Selasa, 21 April 2020

Yuk, Kenal Lebih dekat dengan Komunitas Makmood Menulis


Menurut penelitian, perempuan memiliki kemampuan mengeluarkan kurang lebih 20.000 kata setiap hari. Kemampuan ini terdiri dari kecakapan berbicara dan menulis serta mengekspresikan diri secara verbal dan non verbal. Sehingga tidak mengherankan bila perempuan cenderung cerewet dan gemar menulis postingan di media sosial. Kemampuan menulis perempuan, kemudian diasah agar lebih terarah dengan mengikuti kelas menulis, sayembara penulisan atau komunitas menulis dengan basis online. Dampaknya kini berjamur pula komunitas menulis khusus perempuan, baik perempuan yang bekerja di luar rumah maupun ibu rumah tangga. Salah satunya adalah Komunitas Makmood Menulis. 



Filosofi Nama Makmood Menulis
Bila dibaca dengan bahasa Indonesia mungkin konotasi nama Makmood kurang bagus. Emak-Emak Moodian. Ibu-ibu yang sering tidak jelas antara keinginan dan keperluannya. Padahal nama Makmood diambil dari huruf-huruf hijaiyah Mim, Qoof, Mim, Wawu, Daal. (Maqmood) dengan penjabaran sebagai berikut:




Mim: Muhammad (Hamba Allah) yang artinya, kita sebagai hamba Tuhan.
Qoof: dari kata Qowwam. Tetap/menetap. Bisa juga diartikan istiqomah.
Mim: Mahmudah/terpuji (berakhlakul karimah)
Wawu: Wahid  (satu)
Daal: Dawam, Daaiman. Kekal. Selamanya  (berkekalan).
Bila disatukan maka makna dari Makmood adalah Hamba Tuhan yang istiqomah dan memiliki akhlak terpuji sepanjang hidupnya. Amin. Namun, komunitas ini terbuka untuk agama apapun, karena harapannya semoga setiap Emak yang menjadi anggota komunitas ini menjadi Hamba yang taat pada Tuhan dan memiliki adab/budi pekerti selama hidupnya.

Cara Bergabung Komunitas
Bila Anda termasuk Emak yang masih moody dalam dunia penulisan, silakan bergabung dengan komunitas Makmood Menulis. Caranya gampang, dengan mengisi formulir pendaftaran melalui website Makmood Publishing dan membayar uang pendaftaran. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat sebagai anggota Makmood Menulis, salah satunya menerbitkan buku secara gratis melalui Makmood Publishing

Kegiatan  dan Keuntungan Gabung Makmood Menulis

Sesuai dengan namanya, maka Makmood Menulis konsen di bidang literasi khususnya penulisan. Adapun kegiatan inti komunitas ini berupa tantangan menulis fiksi berupa cerpen, fiksi mini, puisi, dan tulisan non fiksi. Setiap anggota diasah kemampuan menulisnya, hingga menemukan jenis tulisan yang sesuai dengan karakteristik dan kesukaan mereka.

Kedua, kegiatan sharing bersama narasumber dari bidang literasi, bisnis, dan parenting seperti penulis, penerbit, pebisnis, psikolog dan lainnya. Kegiatan ini bersifat gratis dengan ilmu yang bisa didapat langsung dari praktisi yang mumpuni.

ketiga, Makmooders pencinta buku (MPB) yaitu kegiatan membaca buku dan mereview buku yang sudah dibaca. Review buku kemudian diposting melalui media sosial atau blog masing-masing anggota, tujuannya agar orang tertarik membaca buku yang telah direview.

keempat, Makmooders pencinta film (MPF) berupa kegiatan Emak-emak yang suka menonton film dan mereview di akun media sosial maupun blog pribadi.

Kelima, Makmooder pencinta Qur'an (MPQ) yaitu kegiatan mengaji bersama yang dilakukan selama bulan ramadan. Setiap anggota diwajibkan membaca Al Qur'an minimal satu Juz minimal satu minggu, maksimal sekali khatam selama ramadan. Tujuannya agar semua anggota bisa khatam qur'an dengan waktu cepat.  Lebih detail mengenai MPQ akan Mamake ulas pada artikel berikutnya.

Adapun keuntungan menjadi anggota komunitas Makmood Menulis ini ialah:
1. Menjadi kontributor di website Makmood Publishing, dimana setiap tulisan yang ditayangkan akan mendapatkan bayaran.
2. Mendapat hak istimewa berupa penerbitan buku secara gratis oleh Makmood Publishing.
3. Mendapat reward dan e-sertifikat bagi pemenang dan kontributor, setiap mengikuti tantangan menulis sesuai dengan tema yang ditentukan.
4. Mendapat voucher atau diskon khusus pembelian buku yang diterbitkan oleh Makmood Publishing
5. Mendapat diskon khusus bila ingin belajar menulis online di kelas Joeragan Artikel.


Bila dulu Emak identik dengan urusan dapur, menonton sinetron, dunia pergosipan sekitar tetangga hingga gosip selebrita, maka sekarang Emak milenial memiliki kegiatan lain yang lebih bermanfaat, seperti menulis.  Sobat Mamake juga bisa berpenghasilan dari menulis dengan cara bergabung di komunitas Makmood Menulis dan menjadi kontributor. Semua pekerjaan itu tetap bisa dilakukan di rumah tanpa harus meninggalkan tugas utama sebagai ibu rumah tangga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.