Jumat, 24 Juli 2020

5 Tips Membangun Bisnis Bersama Pasangan


Halo, Sobat Mamake!

Salah satu kriteria dalam memilih partner bisnis yang tepat adalah bisa dipercaya. Sayangnya, mencari mitra yang jujur sangat sulit dilakukan jika kita belum mengenal dengan baik satu sama lain. Jika terburu-buru membangun kerja sama dengan orang yang belum kita kenal luar dalam, bisa saja di tengah jalan akan ada masalah yang justru mengakibatkan kemunduran usaha bahkan kebangkrutan.

Sumber: Hipwee-iStock
 
Oleh sebab itu, berbisnis bersama pasangan adalah pilihan tepat. Tentunya kita telah mengenal karakter pasangan, passion, hobi, dan sebagainya. Dengan demikian sejatinya akan lebih mudah memajukan usaha tersebut. Akan tetapi, sebelum memulai usaha dengan pasangan, perhatikan beberapa hal di bawah ini supaya bisnis yang dijalankan cepat melesat.


  • Pastikan Memiliki Visi dan Misi yang Sama
Sebelum memutuskan bisnis apa yang hendak dibuka atau produk apa yang akan dipasarkan, pastikan bahwa Sobat dan pasangan mempunyai visi dan misi yang sama. Luangkan waktu untuk membicarakan rencana usaha, visi, misi, termasuk target yang hendak dicapai.

  •  Menjunjung  Sikap Profesional
Setelah bisnis berjalan, bersikaplah profesional dan adil. Jalankan tugas masing-masing, buat jadwal, job desc yang jelas, dan daftar kegiatan yang harus dilakukan Sobat atau pasangan setiap harinya. Jangan karena merasa partner bisnis adalah pasangan sendiri, kita malah santai dan bertindak sesuka hati, ya. Ketika ada masalah, hindari sikap baper atau justru saling menyalahkan. Duduk bersama dan berkomunikasilah dalam kondisi kepala dingin. Cari solusi terbaik dari permasalahan yang ada.

  • Saling Menghargai dan Terbuka
Tidak sepatutnya kita bersikap seenaknya meski partner bisnis adalah pasangan sendiri. Hargai dan hormatilah mitra usaha sebagai orang yang berperan penting dalam bisnis.  Perlu juga untuk terbuka dalam segala hal yang krusial sebagai contoh, catatan keuangan, utang piutang, ketersediaan bahan baku, dan sebagainya.

  • Belajar dari Pasangan Lainnya
Sebagai pasangan yang baru merintis usaha bersama, kita tentu akan dihadapkan pada tantangan dan permasalahan yang rumit. Terasa tak mungkin bisa diatasi sebab kita belum tahu ilmunya. Maka dari itu, belajarlah dari pasangan pebisnis yang sudah lebih dahulu mengawal usaha bersama-sama. Catatlah bagaimana cara mereka mencari solusi atas segala permasalahan yang timbul dan trik supaya lancar dalam menjalankan usaha bersama.

  • Pengambilan Keputusan
Hindari mengambil keputusan atas dasar perasaan.  Junjung tinggi profesionalitas selama berbisnis. Berani menolak usul atau saran yang kurang baik diterapkan dalam usaha, kendati itu buah pemikiran pasangan kita. Berpikir rasional dan jernih saat sedang berdiskusi.

Sebagian orang memang merasa kurang nyaman membangun usaha bersama pasangan. Namun, sebetulnya jika dilakukan dengan benar dan profesional, berbisnis bersama bisa makin merekatkan hubungan, lo. Hanya perlu memperhatikan beberapa hal seperti yang telah dibahas sebelumnya supaya usaha bisa melesat. Sobat, berani menjajal membangun usaha bersama pasangan?

1 komentar:

  1. saya lagi menjalani ini, thanks. artikel yang menarik. linkback ya

    BalasHapus

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.