Minggu, 21 Juni 2020

7 Cara Promosi Buku yang Efektif dan Mudah Dilakukan




Hai, Sobat Mamake!

Setelah kita menelurkan sebuah buku, tugas tak lantas selesai. Masih ada hal yang harus dilakukan yaitu turut mempromosikan karya. Kendati dari pihak penerbit pasti juga bergerak memperkenalkan buku kita kepada khalayak ramai, namun kita sebagai penulis jangan pasif, ya.

Semua penerbit senang bila bekerja sama dengan penulis yang humble dan aktif. Apalagi jika kita memang mempunyai komunitas dan terbiasa bersikap hangat kepada seluruh anggota. Ini keren banget, deh! Di era serba cepat seperti sekarang, kita pun dituntut lebih kreatif dalam berkarya dan promosi supaya penjualan buku terdongkrak. Lalu bagaimana cara promosi buku yang efektif dan mudah dilakukan?

 
Sumber: Pixabay


  • Membuka Pre Order
Pre order dapat dilakukan jika buku sudah mau terbit. Bila ragu tak ada salahnya Sobat tanyakan lagi kepada editor tentang jadwal terbit dan kapan buku kita masuk proses cetak. Setelah memperoleh kepastian, kita pun bisa meminta contoh cover buku pada penerbit sebagai bahan untuk beriklan di media sosial. Biasanya pre order begitu dinantikan oleh para pencinta buku, sebab mereka bisa memperoleh buku baru dengan potongan harga khusus.

  • Aktif di Media Sosial
Sebagai penulis kita dituntut produktif berkarya juga aktif di media sosial. Sesekali boleh memajang cover buku terbaru disertai spesifikasinya seperti, sinopsis atau blurb, harga, jumlah halaman, dan lainnya. Disarankan memperbanyak unggahan yang menarik perhatian teman-teman dumay. Misalnya saja dalam bentuk quote yang inspiratif, meme lucu, atau foto kocak bersama buku kita ditambah caption yang unik.

  • Mengirimkan Buku Kepada Peresensi
Mempunyai kenalan peresensi buku, jangan disia-siakan, Sob. Kita bisa menggandeng beberapa teman yang suka meresensi untuk dikirimi buku terbaru. Kalau ulasan mereka muncul di surat kabar atau majalah, bisa dibayangkan berapa pasang mata yang membaca resensi tersebut. Ini akan berdampak positif  bagi penjualan buku kita. Siapa tahu di antara pembaca koran tersebut ada yang memang sedang membutuhkan atau mencari buku kita.

  • Promosi Silang
Promosi silang artinya kita bekerja sama dengan penulis lain untuk mempromosikan karya mereka, namun mereka pun harus memperkenalkan buku kita. Jadi, saling dukung dan membantu iklan. Senang sekali, deh, jika ada teman yang support. Terlebih kalau mereka membeli buku kita. Wih, makin happy! Jangan lupa kalau nanti teman kita lahiran buku, kita beli juga sebagai bentuk dukungan serta apresiasi, ya.

  • Membuat Book Trailer
Semua orang pasti suka menonton film. Karena itulah membuat book trailer cocok dilakukan untuk kepentingan promosi karya. Tidak jauh berbeda dengan video trailer film, book trailer ini berisi cuplikan ringkas isi buku kita. Video book trailer yang kita buat akan membantu para pembaca agar mempunyai gambaran secara visual tentang isi buku kita.

  • Promosi Offline
Promosi online memang efektif dilakukan di masa kini, tapi jangan lupa pula untuk gencar beriklan di dunia nyata, ya. Kita bisa menjadwalkan on air di radio atau melakukan pertemuan hingga bincang santai tentang buku baru kita dengan anggota komunitas tertentu.

  • Mengadakan Give Away
Gelar kuis atau give away di media sosial. Hindari membuat pertanyaan yang sulit. Ingat tujuan kita membuat give away adalah untuk menarik sebanyak-banyaknya orang supaya melihat status kita sekaligus memperkenalkan buku terbaru. Kalau pertanyaannya sulit, yang ikut juga tidak akan banyak, Sobat. Sayang, bukan?

Jadi penulis masa kini tak boleh pasif. Kita harus menjalin kerja sama yang baik dengan penerbit dan rekan kerja. Be humble, kreatif, dan jangan berhenti belajar. Ingatlah bahwa pembaca adalah pendukung kita untuk terus berkarya. So, suguhkan karya terbaik bagi mereka. Maka kita pun akan memperoleh hasil yang tidak disangka-sangka.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.