Selasa, 14 Juli 2020

5 Manfaat Mengajak Anak Bermain di Luar Rumah


Halo, Sobat Mamake!

Apa yang membuat Sobat cemas terhadap anak? Salah satunya mungkin karena buah hati kerap bermain di luar. Sebagai orang tua tentunya kita akan diliputi kekhawatiran berlebih tatkala tidak bisa mengawasi si kecil secara maksimal. Tak heran demi membuat anak anteng di rumah, banyak orang tua malah memberikan gawai atau membebaskan anak menonton televisi tanpa kenal waktu. 

Sumber: Pixabay
 
Sobat, mendampingi buah hati terutama yang masih balita, akan terasa sebentar. Alih-alih memberikan ponsel pintar atau membiarkan anak terpapar aneka program televisi yang kurang mendidik, lebih baik membiarkannya bermain di luar. Hmm … jadi, apa saja manfaat yang diperoleh si kecil saat main bersama teman-temannya di tempat terbuka? Scroll up, ya!


  • Fisik Bugar dan Psikis Sehat
Obesitas atau penumpukan lemak di tubuh merupakan salah satu penyakit yang mengintai anak-anak masa kini. Kurangnya olahraga, intensitas bermain gawai tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik, kebiasaan mengonsumsi camilan tak sehat yang notabene mengandung banyak bahan pengawet, membuat  buah hati sangat rentan mengidap kegemukan.

Kegiatan bermain seperti berlari, memanjat, atau melompat, mampu membakar kalori sehingga anak pun akan terhindar dari obesitas. Selain itu, bermain di luar membuat si kecil semakin bahagia serta minim stres sebab bisa bercengkerama dengan teman-teman sekaligus membuang emosi negatif. Bersinggungan dengan alam yang indah, semilir angin, butiran pasir, daun-daun pepohonan, rerumputan, hangat sinar mentari, hingga gemericik air, mampu menjadi terapi relaksasi.

  • Mengembangkan Kreativitas
Berbeda dengan permainan dalam gawai yang memang dirancang sedemikian rupa sehingga hanya butuh jemari untuk menaklukkannya, main di luar lebih menantang dari itu. Buah hati kita akan dihadapkan pada hal-hal nyata. Menemukan kaleng atau botol minuman bekas, tali yang tak terpakai, potongan kertas, besi, bebatuan, batang-batang pohon, dan sebagainya. Di sini kreativitas anak akan teruji.

Bila sobat tengah bersama si kecil, arahkan dia untuk berkreasi dengan benda-benda yang ditemukan. Sebagai contoh, membuat senapan dari pelepah pisang, menciptakan mobil dari kaleng maupun botol bekas, dan lainnya. Penting diperhatikan, pastikan benda-benda yang dipilih anak bukan benda berbahaya seperti seng yang berkarat, paku, atau jarum.

  • Melatih Kemandirian
Bermain di luar dapat melatih anak agar lebih mandiri. Saat terjatuh, ia akan belajar bangun sendiri, menunggu giliran main, dan tidak takut melakukan segalanya seorang diri. Beragam keterampilan hidup pun akan didapatkan oleh si kecil, lo. Buah hati akan belajar bagaimana mengatur emosi sewaktu mendapati apa yang ada di hadapannya tak sesuai keinginan, memecahkan masalah yang menghadang, mengikuti aturan, bereksplorasi, kerja sama, serta menumbuhkan rasa kasih sayang kepada orang lain.

  • Menumbuhkan Rasa Cinta Alam
Memilih membiarkan anak bermain di luar bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap alam. Sebagai contoh, ketika si kecil bermain masak-masakan dan mencabuti tanaman dalam pot. Kita bisa memberi pengertian kepada anak supaya tak melakukannya. Beri tahu apa manfaat tanaman tersebut dan dampaknya ketika tanaman dicabuti.

Sewaktu buah hati menemukan sampah, katakan untuk membuangnya ke tempat sampah. Bermain di alam terbuka pun bisa membantu si kecil menghargai serta mencintai ciptaan Tuhan. Nah, Jika kebiasaan baik tersebut dilakukan berulang kali, lama kelamaan akan menjadi kebiasaan si kecil.
  
  • Perkembangan Sosial
Ketika bermain di luar, mau tidak mau anak bertemu dengan banyak orang. Di sinilah manfaat bermain bagi perkembangan buah hati. Anak akan berusaha secepat mungkin beradaptasi dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Bagaimana dengan anak pemalu? Jika Sobat mempunyai buah hati seperti ini, dampingi anak ketika bermain. Awalnya pasti takut, namun lama-lama anak akan terbiasa dan mampu mengusir rasa malunya.

Gawai mampu membuat anak tenang, namun apa gunanya jika lebih banyak dampak negatif mengintai. Mulai dari terganggunya kesehatan mata, berkurangnya konsentrasi, sampai ketergantungan terhadap ponsel pintar, membuatnya tak direkomendasikan sebagai teman main si kecil. Kalau Sobat sendiri lebih senang anak main di luar atau bersama gawai?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.