Jumat, 24 Juli 2020

5 Tantangan Kewirausahaan Bagi Calon Womenpreneur




Hai, Sobat Mamake!

Salah satu pilihan pekerjaan yang tidak terikat waktu atau berpatokan pada usia adalah wirausaha. Yes, Sobat Mamake bisa membuka usaha kapan saja, memulai berbisnis di usia berapa pun. Bagi para lelaki menjadi wirausahawan mungkin lebih mudah dibandingkan seorang wanita. Hal ini disebabkan lelaki bisa fokus berbisnis dan tak mempunyai kewajiban di rumah sebanyak wanita.

Tantangan untuk womanpreneur tampak di depan mata, namun kita tidak boleh gentar. Bila sudah bertekad membuka usaha sendiri, lakukanlah selagi kita merasa mampu menjalankannya dengan maksimal. Lantas, apa saja tantangan kewirausahaan bagi calon womanpreneur

Sumber: Pexels



  • Manajemen Waktu
Buat Sobat Mamake yang sudah berkeluarga, masalah satu ini mungkin menjadi momok yang mengganggu pikiran. Sebagai istri sekaligus seorang ibu, kita memiliki kewajiban di rumah, mengasuh buah hati, mengurus keperluan suami, dan sebagainya. Bisa dibayangkan jika tidak mampu mengatur waktu dengan baik, semua pekerjaan pun tak akan selesai tepat waktu. Hasilnya juga kurang maksimal.

Jadi, sebelum mulai berbisnis sebaiknya pastikan dahulu apakah manajemen waktu kita sudah baik? Bisakah kita membagi waktu antara pekerjaan rumah, anak-anak, suami, dan bisnis nantinya? Jika merasa mampu, lanjutkan langkah membuka bisnis sesuai rencana Sobat.

  • Ide Bisnis Tidak Potensial
Ide bisnis bisa datang dari mana saja, namun terkadang kita tidak percaya diri untuk merealisasikan buah pikiran tersebut. Pemicunya adalah merasa ide kurang potensial, atau usaha yang Sobat pikirkan termasuk antimainstream dan belum ada di mana pun. Ada ketakutan usaha tak dapat berkembang. Kalau sudah begini, apa yang harus dilakukan? Sobat, kita tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di masa depan. Mantapkan hati untuk mencoba. Jika gagal setidaknya kita sudah pernah menjajalnya, kan?

  • Ragu dalam Memulai
Sebagai pemula, sangat wajar jika Sobat merasa ragu memulai bisnis. Takut merugi, khawatir jika usaha berhenti di tengah jalan, cemas bila dikomplain pembeli atau nantinya kurang fokus mengembangkan bisnis, merupakan beberapa masalah yang biasa terjadi. Inilah hebatnya pebisnis, Sobat. Memulai usaha membuat kita selalu bergerak, berpikir, dan melakukan inovasi. Tanamkan dalam diri bahwa berbisnis itu butuh mental baja. So, kita harus siap dengan segala kemungkinan.

  • Kurang Pengetahuan
Tanpa ilmu yang memadai, usaha tidak akan dapat melesat. Alokasikan dana dan waktu untuk selalu menambah ilmu bisnis dengan cara mengikuti berbagai kelas atau workshop kewirausahaan, menambah ilmu marketing, serta membeli buku-buku yang berhubungan dengan bisnis.

  • Permodalan
Modal juga salah satu hal yang penting dalam membangun usaha, tetapi tanpa ilmu modal bisa ludes tak bersisa. Sementara apabila mempunyai pengetahuan yang cukup, dengan modal kecil sekalipun, kita tetap bisa membangun sekaligus membuat usaha berkembang. So, jangan jadikan alasan kurang modal sehingga ragu membangun bisnis. Masa kini banyak, lo, peluang usaha modal kecil yang bisa kita jalankan.

Demikian beberapa tantangan kewirausahaan bagi calon womanpreneur. Keraguan hanya akan menghambat usaha. Lebih baik menjajalnya terlebih dahulu. Sekiranya bisnis tidak berjalan sesuai harapan, setidaknya kita telah mencoba. Jangan kapok dan lirik usaha lainnya, ya. Siapa tahu rezeki Sobat ada di bisnis yang lain. Selamat terjun ke dunia wirausaha, Sobat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.