Kamis, 30 April 2020

Kenalan yuk dengan Penerbitan Indie Makmood Publishing


Sobat Mamake punya banyak stok naskah di laptop? Yuk, terbitkan naskah-naskah itu menjadi buku beneran. Sayang bila naskah yang sudah ditulis malah mangkrak dan tidak dipublikasikan pada orang banyak. Bukankah esensi penulis bila karyanya diapresiasi oleh khalayak ramai? Tak harus menunggu lama dengan mengirimkan naskah ke penerbit mayor, Sobat bisa menggunakan jasa penerbitan indie seperti Makmood Publishing. Naskah langsung dicetak dan diterbitkan sesuai dengan kebutuhan dan budget anda.




Sejarah Makmood Publishing
Penerbitan indie Makmood Publishing berdiri tahun 2019. Awalnya penerbitan ini hanyalah merupakan mimpi besar Founder komunitas Makmood Menulis. Pengalaman tertipu sebuah penerbitan indie beralamat fiktif, masalah internal komunitas yang terjadi karena kesalahpahaman antar PJ (Penanggungjawab) Antologi, penulis, dan pihak penerbitan dalam proyek antologi seringkali terjadi. Dalam kesulitan-kesulitan itu Allah mempertemukan pendiri Makmood dengan seorang Penulis senior yang memiliki penerbitan indie dan menjadi wasilah berdirinya MAKMOOD PUBLISHING. Makmood Publishing didirikan dengan filosofi bahwa penerbitan merupakan bagian penting dan tak terpisahkan dalam menghadirkan buku sebagai ujung tombak karya anggota komunitasnya.

Ketentuan Pengiriman Naskah
Seperti penerbit indie pada umumnya, ada beberapa ketentuan pengiriman naskah di Makmood Publishing.


Pertama, menerima semua genre tulisan selama karya tersebut orisinal, bukan karya terjemahan, maupun plagiasi.

Kedua,  naskah tidak mengandung unsur SARA, LGBT, kekerasan, dan pornografi.


Ketiga, naskah ditik dalam Microsoft Word, kertas A4, spasi (1,5), margin normal, font Times New Roman 12 pt.


Adapun, format pengiriman naskah ialah sebagai berikut:
Naskah dalam lampiran satu file berisi kata pengantar, daftar isi tanpa nomor halaman, isi naskah, biodata penulis, dan sinopsis. Sedangkan format file ialah Penulis_Judul Naskah_Jenis Naskah_Jenis Paket.

Makmood Publishing menerima naskah yang telah ditulis hingga selesai, memenuhi syarat dan ketentuan naskah sesuai dengan yang telah ditentukan. Anda boleh memilih paket terbit sesuai dengan kebutuhan dan budget. Bila Anda telah memenuhi syarat dan ketentuan masing-masing paket terbit yang telah dipilih, maka segera kirimkan naskah melalui situs web kirim naskah. Terakhir, lakukan konfirmasi pengiriman naskah via WhastApp ke nomor 0812-1838-5947.


  1. Penulis atau Penanggung Jawab (PJ) Antologi mengirimkan naskah lengkap ke penerbitan Indie Makmood Publishing.
  2. Checking dan Proofreading  oleh Editor
  3. Sambil menunggu naskah anda selesai checking, Penulis atau PJ diberikan pilihan beberapa desain kover. Kover akan dibuatkan sesuai deskripsi dan permintaan penulis / PJ. Jika tidak ada permintaan khusus, maka desainer akan membuatkannya sesuai blurb dan daftar isi.
  4. Selesai Proofreading naskah anda akan dilayout dan diajukan ISBNnya ke Perpusnas.
  5. Jika ISBN sudah keluar Penerbit MP akan mengirimkan invoice tagihan biaya penerbitan sesuai paket yang dipilih.
  6. Cetak buku anda. Proses cetak dilakukan setelah penulis/ PJ mentransfer biaya cetak buku.
  7. Antrean cetak buku anda minimal 14 hari kerja, maksimal 3 minggu, namun ada kemungkinan bisa lebih cepat dari waktu yang telah ditentukan.
  8. Buku dikirim ke Penulis atau alamat pemesan.





Kelebihan Menggunakan Makmood Publishing
Kelebihan dari Makmood Publishing dibandingkan penerbit indie lainnya adalah memberikan surat MoU penerbit dan penulis yang ditandatangani dua belah pihak agar tidak ada yang dirugikan bila terjadi kelalaian atau kecurangan. Proses terbit lebih cepat dengan harga bersahabat. Buku berISBN dan terdaftar di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Penulis akan mendapatkan fasilitas promosi berupa flyer maupun video sebagai sarana promosi.
Selain itu buku Sobat akan dipromosikan di media sosial Makmood Publishing dan mendapatkan royalti jika bukunya terjual melalui penerbit. Asyik, kan? 

Paket Terbit Buku
Berikut ini adalah paket yang bisa Sobat dapatkan sesuai dengan kebutuhan.


Pertama, Paket Hemat 150 Ribu dengan fasilitas naskah siap terbit, layout dan cover oleh penulis, memiliki ISBN, maksimal 150 halaman, dan minimal cetak 35 eksemplar pada PO pertama.
Kedua, Paket Makmur 350 Ribu dengan fasilitas layout desain cover, proofreading, memiliki ISBN, dan minimal cetak 35 eksemplar pada PO pertama.


Ketiga, Paket Komplit 500 Ribu dengan fasilitas layout cantik, design cover, editing dan konsultasi dengan editor hingga buku layak terbit, proofreading, memiliki ISBN dan bukti cetak sebanyak 2 eksemplar.

Selain itu, Makmood Publishing juga memberikan paket khusus komunitas atau penulis buku solo. Mereka menyediakan souvenir berupa gantungan kunci dan totebag bagi pembaca. Terakhir, paket terbit spesial bagi Anda yang ingin menerbitkan karya secara gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
Kelima, Paket Super Hebat dengan fasilitas layout cantik, desain cover (Emboss/Spot UV), editing oleh penerbit, dan proofreading, serta memiliki ISBN. Bukti cetak sebanyak 35 eksemplar.

Keenam, Paket Gold 750 Ribu dengan fasilitas layout cantik, desain cover, editing, proofreading, memiliki ISBN, dan bukti cetak 4 eksemplar.

***
Sobat Mamake tak perlu ragu mempercayakan penerbitan karya  melalui penerbitan indie Makmood Publishing, karena terjamin kualitas dan sesuai dengan kebutuhan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.