memilih pot yang mempunyai lubang cukup di bagian bawah. Hal ini bertujuan agar tanaman anggrek tidak membusuk karena terendam air berlebih. Oh, ya, tanaman dengan bunga cantik ini akan tumbuh lebih baik jika diletakkan dekat dengan sumber air, misalnya menaruhnya di sekitar kolam ikan. Suasana lembap membuatnya berkembang sempurna.

 

3.      Sirih Gading

Dikenal bandel, tanaman berdaun hijau dengan corak kuning tersebut sebenarnya bisa pula ditanam tanpa tanah, lo. Cukup letakkan di dalam vas berisi air, maka tanaman yang juga populer dengan sebutan sulang di kalangan para pencinta tanaman hias ini dapat tumbuh subur. Sirih gading ada beragam jenis misalnya, sirih gading kuning, putih, dan silver.

 

4.      Wijaya Kusuma

Wijaya kusuma memiliki daun serta batang berwarna hijau, kaku, dan keras. Bunganya berwarna putih dengan bau wangi yang khas. Tanaman ini tergolong langka sehingga banyak orang memburunya.

 

Uniknya bunga wijaya kusuma hanya mekar di malam atau jelang dini hari. Mitos orang-orang zaman dahulu, siapa yang mendapatkan bunga wijaya kusuma yang mekar maka akan memperoleh keberuntungan. Sama seperti tanaman lainnya, wijaya kusuma memerlukan sinar matahari serta air yang cukup. Tak lupa bersihkan tanaman sehingga hama tidak berkembang dan merusaknya.

 

5.      Spider Plant

Dikenal sebagai tanaman pembersih udara, spider plant mampu tumbuh hingga 60 cm. Tanaman dengan daun bergaris putih atau kekuningan ini tumbuh menjuntai dan mampu menciptakan suasana nyaman dan asri. Sejatinya tanaman berbatang kokoh asli Afrika Selatan ini bisa hidup di atas tanah, tetapi karena ia mampu merambat dan daunnya pun menjuntai, banyak orang menanamnya pakai pot gantung.

 

Dibandingkan dengan tanaman hias lainnya, spider plant termasuk jenis yang tidak membutuhkan perawatan khusus. So, enggak heran bila banyak orang memilih tanaman laba-laba guna memperindah hunian.

 

Demikian jenis-jenis tanaman hias gantung yang bisa Sobat pilih untuk mempercantik taman atau ruangan. Buat Sobat Mamake yang punya lahan terbatas, tidak perlu bingung. Kini banyak dijual tanaman hias gantung atau rambat yang tentu sangat tepat jadi pilihan. Nah, di antara beberapa tanaman hias gantung di atas, Sobat sudah punya yang mana, nih?  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.