Kamis, 18 Juni 2020

5 Tips Tetap Produktif Bekerja Saat Work From Home




Hai, Sobat Mamake!

Sejak wabah COVID-19 merebak di Indonesia, kantor-kantor pun mulai menerapkan aturan kerja baru yaitu work from home atau bekerja dari rumah bagi para karyawan. Bekerja dari rumah memang terdengar ideal dan menyenangkan, sebab kita tidak harus meninggalkan keluarga untuk berkantor seperti biasa. Benarkah sesimpel itu? Pada praktiknya, bekerja dari rumah tidak semudah yang dibayangkan.

Berbeda dengan suasana kantor, situasi di rumah terkadang tak memungkinkan  kita untuk produktif bekerja. Tangisan si kecil, suara-suara bising dari luar, ditambah pekerjaan rumah tangga yang seakan tidak pernah habis, merupakan beberapa hal yang pastinya bisa mengacaukan mood Sobat kala tengah bekerja. So, diperlukan trik khusus agar kita dapat bekerja dari rumah dengan baik dan optimal. Berikut beberapa tips tetap produktif selama bekerja dari rumah.

Foto oleh Water bottell dari Pexels



  • Membuat To Do List
Buatlah daftar kegiatan atau pekerjaan yang hendak kita lakukan esok hari. To do list sangat berguna agar Sobat tidak bingung mau melakukan apa dan mana pekerjaan yang harus didahulukan. Waktu pun akan lebih efektif dan efisien. Mulailah dari tugas yang mendesak atau sangat penting. Selanjutnya barulah melakukan aktivitas lainnya.

Foto oleh Anna Shvets dari Pexels

  •  Pastikan Komunikasi Lancar
Kunci sukses melakukan kegiatan jarak jauh adalah komunikasi yang lancar. Sobat bisa memanfaatkan email atau bermacam aplikasi chatting untuk melaporkan perkembangan maupun hasil kerja. Cepatlah merespon apapun yang berkaitan dengan pekerjaan sewaktu dihubungi rekan kerja atau atasan.  

Sumber: Pexels

  •  Memilih Area Kerja
Tidak semua tempat di rumah cocok untuk dijadikan area kerja. Hindari memilih kamar atau ruangan yang biasa dipakai bersantai. Cari lokasi yang tenang dan nyaman. Pemilihan area kerja yang tepat perlu dilakukan guna menunjang produktivitas, sehingga tugas kantor pun dapat selesai sesegera mungkin.

  • Pembagian Waktu yang Tepat
Apabila di kantor ada waktu khusus untuk bekerja dan istirahat, di rumah Sobat bisa melakukan apa saja tanpa batasan. Tidak ada pembagian waktu yang spesifik seperti halnya di tempat kerja. Hal ini akan membuat kita merasa bebas bergerak sesuai keinginan.
                                             
Bayangkan apabila kita melakukan segalanya mengikuti keinginan, tanpa memperhatikan batasan waktu. Bisa dipastikan stres akan melanda karena banyak pekerjaan terbengkalai dan hasil akhirnya tak sesuai harapan. Karena itu kita harus mampu membagi waktu, ya. Tentukan jam kerja, tahu kapan harus beristirahat, tidur, melakukan pekerjaan rumah, dan berapa lama bermain smart phone atau mengintip media sosial. Lakukan dengan disiplin, sehingga work from home tidak akan terasa sulit atau malah menjadi beban.

Sumber: Pexels

  • Memberikan Penjelasan Kepada Orang Rumah
Bekerja dari rumah bukan berarti kita libur. Tetap ada tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan setiap harinya. Nah, Sobat perlu menjelaskan hal ini kepada orang rumah. Dengan demikian mereka akan mengerti, sehingga tak terjadi kesalahpahaman yang berpotensi menimbulkan percekcokan atau masalah baru.

Bekerja dari rumah tidak bisa efektif jika kita tak disiplin. Kemampuan mengatur waktu dan mengelola emosi merupakan kunci utama kesuksesan work from home. Sobat yang saat ini bekerja dari rumah, sudah melakukan tips yang mana saja, nih?  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.