Selasa, 30 Juni 2020

5 Kiat Menjaga Hubungan Baik dengan Mertua




Menerima pasangan artinya kita juga harus terbuka dan menerima keluarga besarnya, termasuk mertua. Salah satu momok bagi wanita yang baru menikah adalah rasa takut akan bertemu dengan mertua yang kejam seperti dalam kisah sinetron.

Nyatanya kisah bahagia bersama mertua lebih banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dibandingkan dengan cerita yang menyedihkan. Nah, supaya Sobat merasa tenang dan senantiasa berpikir positif kepada mertua, coba terapkan beberapa kiat di bawah ini.



  • Menyayangi Selayaknya Orang Tua Sendiri
Setelah berumah tangga mertua adalah orang tua kita juga. Hindari membanding-bandingkan ayah atau ibu dari pasangan kita dengan orang tua kandung. Apalagi bila Sobat bersikap tidak adil terhadap mereka, sebut saja ketika  memberi kiriman uang atau hadiah dalam jumlah yang berbeda. Lebih banyak jatah orang tua dibandingkan mertua.

Singkirkan hal-hal buruk dan jadilah menantu yang senantiasa berpikir positif, mau menerima kelebihan dan kekurangan mertua, seperti kita sanggup menerima kekurangan suami. Bersikap hangat dan penuh empati, sayangi mereka selayaknya orang tua sendiri.

  • Menunjukkan Perhatian
Tunjukkan perhatian kepada mertua dengan cara memberinya hadiah kecil atau masakan buatan kita sesekali. Jika keluarga Sobat tinggal jauh dari mertua, tak ada salahnya menjadwalkan waktu khusus untuk berkunjung. Namun, apabila masih belum sempat, seringlah menghubunginya. Sekadar bertanya kabar atau aktivitas yang dilakukannya setiap hari, beri kesempatan mertua untuk mengobrol dengan cucu tersayang. Ini cukup menjadi pengobat rindu, lo.

  • Melibatkan Mertua dalam Batas Wajar
Libatkan mertua dalam batasan wajar semisal mengajaknya untuk memilih kado ulang tahun yang disukai suami. Penting diingat bahwa melibatkan mertua tidak bisa selalu dilakukan. Sebagai contoh ketika Sobat dan pasangan tengah dilanda masalah dalam rumah tangga. Saat seperti ini tak tepat mengikut sertakan mertua. Sebaiknya selesaikan problem berdua saja sebaik mungkin.

  • Mencari Kesamaan
Sulit akrab dengan mertua? Mungkin Sobat harus mencari kesamaan yang dimiliki. Cari tahu apa yang mereka sukai. Misalnya bila Sobat dan mertua sama-sama senang berkebun, ajaklah mereka untuk melakukan hobi tersebut. Mencari kesamaan lebih baik dibandingkan sinis dan senantiasa bersikap negatif pada mertua. Ingat bahwa kita pun manusia yang punya segudang kekurangan, ya.

  • Jadikan Teladan
Contohlah perilaku dan kebiasaan baik mertua. Terapkan dalam kehidupan Sobat. Terkadang mertua hanya ingin nasihatnya didengar. Maka dengarkanlah dengan saksama, jangan menyela atau meremehkan. Biar bagaimanapun kita adalah orang baru dan wajib bisa menyesuaikan diri secepat mungkin.

Menyayangi mertua akan membuat Sobat semakin bahagia. Bukan cuma bakal lebih disayang pasangan, Sobat pun akan semakin dihargai keberadaannya dalam keluarga baru. Jangan jadikan mertua layaknya musuh, ya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.