TIPS MEMPERSIAPKAN ANAK YANG BARU SEKOLAH

Dokumentasi TKQ - TPQ AL-JANNAH 
“Aduh, Anakku yang mau sekolah,kok, aku yang grogi,ya?”
Seorang ibu yang baru mengantar anaknya ke Sekolah Taman Kanak-Kanak nampak cemas. Ini hari pertama anaknya –Reffan (nama samaran-red) masuk sekolah. Reffan baru berusia 4.5 Tahun. Saat ini akan masuk TK.A (TK Nol Kecil).

Reffan memegang tangan sang bunda kuat-kuat , tidak mau ditinggal sama sekali. Meski sang bunda terus berusaha membujuk reffan untuk segera bergabung dengan teman-temannya, tapi dia tetap bergeming.Reffan merajuk. Tidak mau sekolah dan Mengajak sang mama untuk pulang.
“aku  gak mau sekolah ma,ayo pulang”

Awal masuk sekolah terutama bagi anak Pra Sekolah (Usia 4- 6 Tahun-red) bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya anak yang merasa cemas dan takut,terkadang orangtuapun jauh lebih cemas daripada anak. Sekolah masih menjadi hal baru. Karena itu anak butuh waktu untuk beradaptasi. Anak-anak yang merasa cemas diawal masuk sekolah adalah hal yang wajar. Kecemasan anak saat awal bersekolah bisa diminimalisir jika orangtua melakukan hal-hal berikut ini.

a       PERSIAPAN PRA MASUK SEKOLAH

Sebelum anak masuk Sekolah,Orangtua sebaiknya melakukan hal-hal berikut:
1.       Bersama anak mencari informasi sekolah sesuai dengan keinginan Orangtua dan Anak.
Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang sekolah,kemudian diskusikan dengan anak anda sekolah mana yang diminatinya. Jangan memaksa anak untuk bersekolah ditempat yang anda inginkan tanpa berdiskusi dengannya.
2.       Ajaklah anak ikut serta saat mendaftar ke Sekolah
Setelah mendiskusikan sekolah yang cocok dan sesuai,ajaklah anak anda  ikut serta saat akan mendaftarkannya ke sekolah tersebut. Selain anda bisa berdiskusi dengan Panita Siswa Baru, Biasanya Panitia Penerimaan Siswa Baru (PSB) akan dengan senang hati menjelaskan tentang keunggulan Sekolahnya.   
3.       Perkenalan dengan lingkungan Sekolah
Setelah mendaftar ke sekolah yang diminati, jangan tergesa-gesa untuk pulang. Sambil bermain,  Ajaklah anak anda berkeliling sekolah dan melihat-lihat apa saja yang ada di Sekolah. Misalnya:berapa jumlah Alat permainan, ruang kelas,kantin,dan lain sebagainya. Ajak pula anak mencoba permainan yang ada di Sekolah agar anak merasa tertarik dan tidak canggung lagi saat bermain.
4.       Ajaklah anak belanja perlengkapan Sekolah
Ini tidak hanya menyenangkan bagi anak,tapi juga bisa menumbuhkan semangatnya untuk  bersekolah. Dengan memilih perlengkapan sekolahnya sendiri biasanya anak merasa lebih bersemangat dan ingin segera bersekolah.

b      TIPS SETELAH MASUK SEKOLAH.    
          
1.       Dampingi  dan antar anak ke sekolah
Saat anda mendampingi anak ke Sekolah,anda bisa mengenal Guru dan teman-temannya. Selain itu sebagai Orangtua harus tahu tata-tertib yang ada disekolah dan jangan lupa untuk mengajarkannya pada anak.

2.       Tumbuhkan Rasa Percaya diri pada Anak
Ini akan memudahkan anak berinteraksi dan bersosialisasi dengan lingkungan barunya.

3.       Ajarkan kemandirian
Diawal masuk Sekolah mungkin anak akan merasa cemas,takut bahkan menangis. Sering kita dapati anak-anak Di Taman Kanak-kanak menangis secara serempak. Salah satu ditenangkan oleh gurunya,yang lain ikut pula menangis. Kelas menjadi ramai oleh tangisan anak-anak. Anda tidak perlu panik!  Jika anak anda menangis bersabarlah dulu. Biarkan Guru yang mengatasinya.

4.       Bekerjasama dengan Guru dan Kepala Sekolah.
Guru adalah mitra Orangtua. Guru menjadi jembatan bagi orangtua dalam mendidik anak. Bagaimanapun juga, pendidikan sepenuhnya adalah dari rumah dan dari keluarga.Dengan  adanya kerjasama yang baik antara guru dan orangtua akan terjalin komunikasi yang harmonis, sehingga diharapkan pendidikan anak sesuai dengan harapan. 

5.       Memberikan Apresiasi/penghargaan.
“Alhamdulillah,hari ini anak bunda pintar sekali,Di sekolah tidak menangis,tidak ditungguin sama bunda,pintar mengaji”
( Walaupun sebenarnya menangisnya lebih lama daripada diamnya.)

6.       Mintalah anak bercerita pengalamannya.
“bagaimana perasaanmu hari ini,nak?apa kamu senang di sekolah”
“bagaimana Guru-guru disekolahmu,bagaimana teman-temanmu?”
Dengan bercerita, anda akan tahu bagaimana perasaannya,bagaimana kondisi dan kesiapan mentalnya.
Hindari bertanya hal-hal berikut ini.
“belajar apa di sekolah?”
“kamu bisa tidak,belajarnya”
Pertanyaan itu hanya akan membuat anak anda merasa jenuh dan bosan.
Semoga Tips tadi bermanfaat,ya,bunda.




0 komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG DAN MENINGGALKAN KOMENTAR YANG BAIK DAN BUKAN SPAM. KAMI SANGAT MENGHARGAI KUNJUNGAN ANDA. SEMOGA BLOG INI MEMBERI MANFAAT DAN KEBAIKAN BAGI KITA.