Jumat, 13 Desember 2013

JIKA SUAMI INGIN BERPOLIGAMI

What? Suami mau menikah lagi? gimana nanti hidup saya, anak-anak saya?. Aduh!ngeri dan ga kebayang deh,bun, kalau tiba - tiba suami kita tergoda pada wanita lain. Apalagi kalau suami berani memutuskan untuk berpoligami.
Ketika suami kita mulai melirik wanita lain dan ingin berpoligami, mau tidak mau, suka tidak suka…sebagai seorang istri tentu akan timbul rasa khawatir, rasa takut ditinggalkan, terkadang timbul rasa benci, marah, dan semua rasa yang tak mengenakkan di hati kita. Terus kita mesti gimana dong? apakah kita biarkan saja suami menikah lagi, atau kita bercerai saja demi harga diri?
Setiap pilihan tentu ada konsekwensinya. Ini adalah percakapan saya dengan seseorang yang sedang sangat sedih dan merana karena suaminya tergoda wanita lain dan ingin berpoligami. Atas permintaan beliau sengaja saya samarkan namanya.
 S = saya 
 T = teman saya. 

 T : bu, kalau suami ibu mau nikah lagi ibu marah ga?
 S:  ya manusiawi kalau marah,mah, Emang kenapa? 
 T : Kalau suami ibu misalnya mau kawin lagi, ibu ngijinin,ga? 
 S : ya ngijinin aja, Malah kalau dia mau nikah lagi saya yang akan urusin pernikahannya di KUA, Bahkan  saya siap jadi saksinya. 
 T : (sambil nangis) ibu emang kuat yah kalau dimadu sama suami ibu? saya aja stress mikirin suami saya bu…terus nanti gimana kalau ibu dipoligami apa siap liat suami ibu jalan sama wanita lain? 
S : siapa bilang saya mau dimadu?nanti setelah saya ngurusin pernikahannya ya saya tinggal pergi, lha wong dia udah punya yang lain.
 T : minta cerai maksudnya bu?
 S : saya nih manusia biasa juga bu, saya tidak mau menipu diri saya sendiri. Daripada saya terbakar dan membakar diri sendiri dengan api cemburu dan perasaan-perasaan yang akan menyakitkan diri saya, lebih baik saya berlepas diri. Kalau saja suami kita tahu betapa panas dan terbakarnya seorang istri yang sedang sakit hati, tentu ia akan berfikir dua kali untuk menyakiti istrinya. Bahkan digambarkan saking panasnya hati sang istri yang dilanda cemburu itu, seandainya ia menyentuh pohon sekalipun niscaya pohon itu akan hangus terbakar saking panasnya. Karena itu saya tak ingin menipu Tuhan. Daripada mulut  saya bilang Ridho dan berharap surga tapi hati saya terbakar dan tersiksa, mundur teratur jauh lebih baik bagi saya

Saya tak ingin mengejar surga dengan cara yang tidak saya sukai. Bukankah Tuhan Maha demokratis? Dia masih memberi banyak pilihan bagi HambaNya untuk mencapai SurgaNya. Poligami, diinginkan suami tapi sangat ditakuti oleh para istri. Jujur saja, sebagai wanita saya lebih salut dan bangga pada seorang suami yang bisa kuat bertahan pada satu istri meskipun baginya sangat memungkinkan untuk berpoligami.

 Bohong jika ada yang mengatakan ia bisa berbuat adil 100 persen terhadap istri-istrinya. Diantara sekian banyak istrinya tentu ada salah satu yang ia condong terhadapnya. 
 Surga, Ridho suami dan Ridho Allah adalah iming-iming bagi wanita yang mau dipoligami. Sebagai wanita awam saya seringkali berfikir, sebegitu beratkah Surganya Tuhan bagi seorang wanita? Mengapa harus dengan Poligami untuk meraih surgaNya? Jika poligami mencontoh Rosulullah, bukankah Rosulullah berpoligami dengan wanita yang jauh lebih tua dari dirinya? Bukankah hanya satu istri nabi yang perawan yakni Aisyah RA?
Maka jika ingin meniru dan meneladani Rosulullah, mengapa tidak menikah dengan wanita yang sudah renta dan jauh lebih tua dari istrinya? Malah kebanyakan menikah dengan wanita yang jauh lebih muda, lebih cantik, lebih sexy dari istri tuanya?sementara istri tua hanya gigit jari meratapi nasibnya, dibiarkan merana menangisi malam-malam panjang dalam kesendirian di tempat peraduannya. Aduhai malang nian nasib istri tua. 

Nyatanya, dari sekian banyak wanita yang memutuskan siap dipoligami akhirnya juga menyerah dan mundur karena merasa bersaing dengan madunya. Jarang sekali wanita yang dimadu lantas dekat dan akrab dengan madunya. Kalaupun ada itu hanya sedikit sekali.

 Saya tidak membenci poligami, saya juga tidak pernah melarang suami saya melakukan poligami. Tapi sebagai seorang wanita, saya ingin menjadi wanita satu-satunya bagi suami saya. Jika dia mendapati ada wanita lain yang bisa menggantikan posisi saya, maka saya yang akan mengalah dan mundur. 

 Kenali istrimu sebagaimana kau mengenal TuhanMu. Bermakrifatlah terhadap istrimu sebagaimana engkau bermakrifat kepada Tuhanmu. Barulah engkau tahu siapa istrimu. Seorang lelaki yang melihat wajah TuhanNya dalam diri istrinya tak akan berselingkuh dan mengkhianati cinta istrinya. Karena ia takut, jika ia menyakiti istrinya berarti ia menyakiti TuhanNya. Demikianpula halnya seorang istri, jika ia melihat wajah TuhanNya dalam diri suaminya, maka ia akan mengabdikan dirinya sepenuh hati sebagaimana pengabdiannya pada TuhanNya. 

 Maka surga dunia didapati sang istri, tatkala ia menjadi satu-satunya penawar bagi dahaga suami, menjadi satu-satunya tempat mengadu dan berbagi cinta dan kasih sayang dikala suka maupun duka.

 Saya begitu bangga, pada Guru-Guru saya yang tak berpoligami meskipun mereka mampu. Saya begitu Bangga, pada seorang Guru yang dengan Bangga hidup menua dengan seorang istri meskipun selama lebih dari tiga puluh tahun mereka menikah tak jua dikarunia anak dari rahim sang istri. Bagi Sang Guru, Para Santri adalah anak-anaknya. Oleh karena itu anak-anaknya mencapai Ribuan orang dari Sabang sampai Merauke. Semoga Allah senantiasa menjaga dan melindungi mereka. Amien..
Ini hanya sekedar tulisan, curahan hati seorang teman yang saya jawab sesuai dengan isi hati dan pemikiran saya.
Mohon Maaf apabila ada yang kurang berkenan. Pada Allah saya Mohon Ampun, pada para pembaca mohon maaf jika ada kesalahan dalam tulisan saya ini.

Jumat, 08 November 2013

TIPS MENGOBATI HATI SETELAH DITINGGAL BUAH HATI



Kemarin saya membawa alika ke rumah sakit umum daerah untuk cek kesehatannya.Saat akan memasuki poli anak tiba - tiba ada seorang  wanita yang datang menghampiri saya,
“dede…dede cantik sekali”
tanpa basa -basi dia menciumi anak saya secara bertubi - tubi.Sejurus kemudian wanita itu justru menangis terisak - isak. awalnya saya terkejut dengan apa yang dilakukannya terhadap anak saya,apalagi saya juga tidak  mengenalnya sama sekali.

Seorang laki-laki berjaket hitam menghampiri kami lalu menggandeng tangan wanita muda itu dan mengajaknya sedikit menjauhi saya. Laki-laki berjaket hitam itu meminta maaf kepada saya atas apa yang dlakukan wanita tadi,laki-laki itu tak lain adalah suami wanita itu.
“hayu uwih,si dede tos rapih” (ayo kita pulang,si dede udah rapi-red). Sang suami menunjuk ke belakang, tangis wanita itu semakin keras dan menyayat hati.

 Seorang suster menggendong seorang bayi yang ditutup dengan kain,bersamanya juga ada dua orang wanita yang juga menangis sedih. laki - laki itu dengan sekuat tenaga menguatkan istrinya.tapi tangisnya tak jua berhenti, laki-laki itu mengambilalih bayi dari gendongan suster yang membawanya, dibukanya sekilas kain penutup itu, seorang bayi mungil yang nampaknya sedang tidur nyenyak itu tak bergerak sama sekali.

Hati saya ikut teriris, pedih dan perih rasanya melihat sosok bayi mungil itu, dan tanpa terasa airmata saya menetes tak tertahankan. Bayangan almarhum anak saya terlintas jelas dipelupuk mata. Melihat bayi mungil tak bergerak itu tubuh ini  lunglai tak berdaya, terlintas wajah mungil putra kesayanganku yang belum genap setahun meninggalkanku.

Saya memaklumi kesedihan wanita itu, saya tahu benar bagaimana sakit dan perihnya kehilangan buah hati yang sangat di cintai,dan saya tahu benar beratnya hidup tanpa buah hati.
Saya peluk alika erat-erat dan bergegas meninggalkan wanita yang tadi menciumi dan memeluk anak saya itu. Sebelum pergi saya berbisik pada wanita itu:
“sabar ya mba, mudahan Allah mengganti dengan yang lebih baik, Insya Allah anak ini kelak akan menjadi pembela orangtuanya .”
************************************************************************************************
Ditinggalkan orang yang sangat kita cintai tentunya sangat berat. Begitu pula halnya ketika kita harus kehilangan buah hati yang sangat kita cintai. Buah hati yang telah lama  dinanti, setelah hadirnya mewarnai dan mengisi hari tiba-tiba ia harus pergi menghadap Ilahi. Sakit dan pedihnya tentu tak terperi.
Sebagai seorang ibu yang mengandungnya  selama sembilan bulan, melahirkannya penuh perjuangan antara hidup dan mati, mengurus dan merawatnya penuh kasih sayang, tentunya  tidak mudah mengobati sakitnya kehilangan buah hati. 

Saya pun sempat ambruk dan terpuruk ketika putra kesayangan saya pergi menghadap Ilahi. Saat itu saya bahkan hampir dibawa ke sebuah Pesantren Rehabilitasi khusus orang-orang yang mengalami gangguan kejiwaan. Tapi untunglah saya bisa bangkit kembali. Baca juga:ANAKKU,GURU KEHIDUPANKU.

Ketika rindu tak terperi datang menghampiri, dan ketika saya butuh obat untuk mengobati kerinduan yang sudah sangat menyesakkan ulu hati, maka inilah obat paling ampuh saya mengatasi kerinduan pada buah hati yang telah pergi.

TIPS MENGOBATI HATI SETELAH DITINGGAL BUAH HATI


1.       MENANGIS
   Tangisan wanita bukan semata-mata karena kelemahannya,tapi juga kekuatannya.jika dengan menangis bisa mengobati luka hati,maka saya akan menangis sepuasnya. bukan karena cengeng,tapi semata-mata ingin menunjukan pada Tuhan betapa lemahnya saya.

2.       YAKINKAN, KEMATIAN ADALAH KEPASTIAN.
Setiap mahluk hidup yang bernyawa pasti akan mati, hanya  saja waktunya sudah ditentukan oleh sang Maha Penggenggam kehidupan. Lihatlah sebuah pohon saat daunnya berguguran. Dedaunan yang jatuh kebumi bukan hanya daun – daun yang sudah menua dan menguning, tapi bersamanya ada juga daun-daun muda yang segar. Maka kematian adalah keniscayaan.

“ katakanlah: sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya,maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu,kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah)yang mengetahui yang Ghaib dan yang nyata,lalu dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”. (QS.Al-jumu’ah ayat 8)
saat kita ditinggalkan oleh buah hati yang kita cintai; suka tidak suka, mau tidak mau, maka kepergiannya seharusnya menjadikan kita sebagai orangtuanya untuk lebih introspeksi diri, agar kematian menjadikan pembelajaran bagi kita yang ditinggalkan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi, agar kita terus mengumpulkan bekal dan amal baik untuk bersiap menghadapi kematian kita nanti.

3.       BUAH HATI YANG LEBIH DULU PERGI  ADALAH TABUNGAN DAN INVESTASI.
Anak – anak yang belum baligh dan sudah lebih dulu pergi menghadap Ilahi,maka mereka adalah tabungan terbesar bagi orangtuanya.kelak ia akan menunggu di gerbang pintu surga menanti kedatangan orangtuanya.ia akan menjadi pembela bagi kedua orangtuanya agar bisa menariknya masuk kedalam surgaNya.
4.       MENERIMA DENGAN SEPENUH HATI (IKHLASKAN HATI)
Keluarga,sahabat,dan orang-orang yang bersimpati pada kita biasanya akan menasehati kita untuk bersabar.tapi terkadang hati kecil justru tak bisa menerima nasehat itu.yah,jujur saja saat itu saya merasa mereka dengan mudah menyuruh saya bersabar,padahal mereka ga tahu gimana sakit dan sedihnya kehilangan anak.tapi,bisikan yang tidak baik itu segera saya tepis,saya tahu itu datangnya dari Syetan yang ingin membuat saya terus larut dalam kesedihan.pada dasarnya kita memang harus bisa bersabar  bukan?maka ketika hati kita sudah benar-benar ikhlas dengan apa yang terjadi, niscaya kita tak akan lagi banyak bertanya apa dan mengapa semua ini terjadi pada kita, cukuplah kita menerima sepenuh hati apapun yang sudah Tuhan gariskan.

5.       YAKINLAH, INI YANG TERBAIK.
Tuhan tidak akan menguji hambaNya diluar batas kemampuan Hamba. Diambilnya kembali sang buah hati, karena Tuhan lebih Tahu yang terbaik untuk hambanya. Saat saya ambruk dan terpuruk ada seorang Sahabat yang menasehati saya:
“ana ga akan nyuruh ente sabar, ga juga nyuruh ente berenti menangis. Tapi cobalah berfikir keadaan anak ente. Kalaupun dia bisa berumur panjang, apa ente tega liat dia berbeda dengan anak-anak lainnya? saat anak-anak yang lain lari-lari, atau dia harus bermain bersama teman-temannya sementara anak ente ga bisa bermain karena ga boleh kecape’an, ga kuat lari-lari seperti anak-anak yang lainnya, apa ente kuat dan ga tambah sedih liat dia kalau besar nanti? belum lagi berobat rutin yang harus dia jalani".

Semua ibu pasti mencintai anaknya, tapi Tuhan jauh lebih sayang pada anak kita, karena itu Dia ambil kembali titipanNya dari kita. Bisa jadi Tuhan sedang mempersiapkan pengganti yang lebih baik untuk kita.
6.       MENDO'AKAN SIBUAH HATI YANG TELAH PERGI
Do’a seorang ibu untuk anaknya selalu didengar Tuhan. Karena Do’a ibu sanggup mengguncang kerajaanNya. Maka do’akanlah anak kita. InsyaAllah hati akan semakin lapang dan tenang.
Perbanyaklah Dzikir dan Do’a yang pahalanya kita khususkan untuk anak kita tercinta.

Itulah tips dari saya untuk mengobati Rasa sedih setelah ditinggal pergi buah hati, semoga bermanfaat ya bunda…
Tetap semangat. ayo bangkit dan jangan bersedih lagi.





Sabtu, 26 Oktober 2013

NASEHAT ISTRI PADA SUAMI YANG BERMAIN API




 Tak ada kata,tak ada bahasa.
Kucoba pahami inginmu tanpa bicara
Aku tahu hatimu belum seutuhnya
Merajai diri yang lemah tak berdaya
Jika inginmu lukai hatiku
 Tak pahamkah engkau betapa nyata rindu itu?
Jika bagimu segenggam pasir lebih berguna dari tanah liat
Akankah kau hancurkan tembikar hitam tak berguna
Demi istana pasir yang mencolok mata?
Pahamilah!
Aku takkan melarangmu mencintai siapapun yang kau suka
Karena ku tahu aku makhluk yang tak sempurna
Jika masih ada segenggam cinta untuknya
Usah menatapku dan melabuhkan rasamu
Yang sebenarnya bukan untukku
Rasa itu masih melekat didada
Itukah yang ada?
Jika bagimu sulit melepaskan rasa
Akankah kau biarkan sepercik api
Menghancurkan seluruh bumi dan seisinya?
Jika sanggup melanggar janjimu pada Tuhan
Lakukanlah sesukamu,apapun yang kau inginkan
Usah bersembunyi
Dari yang tersembunyi
Karena mata yang melihat dengan mata
Takkan bisa dibohongi
Oleh mata yang bermata


Sabtu, 19 Oktober 2013

PERNIKAHAN DALAM ISLAM


Allah SWT menciptakan manusia berpasang  - pasangan. ada  Laki - laki ada perempuan, ada malam ada siang, ada langit ada bumi. Perkawinan  adalah bagian dari sunnatullah pada Hamba - HambaNya , hal ini berlaku juga untuk semua makhlukNya baik pada manusia, hewan, maupun tumbuh - tumbuhan.
Perkawinan bagi manusia adalah cara yang dipilih oleh Allah SWT sebagai jalan bagi mereka untuk mengembangkan keturunan dan melestarikan kehidupannya. Allah menghendaki agar laki - laki dan perempuan menikah setelah mereka siap melakukan perannya dalam mewujudkan tujuan pernikahan.
Firman Allah yang berkaitan dengan Pernikahan:
 Dalam Al- Qur’an surat Adzariyat ayat 49:
“ dan segala sesuatu itu Kami  (Allah ) ciptakan berpasang -pasangan agar kamu semua mau  berfikir.”
Dalam Al -Qur’an surat yaa siin ayat 36:
“Maha Suci Tuhan (Allah ) yang telah menciptakan segala sesuatu berjodoh – jodohan, baik (pada) tumbuh – tumbuhan maupun diri mereka sendiri(manusia)  dan apa – apa yang tidak mereka ketahui”
Dalam Al- Qur’an Surat An-nisa ayat 1
“Wahai sekalian Manusia bertakwalah kamu kepada TuhanMu yang telah menjadikan kamu dari diri yang satu. Lalu Dia (Allah) jadikan daripadanya jodohmu,kemudian Dia (Allah) kembangbiakkan menjadi laki- laki dan perempuan yang banyak sekali”.
Dalam Al-Qur’an Surat An-Nahl ayat 72:
“Allah telah menciptakan kamu istri - istri dari jenis kamu sendiri, dan menjadikan bagi kamu dan istri – istrimu itu anak - anak dan cucu -cucu, dan memberimu rizki yang baik -baik”.
Dalam Al – Qur’an Surat Ar-Rum ayat 21
“dan diantara tanda - tanda kekuasaanNya  ialah Dia menciptakan untukmu istri -istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung kepadanya,dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar -benar terdapat tanda -tanda bagi kaum yang berfikir”.

HUKUM MENIKAH

1.       WAJIB
Kalau seseorang merasa sudah mampu untuk menikah,sedangkan dia juga sudah tidak bisa mengendalikan hawa nafsunya terhadap lawan jenis dan ia takut akan terjerumus pada perzinahan atau melakukan Dosa  karena ia tidak bisa mengendalikan Hawa nafsunya itu,maka ia sudah Wajib untuk segera menikah.
Apabila seseorang itu sudah sangat bergejolak hasrat dan keinginannya untuk menikah tapi ia belum mempunyai kemampuan untuk memenuhi nafkah lahir  keluarganya ( sandang,pangan,papan) maka nanti Allah yang akan melapangkan Rezekinya.
Didalam Surat An-Nur  ayat 33 Allah SWT berfirman:
“Dan orang – orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri)nya sehingga Allah memampukan mereka dengan karuniaNya. (Qs.An-Nur 33)
2.       SUNNAH
Apabila seseorang telah sangat bergejolak hasrat dan keinginannya terhadap lawan jenisnya, dan ia merasa sudah mampu untuk menikah, akan tetapi ia masih bisa mengendalikan gejolak nafsunya itu dari berbuat Dosa atau berzina,maka baginya sunnah untuk segera melangsungkan pernikahan. Menikah baginya lebih utama daripada ia terjerumus pada dosa meskipun ia sanggup mengendalikan dirinya.
3.       HARAM

Jika seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan nafkah lahir maupun Bathin dan dikhawatirkan akan memberikan madhorot / keburukan pada istrinya maka haram baginya untuk menikah.

4.       MAKRUH
Apabila seseorang lemah Syahwatnya dan tidak mampu memberikan nafkah bagi keluarganya, atau walaupun ia bisa memenuhi segala kebutuhan lahir istrinya karena ia termasuk orang kaya,tapi lemah syahwatnya,meskipun itu tidak akan merugikan istrinya maka Makruh baginya untuk melakukan pernikahan.
5.       MUBAH /BOLEH
Jika seseorang tidak terdesak oleh berbagai alasan yang mewajibkan dirinya untuk segera menikah atau karena alasan-alasan yang mengharamkan untuk menikah maka hukumnya Mubah atau dibolehkan.
Pembahasan tentang Pernikahan Dalam islam ini sebagai acuan saya mengajar santri Taman Pendidikan Al-Qur’an ( TPQ) Al-Jannah kelompok Remaja.
Sampai disini saja dulu pembahasan tentang menikah.semoga bermanfaat.




Senin, 14 Oktober 2013

CARA TRADISIONAL MENGOBATI MAAG AKUT






Sakit maag yang sudah sangat kronis tentunya akan sangat menyiksa.mau makan salah, ga makan juga salah.
kalau  udah kumat sakitnya ga ketulungan. saya adalah penderita Maag Akut.dalam sebulan bisa bolak – balik berobat demi mengobati sakit Maag yang saya derita,tapi setelah obat habis sakitnya akan kambuh lagi dan lagi.
Awal mula saya menderita penyakit Maag adalah sewaktu saya masih belajar di sebuah Pondok Pesantren. Kesibukan belajar dan aktivitas yang padat di pesantren seringkali membuat saya malas makan. Terkadang kalau bosan melihat makanan yang itu – itu saja saya lebih memilih makan Mie instan atau jajan makanan ringan di Koperasi Pesantren. Saat itu saya punya cara jitu menaklukan rasa mual muntah  dan perih yang menyiksa saat Maag saya kumat, saya selalu menyediakan P****g (merek obat maag ternama)dan memang pada akhirnya rasa sakit itu sirna.
Kebiasaan saya menunda makan dan hobi makan mie instan berlanjut hingga saya kuliah bahkan hingga bekerja. Kesibukan dan aktivitas padat membuat pola makan saya sangat tidak teratur .Makan  tidak menjadi prioritas utama saya. Kalau pagi saya sarapan,maka saya baru akan makan lagi pada malam hari setibanya dirumah. Obat pereda maag yang selama ini jadi andalan saya ternyata sudah tidak bisa lagi mengobati rasa sakit yang saya derita,pada akhirnya karena terlalu sering kumat saya jadi “langganan Rumah Sakit” dan bergantung sekali dengan Obat- obatan.

Berbagai macam cara saya tempuh demi menyembuhkan Maag kronis yang saya derita,mulai dari obat – obatan kimia sampai obat- obatan herbal sudah pernah saya coba. dari yang harganya paling murah sampai yang sangat mahalpun pernah saya konsumsi  tapi tetap tak membuahkan hasil.sampai saya bosan dan pasrah menerima kenyataan bahwa   Maag kronis ini bagian dari hidup saya.
Tapi akhirnya,saya menemukan obat yang paling ampuh dan sangat murah untuk mengobati penyakit saya ini. Ada resep turun temurun dari orangtua di jawa yang menyarankan saya untuk mengkonsumsi Sebuah Pisang.dan ternyata sebuah pisang menjadi obat paling ampuh  menyembuhkan penyakit saya.

Senin, 07 Oktober 2013

DO’A KHUSUS AGAR CEPAT MEMPUNYAI ANAK (ANAK YANG SHOLEH/SHOLEHAH)



Suami - istri yang yang sudah lama menikah tentulah sangat rindu untuk segera mempunyai keturunan,apalagi jika sudah bertahun - tahun menikah tapi belum juga mempunyai momongan.
Anak adalah investasi terbesar bagi orangtua,anak adalah harta yang paling berharga bagi orangtua. karena itu wajarlah jika pasangan suami - istri yang sudah sangat lama menikah dan belum dikaruniai anak akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa segera mempunyai momongan.Setelah berbagai cara dan usaha kita lakukan untuk bisa memiliki keturunan,akan lebih baik jika semua yang kita lakukan itu diiringi pula dengan do’a. karena betapapun hebatnya kita berusaha,jika tanpa diiringi do’a rasanya kurang sempurna.

Do’a adalah senjata bagi orang beriman.do’a adalah harapan disaat kita mulai berputus asa. Do’a adalah curahan hati hamba kepada Tuhan,Do’a adalah saat -saat paling mesra bagi hamba berkata - kata dengan Tuhannya.
Setelah beberapa waktu yang lalu saya memposting tentang CARA TRADISIONAL AGAR CEPAT MENDAPAT MOMONGAN,kali ini saya akan menuliskan tentang do’a dan amalan khusus yang bisa kita lakukan agar cepat dikaruniai anak dan mempunyai anak yang sholeh dan sholehah.
Do’a ini juga bisa kita panjatkan bagi orangtua yang ingin mempunyai anak - anak yang sholeh dan sholehah.

Jumat, 27 September 2013

CARA TRADISIONAL AGAR CEPAT MENDAPAT MOMONGAN


Kerinduan terbesar suami-istri setelah menikah adalah memiliki momongan. Rindu mendengar tangis dan tawa si kecil,rindu memeluk dan bercanda ria dengan buah hati tercinta.Akan tetapi terkadang kerinduan yang membuncah luar biasa  itu membuat pasangan suami – istri agak berputus asa manakala anak yang dirindukan tak jua hadir ditengah – tengah mereka.Padahal Segala macam cara sudah dilakukan untuk bisa segera memiliki momongan,baik dengan cara medis maupun non medis.secara tradisional maupun modern.

Tapi sebagai hamba Tuhan,kita tidak boleh berputus asa,do’a dan harapan tak boleh padam dari hati kita,karena Tuhan akan menganugerahkan sesuatu kepada hambaNya sesuai dengan kesiapan hambaNya.yang terpenting adalah menyiapkan mental,lahir dan bathin sebagai calon ayah dan ibu.

Saya ingin berbagi pengalaman seorang teman,yang sebelumnya sudah sangat lelah menanti momongan setelah 9 tahun menikah namun tak jua mempunyai momongan.setelah dengan berbagai macam cara dan usaha mereka lakukan,juga dengan do’a yang tak pernah henti dipanjatkan,akhirnya dengan kehendak dan Ridho Tuhan mereka kini dianugerahi seorang anak yang lucu dan menggemaskan.

Rabu, 25 September 2013

BERTANYA PADA TUHAN TENTANG JODOH



CINTA SEGITIGA ANTARA AKU, KAMU DAN DIA..

Aku dan Dia
Dia dan Aku
Bersama menapaki cinta dalam cinta
Menjadi pecinta bersama sang pecinta
Diamku Dia,sunyiku Dia
Sepiku Dia,Asingku Dia
Rinduku Dia,cintaku Dia
Bahagiaku Dia,dukaku Dia
Hingga ketika aku lelah berjalan sendiri
Menapaki jalan cinta penuh duri dalam sunyi
Berharap kamu datang menemani mengisi hari
Berselingkuh aku dengan kamu dihadapanNya
Berpalinglah aku dan berlari menjauhi Dia

Minggu, 08 September 2013

DO'A KHUSUS IBU HAMIL ( Usia kandungan 7 bulan sampai dengan 9 bulan)



Usia kandungan bunda sudah 7 bulan?
Alhamdulillah…selamat bunda..!
ketika  menginjak usia kehamilan 7 bulan ke atas,biasanya bunda sudah merasa lebih tenang dan nyaman,tak sabar rasanya menanti tiba saatnya detik – detik penuh perjuangan saat melahirkan.terkadang juga bunda dilanda kecemasan dan kekhawatiran menanti sampai saatnya melahirkan.
 Semua ibu tentunya menginginkan bayi yang dilahirkannya sehat dan ibu melahirkan dengan selamat.
Agar bunda merasa lebih tenang,senang dan bahagia menanti detik – detik saat melahirkan,berikut ini do’a yang sebaiknya kita panjatkan agar bunda melahirkan dengan selamat.jangan lupa baca juga:

Do’a khusus ibu hamil ( usia kandungan 7 bulan sampai dengan 9 bulan)

Bismillahirrohmaanirrohim,
Ya Allah, sampaikanlah sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW yang mana ibundanya Siti Aminah telah mengandungnya tanpa merasakan kelelahan,kesulitan dan kesakitan sedikitpun.
Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepadaMu,dengan NamaMu yang Maha Indah, yang telah menciptakan janin didalam kandunganku ini penciptaan yang terbaik, maka aku Mohon, ciptakanlah ia dengan penciptaan terbaik,Jasad yang baik,Ruhani yang baik dan terpuji. Dengan wajah yang cantik/tampan rupawan,dengan Anggota badan yang sempurna tanpa kekurangan suatu apapun,sehingga ibunya bisa melahirkannya dengan cepat dan mudah.
Karena itu Wahai Engkau yang Maha penolong,tolonglah aku dan bayi yang ada di dalam kandunganku agar saat proses melahirkan senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat, aman dan selamat dengan tanpa merasa sakit dan bersusah payah saat melahirkan.


Ya Allah yang Maha menjaga,
Jagalah aku dan bayi di dalam kandunganku ini dengan cahaya Syafaatnya Nabi Muhammad SAW.
Ya Allah Ya Tuhanku,
Hiasilah janin yang ada dalam kandunganku ini dengan agama yang menjadi petunjuk baginya,kecerdasan dalam memahami ilmu,perkataan yang didengar,ilmu yang bermanfaat bagi sesamanya,Akal yang cerdas,hati yang lembut,azzam/keinginan yang teguh,Tabi’at dan akhlak yang baik, dan Rizki yang luas dan melakukan amalan orang – orang yang bertakwa.
Ya Allah,jadikanlah janin yang ada dalam kandunganku ini anak yang Sholeh lagi Taat,Tawadhu dan Khusyu’,dan berbakti kepada kedua orangtuanya,, memulyakan kepada Guru-Gurunya,mengikuti jejak para Ulama dan mencintai para kekasih Allah.


Dan tambahkan membaca Do’a kutipan dari Al-Qur’an  berikut ini:
Alika nurfatiha setelah dilahirkan,usia 1 hari. 

ROBBIJ’ALNI MUKIIMASSOLATI WAMING DZURRIYYATI. ROBBANA WATAKOBBAL DU’AA….
ROBBANAGFIRLI WALIWAALIDAYYA WALILMU’MINIINA YAUMAA YAKUMUL HISAAB..,
ROBBANA ATINA FIDDUNYAA HASANAH WAFIL AAKHIROTI HASANAH WAKINAA ADZAA BANNAR..
WALHAMDULILLAHIROBBIL A’LAMIIN.



Jumat, 06 September 2013

CORETAN SANG AKHWAT GALAU

ANTARA  CINTA  DAN NAFSU

Jika cinta ini suci
mengapa begitu membebani
Jika jika cinta ini nafsu
Mengapa tak jua lepas aku

Terjebak aku dalam  rantai - rantai syetan
Terbelenggu nafsu dan hasrat dajjal
Membuat jalanku kian terjal
Membuka pintuNya selalu terjungkal

Ku mohon padaMu Tuhan
Bebaskan aku dari belenggu syetan
Agar cintaku terbebas dari nafsu

Agar cintaku hanya untukMu

MELATIH MENGENDALIKAN HAWA NAFSU PADA ANAK SEJAK DALAM KANDUNGAN



“aa,aku ngidam nih,tolong belikan rujak bebek ya a”
“besok saja ya ma, jam segini ga ada tukang rujak,mau cari kemana”sang suami menunjuk kearah jam dinding
“lihat tuh,sudah jam berapa ini?” sang suami menunjuk ke arah jam dinding yang menunjukan pukul dua dini hari.
“tapi aku maunya sekarang mas…”
Sang suami menghela nafas panjang,seharian ini istrinya sudah banyak meminta bermacam-macam makanan.ada yang sangat mudah dipenuhi dan mudah dicari,tapi banyak juga yang sangat sulit dipenuhi.apapun yang diminta sang istri sebisa mungkin ia penuhi,bahkan ketika tadi sore istrinya meminta soto babat bang madun yang letaknya sangat jauh dari kota tempat tinggalnya tapi ia tetap memaksakan diri untuk membelikan soto babat yang diinginkan sang istri.
sebenarnya ia sudah sangat lelah, Tapi demi istri dan sang jabang bayi ia rela melakukan semua itu sebagai bukti cintanya.
Setelah soto itu ia dapatkan dengan susah payah,istrinya dengan senang hati memakan soto pemberiannya itu,tapi alangkah sedihnya sang suami karena sang istri hanya memakannya beberapa sendok saja,sisanya ia meminta sang suami untuk menghabiskannya.
Setiap hari ada saja keinginan sang istri saat ngidam. Mangga muda,soto betawi,soto babat,ikan gurame goreng terbang,ayam rica-rica dan lain-lain.tapi semua itu hanya sebatas keinginan,setelah yang diinginkan tersedia ia justru malas memakannya.
*************************************************************************************
Meskipun tidak semua bunda yang hamil mengalami ngidam,tapi ada juga beberapa  bunda yang mengalaminya.terkadang ngidam ini seringkali merepotkan orang - orang terdekat,dan sepertinya keluarga akan berusaha memenuhi semua keinginan bunda saat ngidam, karena konon  jika tidak dipenuhi khawatir anak yang dilahirkan akan “ngences” atau istilah lainnya “ileran”.
Sebenarnya,haruskah semua keinginan ngidam sang ibu dipenuhi?apakah akan berpengaruh pada sang jabang bayi jika hasrat ngidamnya tak terpenuhi?

Ngidam bagi ibu hamil adalah suatu keinginan yang sangat lumrah,tapi jika ngidam itu terlalu berlebihan dan menyusahkan,apakah itu hanya sekedar keinginan ibu, atau justru hawa nafsu?
Setiap manusia,atau dalam hal ini ibu hamil yang sedang ngidam  mempunyai Keinginan dan kehendak terhadap sesuatu,dan ini bersifat alamiah.

Kamis, 29 Agustus 2013

SURAT CINTA AKHWAT YANG RINDU MENIKAH PART 2







TITIP RINDU UNTUK PANGERAN IMPIAN 
Rindu ini kian membelenggu
Terpasung aku dalam syahwat nafsu
Iblis tertawa melihatku
Karena DIA mulai menjauhiku

Tuhan …
Maafkan aku yang begitu lemah
Mencintainya tanpa lelah
Merindunya dalam gundah
meski ia tak peduli aku resah

Minggu, 25 Agustus 2013

SURAT CINTA AKHWAT YANG RINDU MENIKAH




Akhi...

Kau hadir dalam mimpi

Menyapa jiwa dengan bahasa pecinta

Mengajariku tentang cinta sebenar cinta

Menjadi kekasih bersama para kekasih

Mencintai kekasih lebih dari kekasih

Menjadi sayapku keharibaan sang Kekasih


Akhi...

Bila gerbang ini tak jua terbuka untuk kita

Biarkan ku hirup saja keharuman cinta

Kutinggalkan pesan rindu untukmu disana 

Telah kutukar jiwaku dengan jagat raya

Demi masuki gerbang istana cinta

Selasa, 20 Agustus 2013

DO'A KHUSUS IBU HAMIL (Usia kandungan 1 minggu sampai dengan usia 6 bulan)



Setiap ibu yang mengandung tentu menginginkan yang terbaik bagi janin yang dikandungnya,karena itu setelah kita tahu bahwa kita sedang mengandung,alangkah lebih baiknya jika kita senantiasa banyak berdo’a dan memohon pada Allah SWT agar Allah senantiasa menjaga janin kita.

Ber do’a dan meminta adalah bagian dari cara Hamba berinteraksi dengan Tuhannya,dan saya yakin setiap Bunda mempunyai do’a-doa dan keinginan  khusus yang dipanjatkannya saat sedang mengandung sang jabang bayi.Demikian pula halnya dengan saya.
Berdasarkan pengalaman terdahulu saat mengandung anak pertama,sejak awal mengandung bahkan sampai dengan saat melahirkan rasanya begitu berat,payah dan sangat susah.
silakan baca: ANAKKU;GURU KEHIDUPANKU

Alhamdulillah saat mengandung anak kedua Allah memberikan saya banyak kemudahan dan tidak lagi merasa berat dan payah saat mengandung,dan Alhamdulillah sekali lagi  proses melahirkanpun  sangatlah mudah dengan biaya yang sangat murah.Alhamdulillah Wa Syukrurillah.

Maka dengan berharap Ridho Allah SWT  tersusunlah Do’a – do’a khusus ibu hamil yang saya panjatkan pada Allah SWT agar kiranya kelak dalam proses kehamilan berikutnya tak lagi terjadi seperti yang sebelumnya.
Doa khusus ibu hamil ini saya kategorikan berdasarkan umur kandungan janin,yaitu:

1.       Do’a Khusus ibu Hamil (Usia kandungan 1 minggu sampai dengan usia 6 bulan)
2.       Do’a khusus ibu hamil ( usia kandungan 7 bulan sampai dengan 9 bulan)


Berikut ini adalah do’anya:

Do’a khusus ibu  hamil (usia kandungan 1 minggu  sampai  dengan usia 6 bulan)


Ya Allah, ya Tuhan ku,aku berlindung kpadamu dari Godaan syetan yang terkutuk.
Bismillah, Dengan nama Allah, dari Allah dan hanya kepadamu ya Allah
Aku berlindung kepadamu  atas kehamilan ku yang kini berumur  1 minggu,1 bulan,2 bulan…….
dan seterusnya (sebutkan umur kehamilan anda)
Demi Allah yang Maha Lembut lagi Maha Menjaga, yang tidak ada Tuhan kecuali Dia.Maha Mengetahui apa yang Ghoib dan yang nyata, Dialah yang maha Pengasih lagi Maha Penyayang dan aku berlindung kepada Allah dengan kalimatNya  yang sempurna, dan dengan NamaNya yang Maha Agung, Dari kejahatan Mahluknya baik manusia ,jin maupun hewan baik siang maupun malam.


Ya Allah,jadikanlah anak dalam kandunganku ini anak sholeh dan mulia, Anak yang sempurna akal dan ilmunya,bermanfaat dan membawa berkah bagi sesamanya.
Ya Allah Ya Tuhanku,hiasilah janin yang ada dalam kandunganku ini dengan Akhlakul karimah,wajah yang indah rupawan dan ruhani yang suci dan fitrah.
Ya Allah,tuliskanlah janin dalam kandunganku ini sebagai calon ulama yang sholeh,yang kelak mengamalkan Al-Qur’an.
Berilah ia ilmu yang mendekatkannya kepada surgaMu bersama para nabi.

Wahai Engkau Dzat Yang Maha Mulia dari Orang – orang yang Mulia
Jadikanlah aku dan janin yang ada di dalam kandunganku ini agar senantiasa berada dalam ketaatan yang Engkau kehendaki dengan senantiasa berdzikir kepadamu dan bersyukur kepadaMu.

Ya Allah, Jagalah janinku dari keguguran,kekurangan dan kecacatan,agar sampai  ibunya melahirkan nanti selalu dalam keadaan Sehat Wal-afiat dan dimudahkan dengan tanpa rasa sakit dan susah payah dengan syafa’atnya nabi Muhammad SAW.Amien Ya Robbal Alamien..
Demikianlah Do’a khusus ibu  hamil (usia kandungan 1 minggu  sampai  dengan usia 6 bulan)
nantikan postingan berikutnya:
 Do’a khusus ibu hamil ( usia kandungan 7 bulan sampai dengan 9 bulan)

silakan "like" dan "share" 
Semoga bermanfaat.




Senin, 19 Agustus 2013

CORETAN CINTA REMAJA GALAU




              PASRAH

Mengapa aku tak bisa pasrah
Dengan cinta semu yang buatku resah
Sedang dia selalu buatku gundah
Mengingatnya membuat mata selalu basah

Tuhan…
Jangan biarkan dia menghantui
Menggangguku dalam nyata dan mimpi-mimpi
Karena ku ingin dia pergi
Meski menjauhinya akan mengiris hati

Padamu kasih kusampaikan
Salam rindu yang selama ini kau abaikan
Meski kau tak lagi jadi tujuan
Mungkin juga karena kau bukan pangeran impian
Kini ku pasrah dengan keadaan
Semoga kelak kutemukan jawaban
Tentang dia sang pangeran impian
Hanya padaMu Tuhan ku panjatkan
                



       JEDA

Aku ingin ada Jeda
Pada hubungan semu kita
Namun sungguh ku tak bisa
Karena cintaku padamu tak berjeda
               
Aku ingin melupakanmu sejenak
Dalam mimpi dan nyataku meski sesaat
Tapi kau tak jua mau beranjak
Dari hati dan fikirku meski sesaat

Pamitlah kau dari hatiku
Biarkan aku lupakanmu
Agar ada jeda antara aku dan kamu
Meski ku tahu ini berat bagiku

Biarkan ada jeda antara kita
Karena kurasa cinta ini kian hampa
Maka ku ingin cinta semu ini berjeda
Agar jeda menjawab semua Tanya
Hingga jedapun membuatmu kian percaya
Betapa sebenarnya aku sangat cinta

Tapi ku tahu kau tak percaya
Hingga buatku kian tak berdaya
Maka jedalah hubungan kita
Semoga kau percaya aku cinta
Padamu wahai pangeran cinta



                

Jumat, 16 Agustus 2013

CORETAN PUISI CINTA REMAJA



Tuhan…
Tidakkah dia mengerti isyaratku?
Ataukah dia berpura – pura tidak tahu?
Tidakkah dia mengerti cintaku?
Ataukah dia sengaja menepis rasa itu?
                Mengapa rasa ini kian menggila
                Padahal ia tak punya rasa
                Tak layak aku mengaku cinta
                Padanya pangeran yang begitu sempurna
Cinta ini cinta gila
Membuatku terpuruk tanpa daya
Mengapa Dia tak bisa membaca
Bahwa di dalam hatiku hanya ada dia
                Tuhan ampuni aku
                Karena menduakan cintaMu
                Biarlah dia tak tahu rasaku
                Hingga jika  waktu menjawab Tanya itu
                Izinkan dia tetap jadi sahabatku
                Jika memilikinya tak layak aku


Di tulis di gedung Al-mansyur tahun 2002.
(coretan zaman dulu saat masih SMU,kenangan masa lalu.)
Kalau baca coretan-coretan puisi Zaman baheula jadi ngakak sendiri, :)….

               


Kamis, 15 Agustus 2013

ANAKKU,GURU KEHIDUPANKU.


Siapapun di dunia ini tak ada yang memungkiri bahwa seorang ibu adalah guru terbaik bagi anaknya.
Tapi tahukah bunda,bahwa sebenarnya anakpun adalah seorang guru bagi ibunya,
guru yang mengajari banyak hal, sejak ia berada dalam kandungan hingga  setelah ia dilahirkan.

Bayi mungil itu mengajari ibundanya banyak hal, tanpa kata-kata dan tanpa bahasa.
Bahasanya adalah tangisan dan senyuman, dengan tangisannya itulah ia mengajari ibundanya banyak hal, diantaranya ilmu kesabaran, keikhlasan dan kepasrahan.

Ini adalah kisah tentang almarhum malaikat kecilku, putra kesayanganku; Namanya MUHAMMAD ROOSIKHUDIN, kami  Memanggilnya Rossy.
 (seharusnya) saat ini adalah ulang tahunnya yang ke- 2 tahun, tapi saat ini dia telah pergi menghadap Sang Pencipta. Dialah yang mengajariku betapa seorang bayi mungil sudah dibekali Tuhan Kesabaran, keikhlasan dan kepasrahan pada TuhanNya.

Sejak dimulainya proses kehamilan, hingga saatnya melahirkan, ia sudah mengajari  bundanya untuk bersabar. Bersabar menanggung rasa sakit, lelah dan payah.
Saat perut sang bunda semakin membesar ia semakin menguatkan sang bunda untuk semakin bersabar menanti kehadirannya. Setiap gerakannya di perut sang bunda, memberikan hiburan dan kekuatan baru bagi bundanya, seolah ia mengatakan:
“sabar ya bunda,sebentar lagi bunda akan melihat betapa cantik/tampannya anakmu, setelah aku lahir nanti bunda pasti akan bahagia melihatku.






Melihat bayi mungil nan lucu adalah kebahagiaan terbesar bagi seorang Ibu. Tangisan pertamanya saat Ia dilahirkan ke dunia mampu mengobati rasa sakit  yang mendera disaat melahirkan.

Hari demi hari dilalui dengan penuh kebahagiaan bersama si kecil, senyumannya, ocehan riangnya, bahkan tangisannya, memberikan warna tersendiri dalam kehidupanku sebagai seorang ibu.
namun kebahagiaan itu tak berlangsung lama,
saat bayi mungilku berusia  3 bulan, ia mulai sakit-sakitan. Setiap ia menangis seluruh  tubuhnya membiru, bahkan jika ia menangis terlalu lama seluruh tubuhnya menjadi  tampak  memar  dan membengkak, nafasnya cepat dan tersengal -sengal.
ia mudah sekali demam dan batuk pilek, karena itu dua minggu sekali kami membawanya ke dokter specialis anak.

atas saran dokter specialis anak akhirnya aku membawanya  ke RS.Harapan Kita Jakarta untuk pemeriksaan lebih intensif.
Disana Anakku diperiksa secara lengkap dan menyeluruh, mulai dari konsultasi dengan dokter specialis jantung anak, pemeriksaan EKG(Elektrokardiogram), dan ECHO(echokardiografhy).
Setelah pemeriksaan selesai dokter Ahli specialis jantung yang memeriksa anakku memanggilku keruangannya. Dia tunjukkan kepadaku  hasil rekam medis anakku.

Dokter itu menjelaskan panjang lebar tentang penyakit jantung bawaan yang diderita anakku. Anakku menderita penyakit jantung bawaan  VSD, (Ventracular Septal Defect)/ Sekat Bilik Jantung Berlubang. Yaitu kelainan jantung berupa lubang pada sekat antarbilik jantung yang menyebabkan kebocoran aliran darah pada bilik kiri dan kanan jantung. Kebocoran ini membuat sebagian darah kaya oksigen kembali ke paru-paru sehingga menghalangi darah rendah oksigen memasuki paru-paru. 

Tapi bukan hanya itu, ia memiliki kelainan jantung bawaan yang sangat kompleks, menurut dokter yang menanganinya kalau tidak segera dioperasi maka paling lama ia sanggup bertahan hidup hanya sampai usia 6 bulan. Operasipun harus bertahap, tidak hanya sekali tapi  empat  kali. itupun tidak menjamin ia sembuh, karena operasi hanya membantunya untuk bisa bertahan hidup lebih lama.

Aku pasrah, sakit rasanya melihat anak yang ku cintai menanggung kesakitannya seorang diri. Andai boleh memilih, biarlah aku yang menanggung semua rasa sakitnya.
Sebagai seorang ibu, rasanya jauh lebih sakit melihat anak yang dicintainya menderita daripada ia sendiri yang menderita. Setiap menatap wajah mungilnya mataku selalu basah.

Hebatnya, anakku adalah bayi kecil yang tabah dan kuat. saat ia melihatku ikut menangis, ia akan  berhenti menangis. Mungkin ia ingin menunjukan pada ibunya bahwa ia baik-baik saja dan kuat menanggung penyakitnya. Tatapan matanya selalu menguatkanku, mata indah yang menunjukan betapa kuatnya ia, betapa ikhlasnya ia menanggung penderitaannya sendiri.
Bayi sekecil ini…inikah cara Tuhan mengajariku keikhlasan?

Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya terlahir sempurna tanpa cacat,tanpa kelainan. Tapi apa hendak dikata, anakku ditakdirkan demikian. Mungkin Tuhan sedang menguji kami, atau mungkin juga Tuhan percaya kami mampu menjaga amanahnya itu.
Dengan berbagai cara aku dan suamiku  berusaha agar anakku bisa tetap bertahan hidup. jalur medis hingga alternatif  kami tempuh demi kesembuhannya.
Bahagia rasanya saat ia bisa bertahan hingga usia 1 tahun. Saat itu kami yakin bahwa harapan hidup anakku masih panjang meski tanpa operasi.
ia semakin sehat, semakin lincah dan ceria. Hanya saja berat badannya tak juga naik meskipun ia makan sangat banyak. Usianya sudah 1 tahun, tapi  berat badannya hanya 6kilo gram, sama seperti bayi berusia 4 bulan. Saat ada pemeriksaan dari puskesmas di kampungku, anakku dimasukkan dalam kategori anak yang mengalami Gizi buruk. Sedih dan sakit hati rasanya.

                                                        (Rossy saat berumur 1 Tahun)


Manusia berusaha, tapi Tuhan jua yang berkehendak. Betapapun hebatnya kami berusaha, anakku  harus pergi jua menghadap Sang Pencipta. Saat itu usianya  sekitar  1,5 tahun.
Di detik-detik terahirnya ia tidak dalam keadaan sakit. Bahkan dari pagi hingga sianghari  sepertinya ia hanya ingin disusui dan tak mau lepas sedikitpun dariku. Saat itu pekerjaanku sedang sangat banyak.
Akhirnya kutitipkan anakku pada ibuku untuk sementara waktu. Setelah pekerjaanku selesai, aku akan menjemputnya kembali.
Tapi ternyata itulah saat terakhir aku bersama dengannya. Sungguh, seandainya aku tahu ajal akan menjemput putra kesayanganku, niscaya akan ku peluk ia erat-erat dan tak akan kulepaskan dari gendonganku. Aku hanya meninggalkannya selama dua jam, tapi waktu dua jam itulah yang membuatku menyesal hingga saat ini.

                                                              (Rossy saat tertidur pulas)

Saat aku datang untuk menjemput anakku, ku dapati ia sedang menangis pelan sekali. Tangisannya sangat lemah, tubuhnya membiru, matanya sangat sayu dan tak lagi bisa menatapku. Aku menjerit histeris, aku tak menyangka anakku akan seperti itu sepeninggalku.

mungkin ia terlalu lama menangis, mungkin ia terlalu berat menahan sakit. Ku gendong ia dengan hati hancur dan penuh penyesalan, sebisa mungkin kutahan air mataku agar tak jatuh di wajah mungilnya. kubisikkan sholawat yang biasa ku lantunkan setiap menidurkannya. benar saja, setelah kulantunkan sholawat itu nafasnyapun terhenti. Anakku tertidur pulas sekali. Kufikir  ia hanya tertidur, dan tak lama lagi ia akan terbangun kembali saat ia haus dan lapar.

Sungguh, aku tak percaya saat suamiku mengatakan anakku telah tiada. Aku yakin ia pasti terbangun, tapi harapan tinggal harapan, bayi mungilku terlalu lama tertidur dan tak bisa dibangunkan. Tangisanku tak jua membangunkan mimpi indahnya. Bahkan saat kami mengantarnya ke  tempat peristirahatan terakhirnya, aku masih belum percaya bahwa anakku benar-benar  telah tiada. Dunia terasa hampa, hidup rasanya tak lagi bermakna.

Malam itu hujan turun sangat lebat,setelah memompa ASI dan memasukkannya ke botol susu, aku segera berlari menuju makam anakku.
“nak,mama datang…kamu sedang apa nak, ini mama bawakan sebotol susu dan payung untukmu. Kamu,  pasti kehausan dan kedinginan. Mama rindu kamu nak, mama ingin memelukmu”.
Aku sadar ini gila, tapi aku tak bisa mengontrol diriku setiapkali teringat pada anakku.
suamiku selalu mengingatkanku untuk bisa pasrah menerima kenyataan. Ikhlas menerima takdir dan ketetapanNya.

Aku tahu sebenarnya  suamiku sama terlukanya denganku, ia sama sedihnya denganku. Tapi jiwa lelakinya masih bisa menguatkan dirinya untuk tidak menampakkan kesedihan itu.
Aku pernah mendapatinya diam-diam menangis menatap foto anakku, tapi kesedihannya itu tak pernah ia tampakkan dihadapanku.

Suatu malam aku bermimpi, melihat anakku asyik bermain di sebuah Taman yang indah. Wajahnya berseri-seri. Rupanya bayi mungilku sudah tenang disana.
Kini aku mengerti, melalui anakku Tuhan mendidikku.

anakku menjadi Guru kehidupanku. mengajariku untuk sabar, ikhlas dan tawakkal dalam menjalani kehidupan. Aku menyayanginya, tapi Tuhan lebih menyayangi dia daripada aku, karena itulah Dia ambil kembali anakku, agar ia tak lagi menderita.

aku tahu,kini ia tak lagi sakit dan menderita,karena sudah bahagia bersama Tuhannya.


Rabu, 31 Juli 2013

PUASA LAHIR,PUASA BATHIN,INILAH KEMENANGAN RAMADHAN




Ramadhan hampir berlalu,dan tak lama lagi kita akan menyambut hari kemenangan yang ditunggu-tunggu,yakni hari raya Idul Fitri.
semua orang sibuk melakukan persiapan.Pasar swalayan hingga pasar tradisional penuh sesak. orang -  orang berlomba mencari model dan gaya paling in saat ini.Tahun 2013 ini model baju apakah  yang akan kita pakai di hari raya nanti?Model ala Syahrini kah?ala  Ashanti kah ?atau ala-ala yang lain?.
begitu sibuknya kita mempersiapkan pernak-pernik hari Raya,tapi kita lupa bahwa ramadhan akan pergi meninggalkan kita.kita sibuk memperbaharui jasad lahiriyah kita dengan baju baru,perlengkapan sholat baru,dan persiapan kue-kue yang enak dan nikmat untuk lebaran,tapi justru lupa…memperbaharui Ruhaniah kita.
Sebelum Ramadhan meninggalkan kita,mari bersama-sama kita bermuhasabah,menilai sendiri seperti apakah puasa yang kita lakukan di bulan Ramadhan tahun ini?adakah puasa kita pantas diterima Allah,atau justru puasa kita hanya sebatas menahan lapar dan dahaga belaka.pantaskah kita meraih kemenangan lahir dan bathin atau justru hanya hawa nafsu kita yang meraih kemenangan.
 Puasa secara syari’at jasad adalah menahan diri dari tidak makan dan minum dalam waktu yang telah ditentukan
dan Hakikatnya  puasa secara bathin adalah: mengendalikan diri dan hawa nafsu agar tidak berlebih – lebihan.
kita bisa menilai seperti apakah puasa kita secara syari’at(jasad) dan puasa kita secara hakikat.karena antara syari'at dan hakikat itu harusnya berjalan selaras beriringan.barulah puasa kita benar dan layak meraih kemenangan Idul fitri,yakni kembali suci dan meraih kemenangan.

Inilah tingkatan orang berpuasa sebagaimana disebutkan di dalam kitab Fiqh Sunnah
Ø  Puasa orang Awam
Yaitu puasa orang – orang yang hanya menahan lapar dan dahaga,serta menahan syahwatnya dari berhubungan badan(bagi suami-istri) dari mulai terbit fajar (waktu subuh) sampai dengan tenggelamnya matahari(waktu maghrib).
"Dari Abu Hurairah Rhadiallahu Anhu,Rosulullah SAW bersabda:
Bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan,jika berbuka akan gembira dan jika bertemu Tuhannya ia akan senang dengan ganjaran puasanya". (HR.Buckhori).
Ø  Puasa orang - orang khawash/khusus
Adalah puasa orang – orang sholeh yang menahan dirinya dari perbuatan dosa dan menjalankan amal ibadah sholeh.
"Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA,Rosulullah SAW bersabda:
Puasa itu sebagai dinding,maka orang yang berpuasa dilarang berkata keji / seperti perkataan orang bodoh.dan jika seseorang akan membunuhnya atau memakinya maka katakanlah:sesungguhnya aku ini sedang berpuasa..aku berpuasa.Demi Diriku yang berada ditanganNya,sungguh!bau mulut orang berpuasa lebih harum disisi Allah daripada harumnya kesturi yang ia meninggalkan makan,minum dan nafsunya untuk aku (Allah),puasa itu untukku dan akulah yang akan memberikan ganjarannya dengan sepuluh kali lipat". (HR.Bukhori – muslim)
Ø  Puasanya para khawashul khawash/orang- orang yang istimewa.
Yaitu puasa yang menahan hati dari kemauan yang rendah dan dari pemikiran terhadap duniawi dan menahan fikirannya daripada selain Allah.ini adalah puasanya para Nabi dan Shiddiqien.
"Dari Abu Hurairah RA Rosulullah SAW bersabda:
barangsiapa bersedekah pada jalan Allah di panggil dari pintu surga: wahai hamba Allah,inilah kebaikan.barangsiapa banyak shalatnya ia akan dipanggil dari pintu shalat.barangsiapa banyak berjihad ia akan dipanggil dari pintu jihad.barangsiapa banyak puasanya dia akan dipanggil dari pintu Rayyan.dan barangsiapa banyak sedekahnya ia akan dipanggil dari pintu sedekah.maka berkatalah Abu bakar RA:
Demi ayah dan ibuku ya Rasulallah,tidakkah dari pintu – pintu itu ada kesulitan?apakah sesorang itu dipanggil dari pintu itu semua?
Rosul menjawab:ya,dan aku mengharap engkau termasuk diantara mereka."(HR.Bukhori)

Berpuasa di bulan Ramadhan hanya datang setahun sekali,sedang kita tak pernah tahu apakah Allah masih memberi kita umur panjang dan memberi kesempatan untuk bertemu Ramadhan lagi di tahun depan atau tidak.sebelum Ramadhan berakhir,mari perbaiki segala amal ibadah kita.mari merubah akhlak dan prilaku yang kurang baik menjadi jauh lebih baik.
Jika selama ini kita masih suka mengumbar hawa nafsu yang berlebih –lebihan,dengan berpuasa seharusnya menjadi rem untuk tidak lagi mengumbar hawa nafsu.
Jika selama ini kita masih suka melalaikan berbuat amal sholeh dan kebajikan,puasa menjadikan kita lebih bersemangat untuk terus mengejar kebaikan.
Masih ada waktu memperbanyak kebaikan dan Amal  sholeh di bulan Ramadhan ini,meskipun tinggal beberapa hari lagi.sebagian orang mungkin sudah tak sabar agar Ramadhan segera berlalu dan menyambut hari raya,tapi sebagian lain justru merasa begitu berat  kehilangan moment Ramadhan,bahkan sangat sedih karena berakhirnya Ramadhan,mereka adalah orang yang selalu rindu dengan kesucian Ramadhan.

jadi,puasa ramadhan bukan sekedar meraih kemenangan karena kita sanggup menahan lapar dan dahaga selama sebulan penuh,tapi yang terpenting,hakikatnya puasa Ramadhan adalah untuk memperbaiki dan memperbaharui Ruhaniah kita agar semakin meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepadaNya. 
jangan sampai setelah Ramadhan Kita justru sibuk membaguskan “topeng” kita agar nampak indah dan dikagumi manusia,tapi justru cuek dan seolah tak peduli apakah puasa kita benar-benar diterima Allah atau tidak,apakah Ramadhan sudah benar- benar membersihkan dan mensucikan hati kita atau tidak?atau justru sebaliknya,ramadhan malah mebuat hati kita semakin menghitam di penuhi hawa nafsu dunia?
mari terus memperbaiki diri dan amal kita,agar Ramadhan menjadikan kita sebagai Hamba yang Takwa dan semakin  dekat dengan Allah SWT.Amieen Ya Robbal Alamien.