Rabu, 16 September 2020

5 Kiat Membantu Si Kecil Mengatasi Fobia


Halo, Sobat Mamake!

Fobia merupakan rasa takut yang berlebihan ketika melihat suatu benda atau berada di situasi tertentu. Banyak hal yang bisa membuat anak mengalami ketakutan ekstrem misalnya, ketinggian, laba-laba, kecoa, anjing, balon, dan sebagainya.

Sebenarnya jika fobia anak tidak mengganggu kesehatan maupun kehidupan sehari-hari si kecil, tak masalah, ya, Sobat. Namun, kita perlu waspada apabila fobia yang dialami buah hati berlangsung dalam jangka waktu lebih dari enam bulan atau dirasa tidak masuk akal. Segeralah konsultasikan kepada ahli jika si kecil mengalami dua tanda ini. Menghilangkan fobia anak bukanlah hal yang mudah, tetapi kita harus tetap membantu si kecil agar terbebas dari rasa takut berlebihan. Berikut  kiat simpel membantu anak terbebas dari fobia.

 

 

1.      Paparkan Fakta

Sewaktu anak mengungkapkan ketakutannya terhadap suatu hal, terkadang sebagai orang tua kita merasa hal yang ditakuti itu sepele. Sebagai contoh, anak berkata bahwa ia takut balon. Tindakan yang harus Sobat lakukan adalah menerima bahwa ketakutan anak merupakan hal yang nyata. Hindari mengejek atau meremehkan pandangannya terhadap sesuatu yang membuatnya takut. Selanjutnya, Sobat Mamake bisa menjabarkan berbagai fakta terkait hal yang ditakuti buah hati. Dengan demikian anak akan lebih mengerti dan perlahan berpikir bahwa ternyata apa yang ia takuti tidak semenyeramkan bayangannya.

 

2.      Ajak Anak Diskusi

Ajaklah si kecil untuk berbicara dari hati ke hati. Diskusikan tentang hal yang memicu ketakutannya. Kemudian beri dukungan dengan kalimat-kalimat yang positif sehingga anak pun akan merasa lebih tenang.

 

3.      Melatih Anak Mengatasi Rasa Takut

Cara yang bisa Sobat lakukan guna membantu anak mengatasi fobia selanjutnya ialah melatihnya mengatasi rasa takut. Misalnya untuk anak yang takut ketinggian. Langkah awal, Sobat dapat mengajaknya naik ke lantai dua suatu gedung atau bangunan. Minta anak untuk melihat pemandangan yang indah dari atas. Mungkin jika baru pertama kali, belum ada perubahan apapun. Akan tetapi, jika dilakukan secara rutin, maka ketakutannya terhadap ketinggian akan berkurang.

 

4.      Ajari Cara Menilai Rasa Takut

Mengukur rasa takut anak bisa dilakukan dengan memintanya menyebutkan seberapa besar rasa takutnya. Katakan bahwa angka satu menunjukkan ketakutan ringan sampai dengan yang paling tinggi adalah angka sepuluh yang artinya benar-benar takut. Tanyakan di angka mana kira-kira ketakutan yang ia rasakan.

 

5.      Memberi Semangat

Jadilah pelindung dan senantiasa beri semangat kepada si kecil supaya bisa mengalahkan rasa takutnya. Jika bertemu dengan hal yang ditakuti, biarkan anak menjadikan Sobat sebagai tempat berlindung. Jadi, saat anak mendekati obyek yang ia takuti, si kecil bisa kembali pada Sobat atau memeluk kita sebelum mendekat lagi.

 

Mengalahkan rasa takut bukan hal yang mudah. Awali dengan menanamkan rasa nyaman dalam diri buah hati. Terimalah bahwa si kecil memang takut terhadap suatu hal, lalu beri edukasi sehingga fobianya tidak berkembang dan semakin parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.