Kamis, 30 April 2020

6 Bumbu Dapur Penjaga Kesehatan dan Kekebalan Tubuh


Assalaamualaikum, Sobat Mamake!

Semoga masih terus sehat dan bersemangat menghadapi masa pandemi saat ini, ya! Bicara soal sehat, apa nih yang sudah Sobat Mamake lakukan untuk menjaga kesehatan keluarga di rumah? Sebenarnya, banyak sekali bahan-bahan atau bumbu di dapur kita yang dapat membantu menjaga kesehatan keluarga. Sobat Mamake pasti mengenal bahan-bahan tersebut!


Berikut adalah tanaman herbal dan bumbu dapur yang bisa membantu menjaga kebugaran dan kekebalan tubuh. 




  • Kunyit

Kunyit atau curcuma langa, dikenal sebagai "Queen of Herbs" karena beragam manfaatnya, termasuk kemampuan menyembuhkan. Kunyit penuh dengan sifat antioksidan, antibakteri, antivirus, dan anti-inflamasi. Bubuk kunyit telah digunakan sebagai obat internal yang diminum dan juga salep topikal. Kunyit juga penuh dengan nutrisi sehat seperti protein, serat makanan, Niasin, Vitamin C, Vitamin K dan banyak lagi.


  •  Jahe

Jahe adalah salah satu rempah-rempah tersehat di bumi. Sama seperti kunyit, jahe memberikan banyak manfaat kesehatan anti-inflamasi dan keseluruhan yang sama. Jahe umumnya digunakan sebagai alat bantu pencernaan dan untuk mengurangi mual. Ini sangat membantu dalam mengurangi mual saat pagi hari.

Manfaat jahe bukan hanya sebagai tumbuhan yang bisa menghangatkan tubuh saja. Jahe merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman jahe ini kemudian menyebar ke berbagai negara. Terkenal karena aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah. Saat memilih jahe terutama jika ingin Anda gunakan untuk pengobatan, Anda dapat memilih jahe yang masih segar, strukturnya kokoh, halus, dan tidak berjamur.


  •  Bawang Putih

Bawang putih adalah makanan pokok di sebagian besar rumah tangga karena memang keajaiban dalam membumbui makanan. Bawang putih juga telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan kondisi.

Rempah dengan aroma dan rasa yang khas ini memiliki senyawa khusus yang dapat menunjang kesehatan manusia. Ada beberapa senyawa yang dimiliki bawang putih seperti vitamin B6, selenium, vitamin C, dan mineral penting lainnya.


  • Kencur

Kencur merupakan tanaman herba yang memiliki rimpang (rhizome) beraroma sangat harum. Khasiat dan manfaat kencur yang beragam nyatanya terletak hampir pada tiap bagiannya. Kencur yang diolah menjadi minuman jamu mampu menyehatkan badan.

Selain sifat antidepresannya, kencur juga dikenal sebagai rempah yang dibekali oleh antimikroba.
Manfaat kencur yang satu ini dapat menghalang bakteri dan mikroba jahat, terutama Lactobacillus acidophilus pada mulut dan menjaganya untuk selalu sehat.

Bakteri tersebut apabila dibiarkan bersarang pada mulut dan gigi kita, dapat menyebabkan karies, pembengkakan gusi, sampai kanker mulut.


  • Serai

Serai memiliki aroma lemon tetapi rasanya lebih lembut dan lebih manis. Tak hanya digunakan sebagai rempah-rempah dalam memasak, Anda juga bisa menikmatinya dalam bentuk lain yang segar, yaitu teh serai.
Manfaat serai untuk kesehatan erat dikaitkan dengan kandungan nutrisi di dalamnya. Selain membuat cita rasa makanan dan minuman menjadi lebih lezat, serai juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi.


  • Cengkeh

Cengkeh adalah rempah serba guna dengan rasa manis dan aroma harum yang khas. Bumbu ini memiliki sifat antioksidan, antiseptik, dan anti inflamasi. Cengkeh mengandung eugenol, yakni bahan kimia yang bertanggung jawab atas aroma uniknya dan telah lama digunakan oleh dokter gigi dan ahli kebersihan mulut untuk menyembuhkan sakit gigi.



Cengkeh juga merupakan sumber thiamin, vitamin A, dan beta-karotin yang sangat baik, yang semuanya bekerja untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah kanker.

 
Sepertinya, teh serai hangat enak juga buat menu buka puasa nanti, ya, Sob? Selamat berpuasa. Sehat dengan bahan sederhana dari dapur kita, yuk!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.