Rabu, 17 Juni 2020

3 Tips Menjadi Penulis Buku Anak yang Keren



Buku anak adalah kisah yang ditulis dengan sasaran pembaca anak-anak.  Jika asal tulis atau menceritakan kisah yang sebelumnya sudah pernah diangkat mungkin gampang saja, ya. Akan tetapi, bagaimana bila Sobat diminta untuk membuat cerita anak sendiri? Cerita yang berasal dari ide atau buah pemikian Sobat? Ini perkara lain. Yes, membuat buku anak memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih bagi mereka yang belum pernah menjajal dunia penulisan cerita anak. Dijamin bakal angkat bendera putih sebelum naskah selesai. 

Seperti dilansir laman mominstitute, secara umum buku anak dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Pertama ada pictorial book atau yang biasa disingkat pictbook. Buku ini hanya berisi 1-2 kalimat saja sehingga cocok untuk anak-anak usia balita. Kedua, longer picture book yang merupakan buku berisi 2-5 kalimat. Buku jenis ini diperuntukkan bagi anak yang sudah mulai bisa membaca. Ketiga adalah illustrated book yaitu buku yang diselingi dengan ilustrasi. Buku ini memuat lebih banyak teks meski masih terselip ilustrasi di beberapa halamannya. Siap untuk menjadi penulis buku anak yang keren? Simak tipsnya, ya!

Sumber: Pixabay



1.      Perhatikan Pemilihan Kalimat dan Diksi
Lain halnya dengan menulis teenlit atau novel dewasa, dibutuhkan keterampilan dan ketelitian ekstra dalam penulisan buku anak. Sobat dituntut untuk bisa memilih kosa kata serta kalimat yang tepat. Diksi dan kalimat yang mudah dimengerti anak-anak. Hindari kata-kata puitis atau ambigu yang bisa menimbulkan kebingungan bagi pembaca cilik.

Lantas bagaimana kita tahu, ya, kalau diksi atau kalimat yang digunakan sudah sesuai dengan anak-anak masa kini? Satu-satunya cara adalah perbanyak interaksi dengan anak-anak. Bergaul dengan anak dan perhatikan bagaimana cara mereka bercerita. Lihat bagaimana mereka berceloteh. Cermati tingkah polahnya. Maka secara otomatis, Sobat akan tahu mana kata dan kalimat yang pas digunakan dalam buku anak.

Sumber: Pixabay


2.      Ide yang Menarik
Sama halnya dengan penulisan novel remaja, pemilihan ide yang tepat untuk novel anak merupakan salah satu poin penentu kesuksesan sebuah buku. Hal ini disebabkan anak-anak mempunyai daya imajinasi yang berbeda dengan orang dewasa. Tak ada yang tidak mungkin bagi anak-anak. Sebagai contoh, katak yang bisa berbicara, kelinci yang pandai menyanyi, atau sikat gigi yang bisa menangis. Semua adalah sesuatu yang aneh dalam kacamata orang dewasa, tapi lumrah bagi si kecil.

Apabila Sobat ingin menjadi penulis buku anak yang keren, selamilah dunia anak-anak. Temukan sesuatu yang sederhana, namun unik sebagai ide ceritamu. Rajin mengamati serta membaca. Bukan hanya membaca buku, melainkan jeli membaca keadaan sekitar sehingga ide tulisan terus mengalir.

Sumber: Pixabay


3.      Cinta Dunia Anak
Terakhir adalah mencintai dunia anak. Sobat tidak akan dapat menciptakan karya yang unik dan mengena di hati, tanpa adanya rasa sayang kepada anak-anak. Kepedulian Sobat salah satunya dalam bentuk karya. Yaps, menelurkan buku anak berkualitas yang bisa menuntun si kecil menjadi pribadi positif dan berprestasi.
Sebelum menulis buku anak, Sobat wajib membaca bermacam buku dari penulis yang berbeda-beda. Jadi, tak sebatas buku anak saja, melainkan membaca beragam genre dan tema. Cara ini bermanfaat untuk menambah referensi. Kendati yang ditulis merupakan naskah fiksi, membaca karya penulis lain bisa memperkaya perbendaharaan kosa kata Sobat, sehingga buku yang kelak ditulis tidak akan membuat pembaca cilik lekas jenuh. So, siap jadi penulis buku anak keren?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.