Minggu, 05 Juli 2020

Perhatikan 4 Hal Ini Apabila Sekolah Dibuka Kembali




Halo, Sobat Mamake!

Siapa yang menyangka adanya wabah COVID-19 dapat mengubah kebiasaan belajar mengajar secara tatap muka menjadi sistem online. Keadaan yang belum sepenuhnya aman membuat kita harus ekstra sabar mengajari si kecil di rumah. Guru juga ikut memantau melalui aplikasi atau grup-grup khusus belajar mengajar yang sudah dibuat. Tetapi, tanpa kontak fisik atau bertemu secara langsung rasanya penyampaian ilmu menjadi kurang efektif.

Terkait penjelasan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan lewat video telekonferensi yang dilakukan pada hari Senin (15/6/2020) seperti dilansir tribunnews.com, sekolah akan tetap dibuka pada tahun ajaran baru dimulai dari tingkat SMP ke atas. Itu pun tidak diperuntukkan bagi semua sekolah. Hanya yang berada di zona hijau saja yang bisa mulai sistem belajar mengajar tatap muka. Tentunya dengan tetap mematuhi aturan atau protokol kesehatan. Sementara untuk tingkat SD ke bawah meski berada di zona hijau, masih belum bisa melaksanakan pembelajaran seperti biasanya.  Lantas apa saja yang harus diperhatikan apabila sekolah dibuka kembali?

Sumber: Pixabay


  • Mengingatkan Untuk Menjaga Jarak
Sebagai orang tua kita tentu merasa khawatir melepas buah hati untuk kembali bersekolah di tengah keadaan yang belum normal. Jangan bosan untuk mengingatkan anak agar selalu menjaga jarak dan pastikan pula pihak sekolah mempersiapkan segalanya dengan baik. Kursi dan meja yang diubah posisinya menjadi berjarak, tak lupa pengaturan waktu makan siang dan istirahat, supaya siswa tidak berkerumun.

  • Gunakan Alat Pelindung Diri
Alat pelindung diri (APD) juga wajib dibawa ketika bersekolah. Bukan hanya murid, tetapi semua pihak yang ada di sekolah pun harus menggunakan APD demi keamanan dan kenyamanan bersama. Masker, face shield, sarung tangan, harus ready, ya, Sobat. Kalau perlu bekali buah hati dengan hand sanitizer dalam kemasan kecil supaya praktis dibawa kemana-mana.

Sumber: Pixabay


  • Bekerja Sama dengan Pihak Sekolah
Penting bagi orang tua untuk aktif dan selalu terhubung dengan pihak sekolah.  Senantiasa mengingatkan pihak sekolah agar memantau semua siswa. Jika perlu, tiadakan kegiatan sosial yang memancing berkumpulnya banyak orang. Sebagai contoh, kegiatan bazar tahunan, pertandingan olahraga, seminar, dan sebagainya.

  • Memperhatikan Psikologis Anak
Tidak semua anak bisa beradaptasi dengan cepat. Ada anak yang karakternya pemalu dan sulit beradaptasi. Jika buah hati Sobat termasuk golongan ini, jangan sungkan untuk mengomunikasikan dengan para guru atau wali kelas. Langkah ini penting agar guru bisa membantu anak kita lebih cepat menyesuaikan diri dengan keadaan yang pastinya berbeda dengan sebelumnya.

Kendati PSBB sudah dicabut dan sekolah akan dibuka kembali, kita harus tetap berhati-hati. Jangan lengah atau meremehkan pandemi. Lakukan upaya maksimal untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. Tak lupa selalu berdoa bagi keselamatan kita bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.