Sabtu, 14 Maret 2020

Mengenal Seputar Penerbit Indie



Keberadaan penerbit independen (indie) atau penerbit mandiri sedang menjamur belakangan ini, disebabkan besarnya jumlah penulis pemula yang ingin menerbitkan karya mereka baik antalogi maupun karya solo. Proses yang mudah dan tanpa tahap seleksi menjadi salah satu keuntungan menerbitkan buku melalui penerbit indie. Berbeda bila ingin menerbitkan karya lewat penerbit mayor yang umumnya susah dan menunggu waktu seleksi.


Yuk kenalan lebih jauh dengan penerbit indie yang banyak menawarkan paket menarik terkait penerbitan buku!

Bila karya naskah Anda  pernah ditolak saat mengajukan naskah pada penerbit mayor, maka hal itu tidak akan terjadi bila menggunakan jasa penerbit indie. Semua naskah yang diajukan akan dicetak dan diterbitkan sesuai dengan keinginan penulis. Keuntungan lainnya, penulis bebas mengekspresikan tema dan genre tulisan yang ingin diterbitkan, tanpa mengikuti karakteristik naskah penerbit.




Umumnya penerbit indie, mencetak dan menerbitkan karya penulis secara langsung. Namun untuk menjadi buku yang layak jual dan bersifat komersil, tak jarang penerbit indie memberikan penawaran paket berupa pengurusan ISBN, pembuatan layout dan halaman depan (cover), serta proses editing tata bahasa.

Beberapa penerbit indie, memberikan dua sistem pembayaran, berupa pembagian royalti atau putus kontrak (jual putus). Bila menggunakan sistem pembagian royalti, fee Anda akan dibayar sesuai dengan jumlah buku yang terjual. Bila menggunakan sistem putus kontrak, maka fee Anda akan dibayar pada sebelum mencetakan dan tidak akan mendapat keuntungan dari penjualan royalti.

Sistem lain ialah self publishing, dimana penulis membayar sejumlah uang untuk mencetak buku. Kemudian, buku akan dijual secara mandiri oleh penulis tanpa bantuan penerbit. Tak jarang penerbit juga menambahkan paket publikasi pada buku yang mereka cetak.

Sistem pemesanan buku pada penerbit indie bersifat pre-order. Jumlah buku yang dicetak sebanyak buku yang dipesan. Hal ini untuk menghindari cetakan buku yang terlanjur banyak namun ternyata tidak laku terjual. Pihak penerbit akan menawarkan paket berupa banyak eksemplar buku yang ingin penulis cetak. Biaya cetak tergantung pada jenis kertas, banyak halaman, serta tingkat kesulitan layout. Bila Anda ingin menerbitkan buku self publishing lewat penerbit indie maka sebaiknya mempersiapkan budget atau modal untuk membayar biaya percetakan.


Umumnya penerbit indie akan menawarkan biaya cetak murah serta proses yang cepat. Hal ini lumrah terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Sebab paket yang ditawarkan biasanya hanya mencetak 1 - 3 eksemplar buku. Bila penulis ingin memperbanyak buku diluar dari paket yang ditawarkan, maka harus menyiapkan biaya cetak sebanyak buku buku yang akan dicetak. Proses cetak pun akan berlangsung lebih lama tergantung banyak buku yang ingin dipesan.

Keuntungan menggunakan penerbit indie ialah penulis dapat menyesuaikan budget yang dimiliki untuk mencetak dan memperbanyak buku.

Penerbit indie tidak hanya memenuhi kebutuhan penulis pemula yang ingin mengomersialkan karya mereka, namun juga mengakomodasi penulis yang hanya mendokumentasikan karya dalam bentuk buku. Sebab, buku yang dicetak melalui penerbit indie, umumnya akan memiliki standar yang sama dengan buku komersil yang dijual ke masyarakat. Sehingga dimanfaatkan juga untuk mencetak buku bagi kalangan terbatas seperti modul, makalah, buku pelatihan, atau bahan ajar.

Bila ingin buku Anda best seller dan dikenal oleh masyarakat, maka pilihlah penerbit indie yang juga memberikan paket publikasi, agar memudahkan Anda untuk mendapatkan pembeli dan melakukan promosi.


Dengan menjamurnya penerbit indie belakangan ini memudahkan penulis untuk mempublikasikan dan mencetak karya mereka, sehingga memiliki buku sendiri menjadi lebih mudah.
Bagaimana, tertarik menerbitkan buku di penerbitan indie?
Makmood Publishing bisa jadi pilihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.