Minggu, 21 Juni 2020

3 Manfaat Menulis Buku Antologi



Hai, Sobat Mamake!

Sobat pasti sudah mengenal tentang buku antologi. Ini adalah kumpulan karya dari sekelompok penulis yang dijadikan satu buku. Proyek antologi sekarang sedang menjamur. Sobat bisa memilih mau ikut menulis antologi dengan tema apa pun. Selain itu event menulis yang digelar juga ada yang berbayar atau gratis.

Sumber: Pixabay

Sebaiknya Sobat menimbang terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk ikut serta menjadi kontributor buku antologi. Pikirkan apakah temanya Sobat kuasai atau sukai? Ingin ikut yang berbayar atau mencari event gratis? Semua harus ditimbang dengan matang. Terdapat beberapa manfaat menulis buku antologi. Berikut beberapa di antaranya.

 
  • Menambah Wawasan
Tema-tema yang diangkat untuk buku antologi biasanya beragam. Ada yang menawarkan tema parenting atau pengasuhan, cerita anak, sosok inspiratif, suka duka menjadi ibu, dan sebagainya. Jika sudah memutuskan untuk ikut bergabung menjadi kontributor, tentunya Sobat harus mencari referensi dan data-data yang akurat. Langkah ini umumnya dilakukan oleh mereka yang menjadi kontributor antologi nonfiksi. Nah, kita akan mendapatkan ilmu serta wawasan pun akan semakin bertambah kala kita membaca bermacam sumber referensi.

  • Memperluas Jaringan Pertemanan
Saat menulis antologi, para kontributor akan diangkut ke grup baru yang berisi kontributor lainnya dan tim penyelenggara proyek. Tim bisa terdiri dari editor, penanggung jawab event, dan pihak-pihak lain yang berkaitan. Ini membuat jaringan pertemanan kita bertambah, lo, Sobat. Tadinya tak kenal sama sekali, jadi punya kenalan baru. Siapa tahu suatu saat kita memerlukan bantuan mereka. Jangan lupa saling simpan nomor kontak, ya.

  • Menambah Portofolio
Terakhir, apalagi jika bukan untuk menambah portofolio. Tentu ada kebanggaan bagi penulis ketika melihat namanya tercantum dalam cover sebuah buku, meski baru buku keroyokan. Yaps, ini bisa memacu semangat menulis agar terus berkobar. Terus menulis dan menulis hingga akhirnya produktif menelurkan buku solo.

Demikian beberapa manfaat menulis buku antologi. Bagi Sobat yang merasa masih pemula dan belum bernyali untuk menerbitkan buku solo, menjadi kontributor antologi adalah pilihan terbaik. Menapaki karir sebagai penulis sukses tidak bisa dilakukan secara instan. Butuh kesabaran, tekad yang kuat, kreativitas, dan kemauan untuk terus belajar. Dari karya antologi kita dapat menempa diri dan kemampuan. Sembari belajar menyusun buku solo yang kelak akan bertengger manis di toko buku. Semoga sukses berkarir di dunia penulisan lewat menulis antologi, ya!  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.