Selasa, 14 Juli 2020

5 Kiat Memilih Lokasi Usaha


Hai, Sobat Mamake!

Ketika hendak membuka bisnis offline, salah satu faktor yang penting diperhatikan adalah lokasinya. Sobat perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum memutuskan hendak membuka gerai di mana. Memang, sih, jika sudah banyak peminat, produk kita akan tetap dicari ke mana pun. Namun, alangkah baiknya kita memberikan kenyamanan lebih dengan memilih tempat strategis, sehingga mempermudah pelanggan mengaksesnya.

Sumber: Pixabay
 
Pemilihan lokasi usaha yang tepat juga akan sangat berpengaruh terhadap melejitnya bisnis, lo. Awas! Salah pilih tempat bisa berdampak pada penurunan omset yang berujung pada melemahnya usaha kita. Sayang kalau harus mulai dari awal lagi, bukan? Inilah beberapa tips memilih lokasi bisnis yang tepat.


  • Perhatikan Target Pasar
Hal pertama yang harus Sobat perhatikan ketika hendak menentukan tempat usaha adalah target pasar. Sebagai contoh, produk yang Sobat jual diperuntukkan bagi anak-anak sekolah, maka carilah lokasi yang dekat dengan gedung sekolah, kampus, dan sebagainya.

Jika hendak membuka jasa laundry, Sobat harus mencari tempat yang berdekatan dengan hunian para pekerja atau mereka yang sibuk. Orang-orang yang punya aktivitas di luar umumnya sudah lelah ketika kembali ke rumah. Mereka pun enggan mengerjakan pekerjaan rumah yang lumayan menguras tenaga seperti mencuci atau menyetrika. Memilih lokasi di sini tentu akan berdampak baik bagi usaha, sebab lebih banyak yang datang untuk menggunakan jasa kita.

  • Mudah Diakses
Pastikan lokasi yang Sobat pilih mudah diakses, memiliki jaringan komunikasi, jaringan listrik, dan internet yang memadai. Lokasi yang sulit dijangkau, akan membuat pelanggan malas untuk datang kembali dan memilih beralih ke gerai lain yang lebih mudah diakses. Lebih baik membuka usaha berdekatan dengan fasilitas umum seperti lapangan, taman, pasar, halte, dan sebagainya.

  • Kompetitor
Tak ada salahnya untuk berjalan-jalan memantau kondisi sebelum membuka usaha di suatu tempat. Jika sobat merasa sudah banyak penjual dengan produk yang sama, sebaiknya cari lokasi lain, ya. Tetapi, apabila lokasi tersebut hanya ramai oleh pedagang dengan produk lain, tak apa memilih berjualan di sana. Ini justru berpotensi menarik pembeli untuk mencoba produk Sobat.

  • Sesuaikan dengan Bujet
Mendirikan usaha offline sangat berbeda dengan bisnis online. Kita harus membeli berbagai perabot dan memikirkan lokasi terbaik yang sekiranya mampu mendatangkan lebih banyak pembeli. Nah, bagi Sobat yang ingin menyewa ruko atau toko, sesuaikan dengan dana yang dimiliki. Bila bujet tidak mencukupi, meski lokasinya ramai, sebaiknya berhenti. Jangan memaksakan diri apalagi sampai berutang, ya.

  • Tingkat Kebersihan dan Keamanan
Tempat yang bersih akan membuat pengunjung betah dan senang datang lagi. Selain itu, keamanan juga harus menjadi perhatian Sobat. Keamanan lokasi menjadikan pelanggan tak cemas ketika harus parkir atau meninggalkan kendaraanya.

Lokasi yang tepat mampu memberikan dampak positif bagi bisnis Sobat. Usaha akan lebih cepat berkembang dan dikenal. So, buat Sobat yang hendak menjajal usaha offline, perhatikan pemilihan lokasi bisnisnya, ya. Semoga lekas melejit dan bisa menghasilkan pendapatan sesuai harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.