Kamis, 16 Juli 2020

5 Kiat Tetap Aman Menjalani Kehamilan Selama Masa New Normal


Halo, Sobat Mamake!

Apakah Sobat tengah menjalani kehamilan saat ini? Menjaga kondisi  di masa pandemi tentu bukan hal yang mudah, terlebih bagi ibu hamil. Kita dituntut agar bisa ekstra menjaga diri dan calon buah hati supaya tidak terjangkit COVID-19.  

Sumber: Pixabay



Sebagian ibu hamil merasa lebih gampang sakit dan lelah. Perlu diketahui bahwa selama kehamilan akan terjadi perubahan sistem imunitasi tubuh. Apakah itu berarti sistem imun kita melemah sewaktu mengadung? Berdasarkan sebuah penelitian, sejatinya imunitas tubuh kita tidak menurun, tetapi mengalami perubahan yang unik sebab harus melindungi dua tubuh sekaligus. Lalu bagaimana cara agar bisa tetap bugar dan aman menjalani kehamilan di era normal baru?

  • Menghindari Keramaian
Berada di rumah dalam jangka waktu lama pasti sangat membosankan, ya. Namun, melihat keadaan yang belum kunjung membaik, kita harus mengendalikan keinginan untuk keluar rumah. Hindari berkumpul atau membuat kerumunan sebab kita tidak pernah tahu akan bertemu dengan siapa. Bisa jadi ia merupakan pembawa virus corona atau berstatus sebagai OTG (orang tanpa gejala) maupun ODP (orang dalam pemantauan) yang ngeyel keluar tanpa mematuhi protokol kesehatan.

  • Kurangi Jajan
Sebagian orang memilih untuk membeli makanan di luar karena merasa lebih praktis dan hemat. Sobat juga suka jajan? Nah, bila Sobat Mamake tengah mengandung, sebaiknya kurangi kebiasaan ini, ya. Meski enak dan menggiurkan, hidangan yang dibeli di luar jelas mempunyai kandungan nutrisi yang berbeda dengan masakan sendiri. Kalau memasak di rumah, kita dapat memilih bahan-bahan segar dan berkualitas baik. Kita pun tahu pasti apa saja dan bagaimana meracik bahan mentah menjadi menu istimewa sehingga lebih higienis.

  • Rutin Berolahraga
Tidak hanya kala pandemi saja, lo. Ibu hamil diwajibkan untuk melakukan olahraga secara teratur. Dilansir dari laman motherandbaby, berolahraga antara 30-45 menit sehari bisa memberikan manfaat jangka panjang bagi ibu hamil dan calon buah hati. Ibu yang rajin melakukan aktivitas fisik suasana hatinya akan lebih baik, mual dan nyeri berkurang, serta mempermudah persalinan. Olahraga yang dianjurkan antara lain, senam hamil, yoga, pilates, dan jalan santai.

  • Tetap Terapkan Protokol Kesehatan
Sobat terpaksa keluar rumah? Jangan lupa siapkan segala perlengkapan. Gunakan masker, bawa hand sanitizer, hindari bersalaman, menyentuh area wajah, atau mengobrol dengan orang terlebih belum dikenal. Catatlah terlebih dahulu apa yang hendak dicari supaya lebih cepat bergerak.

  • Perhatikan Asupan
Seperti yang telah dibahas pada poin dua, selama menjalani masa kehamilan kita diwajibkan untuk memperhatikan asupan. Jenis makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil antara lain, telur, pisang, kacang-kacangan, jus buah, aneka sayur, ubi jalar, dan sebagainya. Kurangi olahan tepung atau makanan manis karena mengonsumsinya secara berlebihan dapat menurunkan kemampuan kognitif bayi di masa mendatang.

Menjaga kehamilan kala pandemi cukup dilakukan dengan cara sederhana. Ikuti anjuran pemerintah untuk tidak keluar rumah bila tak ada keperluan penting dan jaga tubuh tetap bugar. Ingat! Ada jiwa yang harus Sobat lindungi selain diri sendiri. Jalani masa kehamilan dengan bahagia dan sehat meski wabah masih belum pergi. Tetap semangat, Sobat Mamake!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.