Selasa, 30 Juni 2020

Cabai Sebagai Kawan


Hai, Sobat Mamake!
Cabai termasuk bumbu dapur yang tidak boleh ketinggalan setiap kali kita memasak. Cabai bisa termasuk buah atau sayur tergantung untuk apa kita menggunakannya. Buah karena cabai mengandung biji, sayur karena lebih sering digunakan dalam masakan. Sob, cabai juga bisa dijadikan obat herbal, lho. Rasa pedas yang dihasilkan oleh zat capsaicin mengandung banyak manfaat terutama sebagai zat anti kanker. 

Sobat Mamake hobi dengan makanan pedas? Kabar baiknya, cabai yang mempunyai nama latin Capsicum annuum L mempunyai manfaat khusus bagi kesehatan, lho.  Yuk, kita simak apa saja manfaatnya. 

 
Sumber: Pixabay






  • Mengatur gula darah dan membakar lemak
Rasa pedas dalam cabai membantu proses pembakaran lemak, kemudian menjaga insulin dalam tubuh menjadi seimbang. Hal ini bagus bagi Sobat Mamake yang sedang menjalani diet.

  • Mengurangi rasa sakit
Rutinitas rumah tangga yang banyak menyita waktu dan tenaga pasti membuat Sobat Mamake lelah, dan kerap kali merasakan sakit dan pegal di sekujur tubuh. Pernah Sobat Mamake memerhatikan kandungan dalam koyo, balsem atau obat gosok untuk menghilangkan nyeri otot? Salah satunya bahannya adalah Capsaicin. Kandungan cabai ini yang meredakan nyeri pada sendi. 

Lalu, menyantap makanan pedas dapat membuat rasa sakit itu berkurang, Sobat Mamake akan fokus terhadap rasa pedas itu, sehingga meredakan rasa sakit pada tubuh.

  • Mengurangi Kerontokan Rambut
Ya, Sob. Ternyata kandungan capsaicin pada cabai ini berkhasiat sebagai anti inflamasi dan antioksidan. Ini berfungsi untuk meningkatkan aliran darah sehingga menyehatkan kulit kepala dan rambut. Campurkan bubuk cabai dan minyak kelapa atau minyak zaitun, buatlah seperti pasta. Lalu oleskan ke kulit kepala secara merata dan diamkan selama 30 menit. Cuci dengan shampoo dan bilas hingga bersih.

  •  Menyembuhkan pilek
Jika cuaca sedang tidak menentu, tidak jarang kita terserang pilek. Hidung tersumbat dan tenggorokan yang gatal memang terasa tidak nyaman. Beruntung bagi Sobat Mamake yang menyukai makanan pedas. Sensasi rasa pedas dari cabai dapat melonggarkan hidung yang tersumbat.

Obat Sariawan
Takut makan pedas karena sedang sariawan? Justru itu dapat menyembuhkan sariawan Sobat Mamake. Cabai banyak mengandung vitamin C yang diperlukan bagi tubuh untuk meningkatkan imunitas dan kemampuan memperbaiki sendiri sel-sel yang rusak.

Sob, wanita memang identik dengan makanan pedas. Namun, Sobat Mamake tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi cabai karena bisa mengganggu saluran pencernaan dan meningkatkan asam lambung yang bisa mengakibatkan mag.
Bagaimana Sob, siap berkawan dengan cabai?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.